Air Terjun Punggul Abiansemal, Wisata Air Terjun Unik dan Ajaib di Bali

Air Terjun Punggul Abiansemal

via Deddy Yasa

Liburan ke Bali, Anda bisa menjumpai banyak pantai yang cantik. Tak hanya pantai, pulau ini juga menawarkan kekayaan alam lain yang tak kalah memukau. Salah satunya adalah lewat keberadaan Air Terjun Punggul Abiansemal yang menjadi daya tarik wisata terbaru di Kabupaten Badung, Bali.

Air Terjun Punggul Abiansemal 3 » Air Terjun Punggul Abiansemal, Wisata Air Terjun Unik dan Ajaib di Bali

via Ika Black Nine

Menyebut Air Terjun Punggul Abiansemal sebagai destinasi wisata tersembunyi di Bali memang tidak salah. Apalagi, keberadaan tempat wisata ini baru terkuak dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, tidak heran kalau suasana yang ada di sekitar air terjun ini masih begitu alam.

Namun, suasana yang alami bukanlah daya tarik satu-satunya yang dimiliki oleh Air Terjun Punggul di Kecamatan Abiansemal. Air terjun ini dikenal sebagai air terjun dengan fenomena unik dan ajaib. Oleh karena itu, tak heran kalau Desa Punggul yang menjadi lokasi dari tempat wisata ini, punya potensi wisata yang begitu besar.

Keunikan dan Keajaiban di Air Terjun Punggul Abiansemal

Lalu, keunikan serta keajaiban seperti apa sih yang bisa ditemukan di Air Terjun Punggul? Air terjun ini, oleh pemerintah setempat dikemas sebagai destinasi wisata spiritual. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau air terjun ini digunakan sebagai lokasi untuk melakukan tradisi melukat.

Air Terjun Punggul Abiansemal 2 » Air Terjun Punggul Abiansemal, Wisata Air Terjun Unik dan Ajaib di Bali

via Deddy Yasa

Ada banyak keajaiban yang bisa ditemukan ketika berkunjung ke area air terjun di Desa Punggul ini. Keajaiban yang pertama adalah terkait keberadaan 2 sumber air yang berada tak jauh dari air terjun. Dua sumber air ini terasa unik karena salah satunya mengeluarkan air panas. Padahal, kawasan di sekitar Desa Punggul, tidak mengandung Belerang.

baca juga: Bali Swing Abiansemal, Tempat Berfoto Selfie Keren Sekaligus Menantang di Pulau Dewata

Air Terjun Punggul Abiansemal 1 » Air Terjun Punggul Abiansemal, Wisata Air Terjun Unik dan Ajaib di Bali

via Payana Billy

Tidak hanya itu, wilayah yang berada di bawah lokasi air terjun juga terdapat sebuah gua yang kedalamannya cukup panjang. Di dalam gua ini, para wisatawan bakal bisa menjumpai fenomena alami lainnya yang tak kalah unik. Keunikan tersebut adalah terkait keberadaan 2 air mancur. Air mancur inilah yang menurut rencana bakal dipakai sebagai sarana untuk melukat.

Sebagai tambahan, air terjun ini berada tidak jauh dari Pura Beji Geria yang dikenal sebagai pura keramat oleh masyarakat Desa Punggul. Oleh karena itu, menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata religi merupakan pilihan yang tepat. Alasannya, karena Pura Beji Geria menjadi tempat pelaksanaan penyucian atau yang dikenal dengan nama melasti.

baca juga: Hotel Permata, Hotel Bintang 3 Berfasilitas Lengkap di Bali. Hanya 5 Menit dari Pantai Kuta!

Meski begitu, tak menutup kemungkinan kalau para wisatawan juga dapat mencoba beragam aktivitas selama di tempat ini. Sebagai contoh, Anda bisa saja berendam di area sekitar air mancur ataupun mencoba bermain air di dekat air terjun. Hanya saja, pastikan untuk tetap menjaga sopan santun selama di tempat wisata.

Lokasi Air Terjun Punggul Abiansemal

Wisata air terjun tersembunyi ini bisa Anda temukan di wilayah Desa Punggul yang masuk dalam Kecamatan Abiansemal di Kabupaten Badung. Desa ini berada dekat dengan beberapa wisata populer di Bali. Deretan tempat wisata yang dekat dengan tempat ini di antaranya adalah Bukit Campuhan, kawasan Sangeh, Museum Neka Art, dan lain-lain.

Akses transportasi menuju ke wilayah desa ini juga begitu mudah. Sebagai contoh, jarak antara Bukit Campuhan di Ubud dengan Desa Panggul, bisa ditempuh dalam waktu perjalanan sekitar 30 menit berkendara. Tidak sulit, kan?