Nusa Ceningan Bali, Pulau Kecil dengan Sejuta Pesona Keindahan dan Destinasi Wisata Alternatif

nusa ceningan bali

via journeyera

Pulau Bali tak melulu tentang Kuta atau Seminyak. Nusa Ceningan Bali kini menjelma menjadi destinasi wisata yang populer. Pulau kecil ini merupakan salah satu pulau yang terletak di bagian tenggara Pulau Bali. Keindahan alam yang dimilikinya, membuat para wisatawan mulai berbondong-bondong datang.

Nusa Ceningan Bali merupakan bagian dari gugusan pulau di Nusa Penida. Pulau ini memiliki ukuran hanya 300,6 hektare. Pulau ini hanya terbagi menjadi dua dusun, yakni Dusun Ceningan Kawan dan Ceningan Kangin. Total terdapat sekitar 1.523 penduduk dari 300 kepala keluarga yang berdomisili di pulau ini.

 

Secara administratif, Nusa Ceningan Bali masuk dalam wilayah Desa Lembongan di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Selain itu, di sini juga terdapat pura yang menjadi tempat suci dan penting di Ceningan. Pura tersebut antara lain adalah Pura Bakung, Pura Tirta Dalem Buhu, Pura Batumelawang, ataupun Pura Tri Adi Sakti.

baca juga: Le Pirate Nusa Ceningan, Penginapan dengan Suasana Penuh Ketenangan

Destinasi dan Aktivitas Wisata di Nusa Ceningan Bali

Daya tarik utama dari pulau kecil ini adalah keindahan alamnya. Dengan memanfaatkan keindahan alam tersebut, banyak tempat serta aktivitas wisata yang dapat dilakukan di sini, yaitu:

1. Ceningan Secret Beach

Secret Beach merupakan sebuah pantai kecil dengan panjang mencapai 50 meter. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan halus. Terdapat beberapa area yang berhias batu karang dengan bagian kiri dan kanan ditumbuhi semak.

nusa ceningan bali 3 » Nusa Ceningan Bali, Pulau Kecil dengan Sejuta Pesona Keindahan dan Destinasi Wisata Alternatif

via Sarah Porter

baca juga: Secret Point Huts Nusa Ceningan, Penginapan Unik dengan Suasana yang Tenang

Hanya saja, pantai di Nusa Ceningan Bali ini memiliki ombak yang besar. Oleh karena itu, pantai ini akan cukup berbahaya kalau digunakan sebagai tempat untuk berenang. Sebaai gantinya, Anda bisa bermain di tepi pantai serta berburu foto instagramable.

2. Blue Lagoon

Blue Lagoon jadi destinasi wisata berikutnya di Nusa Ceningan Bali. Tempat ini berupa sebuah pantai yang memiliki tebing karang dan berlokasi di sebuah teluk kecil. Tebing ini memiliki struktur yang curam dengan ketinggian mencapai 20 meter.

3. Mahana Points

nusa ceningan bali 2 » Nusa Ceningan Bali, Pulau Kecil dengan Sejuta Pesona Keindahan dan Destinasi Wisata Alternatif

via journeyera

Mahana Points di Nusa Ceningan Bali berlokasi tak jauh dari Blue Lagoon. Tempat wisata ini menjadi pilihan aktivitas ekstrem yang menegangkan. Anda bisa mencoba tantangan untuk meloncat dari atas tebing. Itu kalau Anda cukup berani. Jangan khawatir tenggelam, karena para guide akan selalu siap melemparkan pelampung.

4. Abyss Zipline

Berikutnya adalah Abyss Zipline yang membuat Anda merasakan pengalaman tersendiri ber-flying fox di atas deburan ombak tinggi. Anda dapat mencoba wahana penuh tantangan ini dengan berkunjung ke Abyss Zipline Ceningan Island Resort.

baca juga: Abyss Zipline Ceningan Island Resort, Aktivitas Flying Fox Menantang dengan Pemandangan Menakjubkan

5. Jembatan Kuning

nusa ceningan bali 1 » Nusa Ceningan Bali, Pulau Kecil dengan Sejuta Pesona Keindahan dan Destinasi Wisata Alternatif

via Maya Septira

Terakhir, Anda juga bisa menyaksikan kemegahan Jembatan Kuning. Jembatan ini dibangun sebagai penghubung antara Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan dan berdiri sejak tahun 1996.

Jembatan ini sempat roboh pada tahun 2016. Namun, dengan biaya mencapai Rp3 miliar, pemerintah setempat membangun kembali jembatan ini jadi lebih kokoh pada tahun 2017.

Cara Menuju Nusa Ceningan Bali

Tidak sulit bagi wisatawan yang ingin pergi menjelajahi Pulau Nusa Ceningan. Akses masuk ke pulau ini bisa dijumpai di kawasan Sanur. Di sini, Anda dapat menggunakan layanan speed boat dengan tujuan ke Nusa Lembongan. Dari Nusa Lembongan, perjalanan dapat dilanjutkan ke Nusa Ceningan.