5 Makanan Khas Bali yang Mendunia dan Diburu Para Wisatawan

Makanan Khas Bali yang Mendunia

Aktivitas liburan ke Bali memang selalu menawarkan banyak pengalaman seru. Di sini, Anda dapat menjumpai berbagai destinasi wisata alam memukau. Di sini, para wisatawan juga punya kesempatan untuk mencicipi makanan khas Bali yang mendunia. Meski memiliki label sebagai makanan tradisional, kuliner-kuliner khas Bali tersebut memiliki cita rasa yang dinikmati banyak orang.

Nah, dari sekian banyak kuliner khas yang ada di Bali, berikut ini 5 rekomendasi makanan khas Bali yang mendunia dan banyak diburu wisatawan:

1. Babi guling

Makanan Khas Bali yang Mendunia 1 » 5 Makanan Khas Bali yang Mendunia dan Diburu Para Wisatawan

Makanan khas Bali yang mendunia berikutnya adalah babi guling. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan babi berusia muda yang dipanggang secara utuh. Hasilnya, Anda bisa memperoleh daging dengan tekstur krispi serta agak juicy. Di dalamnya, babi ini juga biasa disertai dengan baluran bumbu rempah-rempah.

baca juga: Two Fat Monks Denpasar yang Kini Menjadi Tempat Nongkrong dan Rapat Seru di Tengah Kota

Di Bali, Anda bisa menjumpai banyak warung makan yang menyediakan menu babi guling. Kalau Anda berada di Seminyak, Babi Guling Pak Malen bisa menjadi pertimbangan. Selain itu, ada pula warung babi guling terkenal lainnya seperti Babi Guling Ibu Oka, Babi Guling Bu Dayu, ataupun Babi Guling Selingsing Cepaka.

2. Sate lilit

Makanan Khas Bali yang Mendunia 2 » 5 Makanan Khas Bali yang Mendunia dan Diburu Para Wisatawan

Kuliner tradisional khas Bali yang mendunia selanjutnya adalah sate lilit. Sate ini biasanya dibuat dengan bahan utama daging ikan laut. Namun, Anda juga dapat menjumpai kuliner ini dengan bahan dari daging ayam. Dalam proses pembuatannya, daging ayam dan ikan yang sudah digiling disertai dengan kelapa parut dan kemudian dililitkan memakai bambu atau batang sereh.

3. Ayam atau bebek betutu

Kuliner betutu menjadi pertimbangan selanjutnya yang bisa ditemukan di Bali dan selalu menjadi buruan para wisatawan mancanegara. Betutu dapat disajikan dengan bahan utama berupa daging ayam atau daging bebek. Anda pun dapat menemukan sajian betutu dalam bentuk utuh.

Makanan Khas Bali yang Mendunia 3 » 5 Makanan Khas Bali yang Mendunia dan Diburu Para Wisatawan

Ayam serta bebek betutu tradisional Bali dibuat dengan cara yang cukup lama. Biasanya, untuk membuat makanan ini memerlukan durasi sekitar 12 jam. Beberapa lokasi tempat makan di Bali masih menggunakan metode tradisional. Namun, tak sedikit pula yang memilih memakai metode modern.

4. Nasi campur

Saat ke Bali, para wisatawan mancanegara juga banyak yang berburu kuliner nasi campur. Para turis mancanegara tersebut menganggap kalau nasi campur tak ubahnya seperti sajian rijstaffel mini. Rijstaffel sendiri merupakan cara menikmati makanan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Belanda.

baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Pinggir Jalan di Bali yang Murah dan Mengenyangkan

Makanan Khas Bali yang Mendunia 4 » 5 Makanan Khas Bali yang Mendunia dan Diburu Para Wisatawan

Pada rijstaffel, Anda bisa menemukan berbagai jenis sajian di atas meja. Nah, cara penyajian berbagai jenis makanan tersebut, mirip dengan nasi campur. Hanya saja, berbagai menu tersebut disajikan menggunakan piring. Anda bisa menjumpai lauk dalam berbagai jenis, termasuk di antaranya sate lilit, ayam suwir, lawar, dan lain-lain.

baca juga: The Grey Hotel Legian, Penginapan Murah dan Nyaman Milik Artis Dangdut Thomas Jorghi

5. Lawar

Makanan Khas Bali yang Mendunia 5 » 5 Makanan Khas Bali yang Mendunia dan Diburu Para Wisatawan

Rekomendasi kuliner selanjutnya adalah lawar. Makanan ini kerap menjadi pilihan utama para penikmat kuliner vegetarian. Makanan ini dibuat dari berbagai jenis sayuran, termasuk di antaranya adalah kacang panjang, nangka, parutan kelapa, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan varian lawar dalam berbagai jenis, dengan disertai daging bebek, ayam, serta babi.

Itulah 5 rekomendasi makanan khas Bali yang mendunia. Saat berkunjung ke pulau ini, Anda dapat menyempatkan waktu untuk mencicipi deretan kuliner tersebut.