Pantai Karangdadi Kusamba, Pantai Ombak Besar dengan Sensasi Mirip Waterblow Nusa Dua

Gulungan Ombak Pantai Karangdadi Kusamba

via Warta Bali Online

Waterblow Nusa Dua terkenal sebagai salah satu destinasi populer di Bali. Di sini, wisatawan dapat melihat fenomena unik cipratan ombak ketika gulungan ombak besar yang menghantam batu karang. Nah, pengalaman serupa bisa pula Anda dapatkan ketika berkunjung ke Pantai Karangdadi Kusamba.

Pantai Karangdadi Kusamba 1 1024x767 » Pantai Karangdadi Kusamba, Pantai Ombak Besar dengan Sensasi Mirip Waterblow Nusa Dua

via Warta Bali Online

Seperti halnya Waterblow, Pantai Karangdadi yang terletak di wilayah Kabupaten Klungkung. Fenomena ombak tinggi memang menjadi pemandangan yang biasa dijumpai oleh warga di sekitar pantai. Seperti halnya di Waterblow, para pengunjung kerap memilih untuk berfoto dengan latar belakang cipratan ombak besar.

Aktivitas Wisata di Pantai Karangdadi Klungkung

Pantai Karangdadi sebenarnya bukan merupakan sebuah pantai wisata. Bahkan, pantai ini memiliki fungsi utama sebagai kapal untuk para nelayan. Sebagai buktinya, pemerintah setempat melakukan pembangunan pusat pendaratan ikan (PPI). Apalagi, Kabupaten Klungkung, terutama Desa Kusamba, memiliki potensi perikanan yang besar.

Pantai Karangdadi Kusamba 2 » Pantai Karangdadi Kusamba, Pantai Ombak Besar dengan Sensasi Mirip Waterblow Nusa Dua

via Aleftina_Mir

Meski begitu, aktivitas kunjungan wisata ke Pantai Karangdadi ternyata cukup besar. Mereka yang biasa datang ke pantai ini memang bukan para turis mancanegara, melainkan warga setempat. Oleh karena itu, para pengunjung yang datang ke sini tidak akan dikenai tiket masuk apapun.

Selama berada di wilayah Pantai Karangdadi Kusamba, para pengunjung bisa mencoba beberapa aktivitas. Kegiatan memancing menjadi aktivitas utama yang sering dilakukan oleh para pelancong. Mereka kerap memilih waktu kunjungan pada pagi serta sore hari.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan keberadaan para pengunjung yang sibuk dengan aktivitas berfoto selfie. Momen yang paling banyak diburu adalah ketika ombak besar yang menghantam dinding beton di tepi pantai. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati kalau mencoba aktivitas ini. Pastikan untuk menjaga jarak agar tidak terlalu dekat dengan bibir pantai.

baca juga: Taman Gili Kerta Gosa, Tempat Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Klungkung

Ketika ombak di sini tengah surut, pemandangan yang bisa didapatkan juga tidak kalah cantik. Di bagian tengah pantai, Anda dapat menjumpai keberadaan pemecah ombak yang kerap digunakan sebagai tempat berfoto selfie.

Risiko Abrasi yang Terus Mengancam Pantai Karangdadi Kusamba

Ombak besar yang ada di Pantai Karangdadi memang mampu membuat pantai ini cukup menarik di mata para wisatawan. Namun, keberadaannya juga menjadi problematika tersendiri bagi warga serta pemerintah daerah setempat. Apalagi, gulungan ombak besar di pantai ini terus mengikis daratan di tepi pantai.

baca juga: Pantai Tegal Besar Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

Pemerintah terus melakukan berbagai upaya agar abrasi tidak terjadi secara terus-menerus. Dana yang rela digelontorkan untuk menyelesaikan masalah ini juga tidak sedikit. Pada tahun 2018, Rp400 juta disediakan pemerintah untuk mencoba mengatasinya. Hanya saja, sampai saat ini masalah abrasi terus muncul di pantai ini.

Meski begitu, pemerintah setempat terus berusaha untuk mencari solusi atas masalah abrasi di Pantai Karangdadi. Apalagi, fenomena abrasi di pantai ini memang sudah sangat parah. Abrasi tersebut telah mengikis setidaknya 20 meter permukaan tanah yang ada di pantai. Dengan dampak yang begitu besar, tidak heran kalau banyak nelayan yang gusar.

Lokasi Pantai Karangdadi Kusamba

Pantai Karangdadi bisa Anda temukan dengan mudah, karena berlokasi di Jl. Raya Kusamba. Anda dapat menjumpai keberadaan pantai ini berada sangat dekat dengan Pelabuhan Gunaksa. Perjalanan dari Pantai Karangdadi menuju ke Pelabuhan Gunaksa, hanya perlu waktu tempuh sekitar 20 menit naik kendaraan.