Bubur Injin Khas Bali, Kuliner Bubur Ketan Hitam Murah Meriah yang Enak

bubur injin khas Bali

via Wikipedia

Masyarakat Indonesia mengenal makanan bubur dengan begitu bervariasi. Anda bisa menemukan bubur kacang hijau, bubur sum sum, ataupun bubur ketan hitam. Nah, di Bali, ada jenis bubur yang bisa Anda cicipi. Namanya adalah bubur injin khas Bali.

Bubur injin khas Bali merupakan jenis bubur yang dibuat dengan bahan utama ketan hitam. Makanan ini bisa disajikan dalam waktu yang cukup fleksibel. Anda bisa menemukan bubur ketan hitam ala Bali ini saat mencari sarapan. Namun, tak jarang pula penyajian bubur injin dilakukan sebagai menu penutup.

bubur injin khas Bali 1 » Bubur Injin Khas Bali, Kuliner Bubur Ketan Hitam Murah Meriah yang Enak

via Wikipedia

Penggunaan bubur injin khas Bali sebagai makanan penutup memang tidak salah dan bahkan cukup normal. Alasan utamanya, karena bubur ini memiliki cita rasa manis. Selain itu, bubur ini juga memiliki tekstur yang begitu lembut. Biasanya, penyajian bubur ketan hitam di Bali dilakukan dengan santan kental di bagian atasnya.

baca juga: Sate Lilit Be Pasih, Cita Rasa Kuliner Khas yang Ngangenin di Bali

Manfaat Mengonsumsi Bubur Injin Khas Bali

Bubur injin khas Bali yang dibuat dari bahan utama ketan hitam ternyata memberikan manfaat begitu besar terhadap kesehatan. Manfaat tersebut di antaranya adalah:

1. Bisa kenyang lebih lama
Ketan hitam pada bubur injin memiliki kandungan serat yang begitu tinggi. Serat ini, berguna untuk mempercepat proses penyerapan makanan oleh tubuh. Apalagi, serat memiliki manfaat dalam melancarkan proses pencernaan. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih cepat kenyang dan kekenyangan itu juga bisa tahan lebih lama.

baca juga: Kilo Kitchen Seminyak, Restoran Minimalis dengan Di Pusat Keramaian Bali

2. Meningkatkan kesehatan organ jantung
Selain memiliki serat tinggi, ketan hitam juga punya kandungan lemak rendah. Kombinasi ini membuat bubur injin khas Bali begitu cocok sebagai makanan yang mampu menyehatkan jantung. Serat tinggi bisa menghindarkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Sementara itu, kadar lemak rendah di dalam bahan ini, dapat mencegah jantung koroner.

3. Meringankan diabetes
Serat yang ada dalam ketan hitam juga memberi manfaat besar bagi para penderita diabetes. Kandungan serat punya peran tinggi dalam pelepasan insulin serta glukosa ke dalam aliran darah. Hal ini kemudian berdampak dalam pengurangan kandungan gula darah dalam tubuh.

4. Sumber energi
Ketan hitam yang jadi bahan utama bubur injin khas Bali juga menjadi sumber energi yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, Anda yang tengah berpuasa, disarankan untuk menyantap makanan ini saat berbuka.

5. Sarana menurunkan berat badan
Konsumsi bubur injin khas Bali juga memberi efek positif dalam diet. Ketika mengonsumsi makanan ini, Anda jadi cepat merasa kenyang. Selanjutnya, hal ini akan menurunkan keinginan untuk memakan camilan yang biasa dilakukan.

baca juga: Restoran Bebek Bengil Ubud, Kuliner Halal yang Legendaris di Bali

Cara Membuat Bubur Injin Khas Bali

bubur injin khas Bali 2 » Bubur Injin Khas Bali, Kuliner Bubur Ketan Hitam Murah Meriah yang Enak

via Pinimg

Cara pembuatan bubur injin khas Bali tidak terlalu sulit. Anda perlu menyiapkan bahan berupa ketan putih, ketan hitam, daun pandan, gula merah, serta garam. Tak lupa, Anda juga perlu menyediakan santan yang digunakan untuk kuah bubur.

Kalau dibuat secara cermat dan hati-hati, bubur injin khas Bali bisa memunculkan rasa manis dengan tekstur lembut yang enak. Bisa dipastikan, Anda bakal ketagihan dengan makanan ini. Kalau ingin cara lebih gampang, Anda bisa memilih untuk membelinya secara langsung di pasar-pasar tradisional. Selamat menikmati, ya!