Liburan ke Bali saat Perayaan Nyepi, Ini 5 Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan

Nyepi di Bali

via Merah Putih

Nyepi menjadi perayaan rutin yang setiap tahun dilaksanakan oleh masyarakat Hindu Bali. Saat Hari Raya Nyepi, Pulau Bali menjadi sebuah pulau yang sangat sepi. Masyarakat lokal akan menjauhkan diri dari aktivitas keramaian selama 24 jam. Para wisatawan yang tengah ada di Bali juga diwajibkan untuk menjaga kekhusyukan warga lokal yang tengah Nyepi.

Untuk itu, ketika sedang merayakan Nyepi, Anda tidak akan bisa bepergian, bersenang-senang, ataupun melihat orang yang bekerja. Kalau terdapat pelanggaran, polisi adat Bali atau yang dikenal dengan sebutan pecalang, bakal mengambil tindakan. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati liburan secara nyaman saat nyepi. Ada 5 aktivitas seru yang bisa dilakukan, yaitu:

Nyepi di Bali 2 » Liburan ke Bali saat Perayaan Nyepi, Ini 5 Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan

via Amrazing

1. Menikmati Bali dengan udara yang segar dan bersih

Ketika tengah Nyepi, usahakan untuk menginap di hotel yang bernuansa alami. Dengan begitu, Anda akan bisa menikmati suasana alami yang ada secara maksimal. Anda dapat mendengarkan nyanyian burung, embusan angin, serta suara berbagai jenis hewan secara jelas. Hal ini tidak akan bisa Anda temukan ketika hari-hari biasa.

Ada fakta menarik terkait perayaan Nyepi di Bali yang berkaitan dengan upaya menjaga lingkungan. Selama 24 jam Hari Raya Nyepi, ternyata mampu mengurangi produksi emisi gas karbon dioksida (CO2) di seantero wilayah Pulau Dewata sebanyak 20 ribu ton.

2. Maksimalkan fasilitas di dalam hotel

Liburan ketika Nyepi bakal membuat Anda terperangkap selama 24 jam di dalam hotel. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa penginapan yang dipilih, menawarkan fasilitas yang lengkap. Hal ini sangat penting untuk membuat Anda bisa mengisi waktu liburan selama berada di dalam hotel.

Hotel yang bagus, akan menyediakan fasilitas seperti kolam renang secara terbuka untuk para tamu. Selain itu, Anda bisa pula memanfaatkan layanan spa atau pijat dari hotel. Dengan begitu, tubuh akan terasa segar dan bisa menjelajahi Bali secara menyeluruh keesokan harinya.

baca juga: Menyesap Kopi Nikmat di Bhineka Djaja Denpasar, Kedai Kopi Tertua di Bali

3. Bermain game atau streaming film

Jangan lupa pula memanfaatkan fasilitas internet gratis yang disediakan hotel secara maksimal. Gunakan akses internet itu untuk mengakses film serta bermain game sampai puas. Kegiatan ini bakal dapat Anda lakukan secara hemat kalau pihak hotel menyediakan akses film secara gratis. Kalaupun tidak, Anda dapat memanfaatkan layanan streaming berkualitas seperti Netfilix, Iflix, dan sebagainya.

4. Membaca buku

Aktivitas seru selanjutnya selama Hari Raya Nyepi di Bali adalah membaca buku. Kegiatan ini bisa Anda lakukan kalau memiliki persiapan sebelumnya, yakni dengan membawa buku atau novel favorit dari rumah. Selanjutnya, Anda bisa memuaskan diri untuk membaca novel tersebut selama di dalam hotel.

baca juga: 5 Rekomendasi Hotel Murah Dekat Kampus Udayana Jimbaran

5. Stargazing

Terakhir, Anda dapat menikmati malam hari di Bali dengan cara yang berbeda. Alih-alih berpesta, Anda bisa mencoba mengamati langit dengan tenang atau yang istilah kerennya dikenal dengan nama stargazing. Aktivitas ini bisa terasa lebih asyik kalau Anda melengkapi diri dengan kamera DSLR. Jadi, punya kesempatan untuk mengabadikan foto langit malam Bali ketika Nyepi.

baca juga: Mengenal Sosok Ida Bagus Kompiang, Tokoh Pariwisata Pendiri Hotel Tertua di Bali

Nah, itulah 5 aktivitas seru yang dapat Anda lakukan untuk menikmati pengalaman liburan ke Bali saat Hari Raya Nyepi. Semoga bisa membantu dan membuat liburan Anda tetap menyenangkan, ya!