5 Hewan Langka dan Eksotis yang Bisa Anda Jumpai saat Liburan ke Bali

hewan langka dan eksotis

Momen liburan ke Pulau Bali bisa diisi dengan beragam aktivitas. Apalagi, pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, keindahan alam yang ada di Pulau Bali juga dilengkapi dengan keragaman hayati di dalamnya. Oleh karena itu, tak heran kalau kesempatan liburan ke Bali juga bisa Anda lakukan dengan menyaksikan deretan hewan langka dan eksotis.

Ada cukup banyak hewan langka dan eksotis di Bali yang bisa Anda saksikan selama liburan. Dari sekian banyak hewan, berikut ini adalah 5 di antaranya:

1. Jalak bali

hewan langka dan eksotis 2 » 5 Hewan Langka dan Eksotis yang Bisa Anda Jumpai saat Liburan ke Bali
Jalak bali menjadi hewan langka dan eksotis di Bali pertama yang dapat Anda temukan. Apalagi, hewan yang satu ini dikenal sebagai identitas utama Pulau Bali. Hanya saja, keberadaan jalak bali dalam beberapa tahun terakhir mulai mengalami penurunan.

Namun, Pemerintah Bali menggalakkan konservasi burung yang eksotis dan langka ini. Wisatawan bisa menemukan konservasi jalak Bali dengan berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat. Di sana, Anda tak hanya berkesempatan melihat eksotisme jalak bali, tetapi juga dapat menyaksikan pemandangan memukau.

baca juga: 10 Tempat Wisata di Bali untuk Anak-Anak yang Seru dan Menarik

2. Rusa timor

hewan langka dan eksotis 3 1024x768 » 5 Hewan Langka dan Eksotis yang Bisa Anda Jumpai saat Liburan ke Bali

Rusa timor merupakan salah satu hewan endemik dari wilayah Pulau Jawa, Timor, dan Bali. Meski, keberadaan rusa timor di Pulau Bali sangat jarang dijumpai. Ditambah lagi, Anda bakal cukup kesulitan untuk menemukannya. Alasannya, karena hewan ini dikenal sebagai binatang yang sensitif.

Rusa timor dikenal sebagai binatang dengan indera pendengaran tajam. Mereka juta tidak terlalu suka ketika tempat tinggalnya diusik oleh manusia. Oleh karena itu, Anda bakal sangat jarang menjumpai keberadaannya di tempat terbuka.

baca juga: Monkey Forest Ubud, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Bali

3. Penyu

hewan langka dan eksotis 5 » 5 Hewan Langka dan Eksotis yang Bisa Anda Jumpai saat Liburan ke Bali
Selanjutnya, Anda juga berkesempatan untuk melihat keberadaan penyu. Penyu menjadi salah satu hewan eksotis yang dikenal menghabiskan banyak waktu hidupnya di lautan. Meski begitu, hewan ini bakal mendatangi daratan saat bertelur. Selain itu, hewan ini juga bernapas dengan paru-paru, sehingga membutuhkan waktu untuk muncul ke permukaan sesekali.

4. Menjangan

hewan langka dan eksotis 4 » 5 Hewan Langka dan Eksotis yang Bisa Anda Jumpai saat Liburan ke Bali

via Pixabay

Menjangan menjadi jenis hewan eksotis dan langka berikutnya yang bisa Anda jumpai di Bali. Menjangan menjadi hewan yang unik dengan keberadaan tanduk berukuran raksasa di kepalanya. Menariknya, tanduk yang ada di kepala menjangan sebenarnya bukanlah tanduk, melainkan tulang yang terus bertumbuh dan biasanya muncul pada kepala rusa jantan.

baca juga: Bermalam Bersama Hewan Liar di Mara River Safari Lodge Hotel Bali

5. Jelarang hitam

hewan langka dan eksotis 1 » 5 Hewan Langka dan Eksotis yang Bisa Anda Jumpai saat Liburan ke Bali

via Mongabay

Jelarang hitam atau yang disebut bajing pohon menjadi jenis hewan eksotis dan langka selanjutnya. Bajing ini memiliki tubuh yang begitu besar, dengan panjang antara 35 sampai 60 cm. Oleh karena itu, bajing ini kerap disebut bajing raksasa. Apalagi, kalau dihitung dengan memasukkan ekor, panjang bajing ini bisa mencapai 120 cm.

Jelarang hitam biasa menghabiskan hidupnya di dataran tinggi, sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hewan ini memang tak hanya bisa ditemukan di Pulau Bali, tetapi di Sumatera, Belitung, Jawa, ataupun Mentawai. Selain itu, hewan ini juga bisa dijumpai di negara-negara Asia lainnya.

Itulah 5 hewan eksotis dan langka yang dapat Anda temukan saat berlibur ke Pulau Bali. Liburan menyaksikan hewan eksotis tersebut, bisa Anda jadikan sebagai sarana pembelajaran untuk anak agar turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam di Pulau Bali. Yuk, liburan yang edukatif!