Pohon Banyan Raksasa Munduk, Destinasi Wisata Tersembunyi Pohon Raksasa Berusia 7 Abad

Pohon Bunyan Raksasa Munduk

Banyak destinasi wisata tersembunyi yang tak banyak diketahui wisatawan di Bali. Pohon Bunyan Raksasa Munduk adalah salah satunya. Sesuai dengan namanya, di tempat ini, Anda bisa mendapati keberadaan pohon banyan dengan ukuran yang sangat besar. Bahkan, masyarakat setempat percaya kalau pohon ini telah berusia lebih dari 700 tahun.

Mereka yang datang ke tempat ini tidak hanya wisatawan domestik. Para turis mancanegara juga banyak yang tertarik melihat secara langsung kemegahan bentuk pohon raksasa ini. Apalagi, dari penampilannya, pohon raksasa ini nampak begitu eksotis dengan keberadaan akarnya yang berukuran besar dan tubuh yang menjulang tinggi.

Pohon ini memiliki ketinggian mencapai 85 meter. Di sekujur tubuh pohon ini, Anda akan mendapati akar-akar berukuran besar yang menyelimutinya. Para wisatawan yang bernyali besar dan suka tantangan, kerap mencoba untuk menaiki akar tersebut dan berusaha untuk naik setinggi-tingginya.

Pohon Banyan Raksasa Munduk 3 » Pohon Banyan Raksasa Munduk, Destinasi Wisata Tersembunyi Pohon Raksasa Berusia 7 Abad

Selain mencoba untuk menaiki akar raksasa yang ada di pohon ini, para wisatawan juga kerap menghabiskan waktunya untuk berfoto dengan latar belakang pohon tersebut. Apalagi, menemukan pohon raksasa yang berusia lebih dari 700 tahun di Indonesia, tentunya sangatlah sulit.

Pohon Bunyan Raksasa Munduk Menyimpan Cerita Mistis

Kalau wisatawan mengagumi bentuk megah dan raksasa dari pohon ini, lain halnya dengan masyarakat sekitar. Masyarakat mempercayai kalau pohon raksasa ini menyimpan mistis yang luar biasa besar. Bahkan, banyak yang percaya kalau pohon raksasa ini menjadi tempat tinggal para makhluk halus.

baca juga: Pendakian Gunung Agung, Pilihan Aktivitas Penuh Petualangan di Tempat Suci Puncak Para Dewa

Kepercayaan itu diperkuat dengan cerita masa lalu ketika pohon ini. Pada masa penjajahan Belanda, masyarakat setempat mengungkapkan kalau Pohon Bunyan Raksasa Munduk menjadi tempat bersembunyi masyarakat lokal dari kejaran pasukan Belanda.

Pohon Banyan Raksasa Munduk 1 » Pohon Banyan Raksasa Munduk, Destinasi Wisata Tersembunyi Pohon Raksasa Berusia 7 Abad

Tidak hanya itu, ada pula kepercayaan lain yang muncul di kepala masyarakat Bali terkait keberadaan pohon ini. Mereka percaya bahwa siapapun yang mengajukan permohonannya di depan pohon raksasa ini, bakal bisa terkabul. Oleh karena itu, tak heran kalau Anda akan mendapati wisatawan yang mencoba untuk mengajukan permintaan atau masyarakat sekitar yang mengajukan permintaan seperti ini.

baca juga: ohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Selain itu, karena menganggap pohon ini sebagai pohon yang sakral, tidak heran kalau di sini Anda bisa mendapati beragam sesajen yang disediakan oleh masyarakat setempat. Bagi setiap wisatawan yang datang ke sini, Anda boleh saja untuk tidak mempercayai kepercayaan yang dianut oleh masyarakat sekitar. Namun, pastikan untuk tetap menghormati kepercayaan itu dengan tidak melakukan tindakan yang mencela atau mengolok-olok.

Lokasi Pohon Bunyan Raksasa Munduk

Untuk menuju ke tempat yang satu ini, Anda bisa datang langsung ke lokasinya yang ada di Desa Gesing, Kecamatan Munduk, Kabupaten Buleleng, Bali. Sesampainya di Munduk, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 5 km untuk sampai ke Desa Gesing. Tidak perlu khawatir bakal tersesat, karena di sepanjang perjalanan, Anda bisa menemukan keberadaan petunjuk arah menuju ke lokasi pohon raksasa ini.

Dengan keunikan yang bisa disaksikan di tempat ini, tak heran kalau banyak wisatawan yang menyempatkan waktu untuk menyaksikannya. Nah, kalau Anda tertarik untuk melihat secara langsung kemegahan pohon ini, coba saja datang langsung ke lokasinya. Bisa jadi pengalaman liburan yang menarik, ke Bali lho!

Gambar via Tripcanvas Indonesia