Gili Mimpang Padangbai, Tempat Diving Favorit untuk Memperoleh Kesempatan Bertemu Ikan Mola-Mola

Gili Mimpang Padangbai

via Ok Divers Bali

Perairan yang cantik memang menjadi daya tarik utama yang dimiliki Pulau Bali. Kekayaan ini menjadikan Bali sebagai surga bagi para penyelam. Anda bisa menemukan begitu banyak spot penyelaman di sini. Salah satunya dan merupakan tempat yang cukup sering dikunjungi para diver adalah Gili Mimpang Padangbai.

Gili Mimpang Padangbai 3 1024x752 » Gili Mimpang Padangbai, Tempat Diving Favorit untuk Memperoleh   Kesempatan Bertemu Ikan Mola-Mola

via Dan Exton

Gili Mimpang Padangbai merupakan sebuah spot diving yang tidak terlalu luas. Di sini, Anda akan mendapati keberadaan 3 batu karang berukuran besar yang lokasinya berdekatan. Di sekitarnya, Anda juga akan menjumpai adanya beberapa batuan yang berukuran lebih kecil. Karena bentuknya tersebut, Gili Mimpang juga memperoleh julukan lain, yakni Batu Tiga.

baca juga: Snorkeling di Pantai Amed Bali, Pemandangan Alam Bawah lautnya Juara

Cara Menuju ke Gili Mimpang Padangbai

Tiga batu karang berukuran raksasa yang ada di Gili Mimpang berlokasi di Teluk Amuk atau Amuk Bay yang berada di kawasan antara Padangbai dan Candidasa. Seperti diketahui, Padangbai merupakan pelabuhan penyeberangan utama yang digunakan untuk melakukan penyeberangan ke Lombok. Sementara itu, Candidasa dikenal sebagai wilayah destinasi wisata populer dengan keindahan alam memukau.

Gili Mimpang Padangbai 1 1024x768 » Gili Mimpang Padangbai, Tempat Diving Favorit untuk Memperoleh   Kesempatan Bertemu Ikan Mola-Mola

via Its All About Scuba

Anda bisa memilih menjangkau Gili Mimpang Padangbai dari arah Candidasa ataupun Padangbai. Pemilihan akses transportasi itu bisa disesuaikan dengan operator penyelaman yang dimanfaatkan. Kalau Anda berangkat dari Padangbai, tersedia layanan kapal cepat dengan durasi perjalanan sekitar 15 menit untuk sampai ke kawasan Gili Mimpang.

baca juga: Malibu Point Nusa Penida, Spot Diving Terbaik dengan Kekayaan Biota Laut Melimpah

Keistimewaan Alam Bawah Laut Gili Mimpang Padangbai

Pemandangan Batu Tiga ketika dari atas permukaan air memang tidak terlalu istimewa. Anda hanya akan menjumpai pulau kecil dari batu karang yang terlihat menyembul dari permukaan air laut. Namun, ketika menyelami perairan di sekitarnya, Anda dijamin akan terkesima dan ingin berlama-lama menyelam di sini.

Gili Mimpang Padangbai 2 » Gili Mimpang Padangbai, Tempat Diving Favorit untuk Memperoleh   Kesempatan Bertemu Ikan Mola-Mola

via Ok Divers Bali

Kawasan perairan di sekitar Gili Mimpang Padangbai terkenal sebagai wilayah dengan varietas terumbu karang yang begitu banyak. Terumbu karang yang hidup di sini juga masih terjaga dengan baik keasriannya. Oleh karena itu, tidak heran kalau terumbu karang ini menjadi habitat yang ideal bagi beragam jenis ikan serta hewan laut lainnya.

baca juga: 4 Amed Diving Spot yang Menjadi Surga untuk Pencinta Aktivitas Menyelam

Para penyelam yang melakukan aktivitas diving di sini, mengaku bahwa 95 persen akan menyaksikan keberadaan ikan hiu. Bagi penyelam pemula, Anda tidak perlu khawatir bakal diserang oleh ikan predator ini. Asalkan Anda tidak mengganggu dan tidak memiliki luka berdarah, ikan ini tidak akan menyerang.

Selain itu, Ada pula kesempatan untuk menyaksikan secara langsung ikan pari manta yang dikenal sebagai salah satu ikan langka. Tidak ketinggalan, kesempatan menyelam di Gili Mimpang Padangbai memungkinkan Anda untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan ikan mola-mola atau yang disebut dengan sunfish.

Hanya saja, Anda harus berhati-hati dengan kondisi arus yang ada di sekitar perairan ini. Kawasan di sekitar Gili Mimpang terkenal memiliki arus yang sangat kuat. Kondisi ini secara khusus bakal Anda hadapi ketika melakukan penyelaman di sekitar bulan baru.

Oleh karena itu, tidak disarankan bagi penyelam pemula untuk melakukan penyelaman di sini. Sebagai gantinya, Anda dapat berlatih di area yang lebih aman dahulu dengan arus yang tidak terlalu kuat.