Air Terjun Pengempu Tabanan, Wisata Air Terjun Alami yang Berada Dekat dengan Denpasar

Air Terjun Pengempu Tabanan

Selama ini, wisatawan kerap menyempatkan waktu datang ke lokasi Air Terjun Tegenungan untuk pilihan wisata alam yang dekat dengan Denpasar. Namun, siapa sangka kalau ada pula wisata air terjun indah lain yang bisa Anda tuju. Wisata air terjun yang dimaksud adalah Air Terjun Pengempu Tabanan.

Air Terjun Pengempu Tabanan 1 » Air Terjun Pengempu Tabanan, Wisata Air Terjun Alami yang Berada Dekat dengan Denpasar

Air Terjun Pengempu Tabanan sebenarnya merupakan wisata yang sudah begitu lama diketahui masyarakat setempat. Hanya saja, popularitasnya memang masih sangat kurang. Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial, kini nama Air Terjun Pengempu sudah mulai banyak dikenal oleh para wisatawan.

Suasana Alami dan Lingkungan yang Terjaga di Air Terjun Pengempu Tabanan

Tingkat popularitas yang masih rendah, membuat kawasan Air Terjun Pengempu cukup jarang dikunjungi wisatawan. Situasi ini begitu menyenangkan bagi Anda yang mengaku pencinta wisata alam. Pada situasi seperti itu, Anda dapat memanfaatkan waktu untuk sepenuhnya menikmati ketenangan serta suasana alami yang ada di Air Terjun Pengempu.

baca juga: Pantai Yeh Gangga Tabanan, Pantai dengan Suasana Religius Tempat Pelaksanaan Upacara Melasti

Air terjun ini memiliki bentuk yang cukup megah, dengan ketinggian mencapai 20 meter. Di sekitarnya, suasana lingkungan juga masih terjaga dengan asri. Pepohonan rindang menjadikan tempat ini sangat nyaman dan udara terasa begitu sejuk. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang betah berlama-lama bermain di sekitar air terjun.

Hanya saja, wisatawan yang datang berkunjung ke Air Terjun Pengempu Tabanan memang tidak diperkenankan untuk bermain air secara langsung di bawah guyuran air terjun. Sebagai gantinya, Anda hanya boleh bermain air di aliran sungai Tukad Yeh Penet yang lokasinya berada di bawah air terjun.

Air Terjun Pengempu Tabanan 2 1024x503 » Air Terjun Pengempu Tabanan, Wisata Air Terjun Alami yang Berada Dekat dengan Denpasar

Aliran air di sungai ini terlihat begitu bersih. Ketika berendam di dalamnya, Anda akan merasakan kesegaran. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu untuk berendam serta berenang di aliran air ini. Tidak hanya itu, ada pula wisatawan yang memilih Tukad Yeh Penet sebagai tempat untuk melaksanakan aktivitas rafting.

baca juga: Terasering Jatiluwih Tabanan, Wisata Alami yang Menyejukkan Mata

Cara Menuju Lokasi Air Terjun Pengempu Tabanan

Tempat wisata alam ini berlokasi di Desa Cau Belayu yang masuk dalam wilayah Kecamatan Marga di kabupaten Tabanan. Bagi Anda yang tertarik menuju ke wisata ini, bisa berangkat dari Kota Denpasar dengan mudah. Anda dapat mengarahkan kendaraan menuju ke sini dengan melintasi jalur menuju ke Objek Wisata Sangeh. Hanya saja, Anda perlu belok ke kiri ketika melintasi salah satu pertigaan.

baca juga: Air Terjun Blahmantung Tabanan, Tiga Air Terjun Indah Dalam Satu Lokasi

Perjalanan dari Denpasar menuju ke Desa Cau Belayu bisa memakan waktu sekitar 40 menit berkendara. Selanjutnya, Anda dapat berjalan kaki untuk bisa sampai ke air terjun. Anda tidak perlu khawatir bakal berhadapan dengan medan yang berat. Di sepanjang jalur perjalanan menuju lokasi air terjun, telah tersedia akses berupa tangga yang memiliki kondisi cukup baik.

Selain bisa menghabiskan waktu bermain di kawasan air terjun, Anda juga bisa menjumpai sebuah goa tua yang telah ada sejak zaman dulu. Hanya saja, informasi mengenai keberadaan gua tersebut masih sangat minim. Meski begitu, gua ini cukup aman untuk bisa dijadikan sebagai destinasi wisata tambahan saat berlibur ke Air Terjun Pengempu Tabanan.

Saat berkunjung ke sini, pastikan untuk membawa bekal serta baju ganti ya. Dengan begitu, Anda bisa bermain sepuasnya di sini.

Foto via Ulin Ulin