Wisata Menyaksikan Patung Budha Unik di Bali, Ini Pilihan Tempatnya!

Patung Budha Unik di Bali

via David Lazar

Pulau Bali terkenal sebagai pulau seribu pura, karena masyarakatnya yang mayoritas beragama Hindu. Namun, penganut agama lain yang minoritas tetap bisa hidup dengan nyaman, termasuk para pemeluk agama Budha. Sebagai buktinya, Anda akan dapat menemukan keberadaan beragam patung Budha unik di Bali.

Patung-patung Budha unik di Bali tersebut tidak hanya menjadi sarana ibadah para penganut agama Budha. Keberadaannya juga menjadi daya tarik wisatawan. Nah, kalau Anda tertarik untuk berkunjung ke lokasi-lokasi patung tersebut, berikut ini adalah beberapa pilihannya:

Patung Budha Unik di Bali dalam Posisi Tidur Vihara Dharma Giri

Patung Budha Unik di Bali 1 1024x768 » Wisata Menyaksikan Patung Budha Unik di Bali, Ini Pilihan Tempatnya!

via Liška Vykutálená

Lokasi pertama yang bisa Anda tuju untuk menyaksikan patung Budha unik dalam posisi tidur adalah berkunjung ke Vihara Dharma Giri. Vihara ini bisa Anda temukan berada di alamat Jl. Raya Pupuan Nomor 1, Tabanan. Di sini, Anda dapat menjumpai keberadaan patung Budha berukuran raksasa berwarna putih yang dalam posisi tertidur.

baca juga: Menyaksikan Kemegahan Patung Budha Tidur Vihara Dharma Giri di Tabanan

Keunikan patung Budha di Bali yang satu ini juga disertai dengan pemandangan indah. Di bagian belakang patung, Anda akan menemukan pemandangan alami berupa area perbukitan hijau. Dengan kombinasi pemandangan seperti itu, Vihara Dharma Giri kerap menjadi tempat berburu foto selfie para pengunjung.

Menyelami Lebih Dekat Patung Budha Unik di Bali yang Berada di Tengah Laut

Selain itu, Anda dapat pula memilih untuk menyaksikan keberadaan patung Budha unik di Bali yang berada di tengah laut. Patung-patung tersebut memang sengaja ditenggelamkan di perairan bawah laut Bali karena ditujukan untuk menambah daya tarik wisata alamnya. Apalagi, patung-patung tersebut bisa menjadi sarana mengembangkan terumbu karang yang menjadi tempat hidup ikan-ikan laut.

baca jugaa: Pantai Pererenan Canggu, Pantai dengan Ikon Patung Gajah Mina di Mengwi

Ada 3 lokasi yang bisa Anda pilih, yaitu:

– Temple Point Nusa Penida

Patung Budha Unik di Bali 3 » Wisata Menyaksikan Patung Budha Unik di Bali, Ini Pilihan Tempatnya!

via Mr Van Den Berk

Temple Point Nusa Penida menjadi lokasi pertama yang bisa Anda tuju kalau ingin menemukan patung Budha di bawah laut. Patung-patung tersebut sengaja ditenggelamkan pada kedalaman mencapai 7 meter pada beberapa tahun lalu. Saat ini, hasilnya terlihat begitu cantik. Patung-patung tersebut sudah menjadi tempat hidup terumbu karang, lumut, serta anemon.

– Taman Dewa Pemuteran

Patung Budha Unik di Bali 4 1024x598 » Wisata Menyaksikan Patung Budha Unik di Bali, Ini Pilihan Tempatnya!

via Pinterest

Pantai Pemuteran juga bisa menjadi destinasi liburan kalau Anda ingin menyaksikan keberadaan patung unik di Bali yang ditenggelamkan di tengah laut. Secara total, Anda akan menemukan sebanyak 33 patung yang ada di sini. Tidak hanya patung Budha, tetapi juga patung dewa agama Hindu seperti Dewi Sri ataupun Dewa Wisnu.

– Suci’s Place Tulamben

Patung Budha Unik di Bali 2 1024x712 » Wisata Menyaksikan Patung Budha Unik di Bali, Ini Pilihan Tempatnya!

via David Lazar

Pantai Tulamben yang ada di Karangasem bisa jadi tempat persinggahan selanjutnya. Kawasan perairan di sekitar Pantai Tulamben sudah lama terkenal sebagai destinasi wisata snorkeling. Di sini, Anda akan menjumpai 5 stupa serta beragam jenis patung yang telah ditenggelamkan dalam waktu bertahap sejak tahun 2012. Anda pun dapat menjumpai patung-patung itu hanya pada kedalaman antara 9 sampai 17 meter.

Patung Budha Terbesar di Bali Wihara Empu Astapaka

Patung Budha Unik di Bali 5 1024x768 » Wisata Menyaksikan Patung Budha Unik di Bali, Ini Pilihan Tempatnya!

via IvannMdr

Destinasi berikutnya, Anda dapat menyaksikan kemegahan patung Budha yang diklaim sebagai patung Budha terbesar di Bali. Lokasinya bisa Anda temukan di Vihara Empu Astapaka yang berada tak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk. Proses pembangunan patung megah ini juga cukup fenomenal, membutuhkan biaya setidaknya Rp1 miliar.