Pantai Tukad Balian, Pantai yang Dipercaya Bisa Menyembuhkan Beragam Penyakit di Bali

Pantai Tukad Balian

viaBali Glory

Pantai Balian atau yang biasa disebut juga dengan Pantai Tukad Balian. Balian sendiri dapat diartikan dengan Dukun (yang bisa menyembuhkan penyakit). Pantai ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dibandingkan pantai lain di Bali.

Keberadaan pantai ini pun semakin memberi warna kepada para wisatawan yang berlibur ke Bali. Pemandangan yang dimiliki oleh pantai ini juga sangat indah. Membuat siapapun bakal terpesona dan betah berlama-lama bersantai di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga jadi pilihan tepat untuk para pencinta olahraga selancar.

Pantai Tukad Balian 2 » Pantai Tukad Balian, Pantai yang Dipercaya Bisa Menyembuhkan Beragam Penyakit di Bali

via Bali Glory

Lokasi Pantai Tukad Balian

Pantai Tukad Balian terletak di Banjar Pengasahan, desa Lalalinggah, Kec. Selemadeg, Tabanan – Bali. Akses menuju ke lokasi tempat wisata ini sangat mudah, karena berada di jalan raya provinsi yang menghubungkan antara Denpasar – Gilimanuk. Jarak tempuh dari bandara sekitar 2 jam berkendara.

baca juga: Pantai Labuhan Amuk Karangasem, Pantai Indah dengan Fasilitas Hiburan yang Lengkap

Anda bisa menempuh jarak kurang lebih 60 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Denpasar, Kuta ataupun daerah sekitarnya, atau sekitar 84 km dari pelabuhan Gilimanuk, Jembrana Bali, dan sekitar 30 menit dari pantai Medewi

Asal Mula Nama Pantai Tukad Balian

Balian adalah nama salah satu sungai yang dipercaya sebagai sungai yang disucikan. Hal ini dikarenakan cerita masyarakat Bali berkaitan dengan kedatangan seorang pendeta suci dari pulau Jawa yang bernama Danghyang Nirartha, masyarakat juga menyebut Beliau dengan sebutan Dang hyang Dwijendra atau Pendanda Sakti Wawu Rauh Konon.

baca juga: Titik Temu Cafe Seminyak, Suasana Nongkrong yang Nyaman dengan Kombinasi Konsep Modern dan Alam

Ketika sampai di sini, beliau banyak menemukan penduduk yang sakit. Berbekal kekuatan yang dimilikinya, beliau menancapkan tongkatnya di bagian hulu sungai kemudian menyuruh orang-orang yang sakit untuk mandi dan membersihkan diri di hilir sungai, kemudian dengan seketika orang-orang yang sakit tersebut menjadi sembuh. Karena keampuhan dari sungai tersebut maka penduduk menyebutnya sungai Balian.

Nah, Pantai ini sangat direkomendasikan bagi anda yang gemar berselancar. Karena ombaknya yang sangat cocok untuk kegiatan olahraga air yang satu ini. Selain itu panorama sekitar yang didominasi pohon kelapa yang berjejer di setiap pesisir pantai membuat suasana begitu asri.

Selain keindahan barisan pohon kelapa, pasir yang hitam abu-abu menambah keindahan pantai, di dukung dengan keramahan warga sekitar terhadap para wisatawan asing maupun lokal.

Tarif Masuk Pantai Tukad Balian

Dengan segala keindahan yang disuguhkan pasti anda berpikir bahwa anda perlu membayar mahal untuk dapat menikmati panorama karya Tuhan. Tetapi ternyata memasuki area pantai tidak dikenakan biaya masuk alias gratis, hanya dikenakan biaya parkir jika Anda menggunakan kendaraan bermotor yaitu Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil.

Fasilitas Di Pantai Tukad Balian

Dengan harga yang terjangkau anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan. Misalkan saja, area parkiran yang sudah pasti aman dan nyaman, rumah makan dengan segala ragam menu sesuai selera anda, kamar mandi yang bersih, hotel/ penginapan sesuai kriteria anda dan masih banyak fasilitas yang lainnya.

baca juga: Cara Cara Inn Bali, Penginapan Murah dengan Fasilitas Lengkap dan Desain yang Berwarna

Bagaimana? Menarik bukan? Oleh karena itu segera jadwalkan liburan anda ke Pantai Balian ini. Sebagai tambahan, waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah sebelum matahari terbenam. Karena anda akan mendapatkan momen terindah saat matahari terbenam.