5 Jajanan Khas Bali yang Cocok untuk Para Pencinta Kuliner Manis

Jajanan Khas Bali

Seperti halnya tempat-tempat lain di Indonesia, Bali punya beragam makanan enak yang menjadi ciri khas warga di sana. Selama di Bali, Anda tidak hanya bisa menemukan makanan berat, tetapi juga berbagai jenis jajanan khas Bali, baik yang asin, gurih, serta manis.

Nah, bagi para pencinta jajanan manis, ada banyak camilan tradisional khas Bali yang bisa Anda coba. Dari sekian banyak pilihan, berikut ini 5 ajenis kuliner manis yang dapat dicicipi:

1. Jaje lukis

Jajanan Khas Bali 2 » 5 Jajanan Khas Bali yang Cocok untuk Para Pencinta Kuliner Manis

Jajanan tradisional Bali manis yang pertama adalah jaje lukis. Tampilan serta cita rasa dari jaje lukis memiliki kemiripan dengan kue lupis ketan yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Namun, jaje lukis dari Bali biasa dibentuk dengan ukuran lebih kecil. Bahan utama yang dipakai untuk membuat makanan ini dengan bahan utama dari ketan.

Karena bahan utamanya yang berasal dari ketan, jaje lukis memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Biasanya, jaje lukis disajikan dengan disertai parutan kelapa dan saus gula merah. Cukup sulit untuk menemukan makanan tradisional ini. Namun, Anda dapat mencicipi cita rasa manis dari jaje lukis kalau berkunjung ke pasar-pasar tradisional di Bali.

2. Laklak

Jajanan Khas Bali 1 » 5 Jajanan Khas Bali yang Cocok untuk Para Pencinta Kuliner Manis

Laklak menjadi jajanan tradisional manis selanjutnya yang bisa menjadi cemilan enak selama di Bali. Jajanan ini dibuat dengan bahan utama tepung beras. Anda bisa memperoleh laklak dengan warna putih atau warna hijau yang berasal dari daun pandan atau daun suji. Selanjutnya, Anda akan menjumpai laklak yang disertai toping parutan kelapa serta saus gula merah.

baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Pinggir Jalan di Bali yang Murah dan Mengenyangkan

Banyak yang menyebut laklak mirip dengan serabi. Namun, tak sedikit pula yang menyebut makanan ini sebagai crepes ala masyarakat Bali. Biasanya, laklak juga kerap disertai dengan toping kekinian. Ada cukup banyak penjual laklak yang bisa Anda jumpai. Laklak biu Men Bayu kerap menjadi pertimbangan para pengunjung, terletak di Pasar Penebel. Alternatif lain, bisa pula memilih Laklak Men Gabruk yang ada di Denpasar.

3. Jaja bendu

Jajanan Khas Bali 3 » 5 Jajanan Khas Bali yang Cocok untuk Para Pencinta Kuliner Manis

Para pencinta manis berikutnya juga bisa mempertimbangkan untuk mencicipi manisnya camilan bernama jaja bendu. Seperti halnya jaje lukis, jaja bendu dibuat dengan bahan utama tepung ketan. Di dalamnya, Anda akan menjumpai parutan kelapa yang bercampur dengan gula bali. Sebagai pelengkap, jajanan ini biasanya dibungkus menggunakan daun pisang pada bagian luarnya.

4. Jaja wajik

Jajanan Khas Bali 4 » 5 Jajanan Khas Bali yang Cocok untuk Para Pencinta Kuliner Manis

Jajanan tradisional yang manis berikutnya dari Bali adalah jaja wajik. Jajanan ini dibuat dengan bahan utama berupa ketan. Selanjutnya, ketan yang sudah diproses akan dicampur dengan bahan lainnya seperti gula pasir, gula merah, serta santan. Tidak ketinggalan, pembuatan jaja wajik juga kerap disertai dengan daun pandan yang memberikan bau wangi serta khas pada makanan ini.

baca juga: 5 Makanan Khas Bali yang Mendunia dan Diburu Para Wisatawan

5. Bubur injin

Jajanan Khas Bali 5 » 5 Jajanan Khas Bali yang Cocok untuk Para Pencinta Kuliner Manis

Bubur injin menjadi pertimbangan selanjutnya kalau ingin berburu jajanan tradisional Bali yang manis dan enak. Bubur tradisional ini sebenarnya juga dapat dengan mudah ditemukan di wilayah lainnya di Indonesia. Apalagi, bubur injin sebenarnya hanya merupakan bubur ketan hitam yang kemudian dibubuhi dengan santan kental. Selanjutnya, Anda juga bisa menemukan keberadaan potongan nangka di dalam bubur ini.

Nah, itulah pertimbangan 5 kuliner manis yang bisa Anda dapatkan selagi berkunjung ke Pulau Bali. Dari lima jajanan tersebut, mana yang menjadi jajanan kesukaan Anda?