Teh Beras Merah Khas Jatiluwih, Minuman Tradisional dari Bali yang Kaya Manfaat

Teh Beras Merah Khas Jatiluwih

via Balebengong

Teh menjadi jenis minuman yang biasanya dibuat dengan seduhan daun teh. Namun, saat berada di Bali, Anda bisa mencicipi teh unik yang dibuat dari seduhan beras merah. Teh tersebut adalah teh beras merah khas Jatiluwih. Teh ini tidak hanya memiliki cita rasa unik, tetapi juga punya khasiat besar untuk kesehatan.

Keberadaan teh beras merah dari Jatiluwih ini menjadi bukti betapa besarnya potensi pertanian yang menjadi andalan masyarakat Jatiluwih. Apalagi, Jatiluwih dikenal sebagai destinasi wisata agro dengan keberadaan terasering sawah yang terlihat sangat memukau. Anda pun bisa menyaksikan keindahan pemandangan tersebut sambil menikmati seduhan teh beras merah.

Teh Beras Merah Khas Jatiluwih 2 » Teh Beras Merah Khas Jatiluwih, Minuman Tradisional dari Bali yang Kaya Manfaat

via Tempo

Teh Beras Merah Khas Jatiluwih Bermanfaat untuk Kesehatan

Teh beras merah dari Jatiluwih terkenal sebagai teh beras merah berkualitas tinggi. Teh beras merah di sini memiliki kandungan gizi tinggi yang membuatnya berguna untuk menjaga kesehatan. Beras merah secara khusus dikenal sebagai bahan makanan yang punya nutrisi vitamin B1 dan mineral melimpah. Selain itu, teh beras merah juga terkenal sebagai sumber antioksidan dan punya kadar protein tinggi.

baca juga: Air Terjun Pengempu Tabanan, Wisata Air Terjun Alami yang Berada Dekat dengan Denpasar

Teh Beras Merah Khas Jatiluwih 1 1024x683 » Teh Beras Merah Khas Jatiluwih, Minuman Tradisional dari Bali yang Kaya Manfaat

via Krisna Jatiluwih

Dengan nutrisi tinggi yang dimilikinya, konsumsi teh beras merah menawarkan banyak manfaat. Kebiasaan minum teh beras merah, bisa membuat tubuh jadi lebih tahan terhadap serangan penyakit kanker yang bisa muncul karena adanya radikal bebas. Teh beras merah juga punya khasiat meningkatkan kecerdasan, kesehatan jantung, menurunkan kandungan kolesterol, serta untuk diet dan kecantikan.

baca juga: Terasering Jatiluwih Tabanan, Wisata Alami yang Menyejukkan Mata

Hanya saja, ada hal yang perlu diperhatikan untuk bisa memperoleh khasiat tertinggi dari teh beras merah. Hal tersebut adalah dengan mencoba menikmati minuman tradisional Bali ini dengan tanpa disertai gula.

Bagaimana Rasa Teh Beras Merah Khas Jatiliwuh?

Teh Beras Merah Khas Jatiluwih 3 » Teh Beras Merah Khas Jatiluwih, Minuman Tradisional dari Bali yang Kaya Manfaat

via Balebengong

Setelah memperoleh paparan mengenai khasiat kesehatan dari teh beras merah dari Jatiluwih, Anda tentunya bakal tertarik mencicipi minuman ini. Apalagi, tampilan dari teh beras merah tak jauh berbeda dibandingkan dengan teh biasa. Anda akan mendapati minuman berwarna cokelat kemerahan seperti halnya teh biasa.

Warnah cokelat kemerahan pada teh beras merah bukan didapatkan dari pewarna buatan. Proses pembuatan teh beras merah sepenuhnya dilakukan dengan metode alami. Anda tidak akan menjumpai bahan pengawet atau bahan kimia lain. Warna tersebut muncul dari kulit ari yang membungkus beras merah. Warna tersebut muncul karena kulit ari beras merah memiliki kandungan antosianin.

Karena disajikan tanpa disertai gula, teh beras merah memiliki rasa yang pahit. Sebagai pertimbangan, Anda bisa pula memilih untuk membubuhkan gula jawa sebagai pemanis. Penggunaan gula jawa tidak akan mengurangi khasiat dari beras merah. Apalagi, gula jawa sendiri punya khasiat kesehatan yang tak kalah besar dibandingkan dengan beras merah.

baca juga: Kulineran Enak di Sari Organik Pulu Mujung Warung Kintamani Sambil Menyaksikan Keindahan Gunung Batur

Kalau tertarik mencicipi teh beras merah dari Jatiluwih, Anda bisa berkunjung secara langsung ke Desa Jatiluwih. Selain bisa menyantapnya di sana, ada pula pilihan untuk membeli teh beras merah yang dijual dalam kondisi terbungkus. Teh beras merah dalam kemasan seperti ini, sangat cocok kalau Anda ingin mencari oleh-oleh yang berbeda.

Nah, itulah pilihan kuliner khas Bali yang bisa Anda cicipi. Selamat mencoba, ya!