Ayam Betutu Pak Sanur Ubud, Kuliner Tradisional yang Masih Otentik Sejak 1987

Ayam Betutu Pak Sanur Ubud

via Good Indonesia Food

Reputasi sebagai kuliner ayam betutu yang otentik, menjadi jaminan kelezatan yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Kedai Ayam Betutu Pak Sanur Ubud. Di tempat ini, para pengunjung bakal memperoleh suguhan ayam betutu khas Bali yang kelezatannya tidak kalah dibandingkan di tempat lain.

Ayam Betutu Pak Sanur Ubud 1 1024x683 » Ayam Betutu Pak Sanur Ubud, Kuliner Tradisional yang Masih Otentik Sejak 1987

via Good Indonesia Food

Menariknya lagi, Ayam Betutu Pak Sanur merupakan salah satu kedai legendaris yang telah bertahan lama. Keberadaan kedai ini bisa ditelusuri sejak tahun 1987. Namun, fakta yang cukup menarik adalah, pemilik kedai ini bukanlah seorang pria bernama Pak Sanur, melainkan pasangan suami istri bernama Wayan Sutama dan Ketut Chandra.

baca juga: Green Kubu Cafe Ubud, Pengalaman Berburu Kuliner dengan Suasana Alami Sekaligus Instagramable

Wayan Sutama dulunya dikenal sebagai seorang pelukis. Ketika masih aktif sebagai pelukis, Sutama kerap melakukan perjalanan ke Sanur dengan tujuan mengirimkan hasil karya lukisnya. Karena durasi perjalanan ke Sanur yang sangat intens tersebut, sebutan sebagai Pak Sanur disematkan kepada Sutama.

Tak Lagi Memasak dengan Cara Otentik di Ayam Betutu Pak Sanur Ubud

Hal yang cukup menarik dari keberadaan Ayam Betutu Pak Sanur adalah terkait reputasi serta cara memasak yang digunakan. Meski dikenal sebagai tempat makan dengan sajian ayam betutu otentik, tetapi siapa sangka kalau cara memasak Wayan Sutama dan Ketut Chandra tidak menggunakan metode tradisional.

Ayam Betutu Pak Sanur Ubud 2 » Ayam Betutu Pak Sanur Ubud, Kuliner Tradisional yang Masih Otentik Sejak 1987

via Foodies

Dalam proses pembuatannya, kedua pasangan suami istri itu tak menggunakan pelepah daun pisang yang biasanya dipanggang di atas bara sekam. Sebagai gantinya, proses pembuatan ayam betutu di Kedai Ayam Betutu Pak Sanur memanfaatkan aluminium foil. Namun, mereka tetap memanfaatkan bara sekam sebagai sarana untuk pemasakan ayam.

baca juga: Restoran Sawah Terrace Ubud, Pilihan Kuliner Mewah dengan Kombinasi Pemandangan Sawah dan Tepi Sungai

Ayam Betutu Pak Sanur Ubud yang Selalu Diburu Pencinta Kuliner

Cara memasak yang otentik memang sulit untuk diwujudkan Wayan Sutama karena kesulitan memperoleh bahan-bahan yang dipakai untuk memasak. Meski begitu, kelezatan ayam betutu yang ada di Kedai Ayam Betutu Pak Sanur sudah sangat terkenal. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berbondong-bondong mencicipi kuliner ayam betutu khas Bali di tempat ini.

Ayam Betutu Pak Sanur Ubud 4 » Ayam Betutu Pak Sanur Ubud, Kuliner Tradisional yang Masih Otentik Sejak 1987

Ketika berkunjung ke kedainya, Anda mungkin tidak akan menyangka kalau Ayam Betutu Pak Sanur merupakan kuliner yang sudah sangat terkenal. Kedai Pak Sanur terlihat sangat sederhana. Namun, kalau Anda datang ke tempat ini terlalu siang, bisa dipastikan bakal tidak akan memperoleh kesempatan mencicipi ayam betutu enak dengan tekstur daging yang lembut.

Harga seporsi nasi ayam betutu yang bisa Anda dapatkan di Kedai Ayam Betutu Pak Sanur tidak terlalu mahal. Wayan Sutama mematok harga sebesar Rp30 ribu untuk setiap porsi yang tersaji di meja pelanggan. Sebagai tambahan, Anda dapat pula memilih untuk memesan ayam betutu dalam ukuran satu ekor. Hanya saja, pemesanan harus dilakukan sehari sebelumnya dan tidak bisa mendadak.

Lokasi Ayam Betutu Pak Sanur Ubud

Ayam Betutu Pak Sanur Ubud 3 1024x576 » Ayam Betutu Pak Sanur Ubud, Kuliner Tradisional yang Masih Otentik Sejak 1987

Kedai Ayam Betutu Pak Sanur bisa Anda temukan berada di alamat Jl. Arjuna Nomor 19, Ubud. Lokasi kedai ini bakal bisa Anda temukan dengan mudah, karena berada tak jauh dari Pasar Ubud serta Puri Saren Ubud. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai keberadaan Warung Babi Guling Ibu Oka yang terkenal sebagai salah satu kuliner babi terenak di seantero Bali tak jauh dari Kedai Ayam Betutu Pak Sanur.