Ayam Betutu Men Tempeh, Sajian Kuliner Tradisional Legendaris Sejak Tahun 1978 yang Menggugah Selera

Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam betutu jadi kuliner wajib saat liburan ke Bali. Nah, Ayam Betutu Men Tempeh jadi lokasi yang tepat untuk mencicipi kuliner ini. Apalagi, warung tradisional ini merupakan salah satu warung legendaris yang ada di Bali. Memiliki sajian ayam betutu yang lezat, warung ini telah berdiri sejak tahun 1978.

Kelezatan ayam betutu di warung ini memang sudah sangat terkenal. Banyak wisatawan yang menyempatkan waktu untuk datang ke sini. Sajian menu ayam betutu di sini memang sangat sederhana. Anda bisa memilih untuk menyantap ayam betutu secara langsung di warung atau bisa pula membungkusnya.

Ayam Betutu Men Tempeh 1 » Ayam Betutu Men Tempeh, Sajian Kuliner Tradisional Legendaris Sejak Tahun 1978 yang Menggugah Selera

via Trip Advisor

Popularitas Warung Ayam Betutu Men Tempeh bisa terlihat dari lokasi warungnya. Tempat makan ini memang punya lokasi yang tersembunyi, tepatnya di kawasan terminal lama Gilimanuk. Nah, di area sekitar warung ini, Anda akan mendapati beberapa warung dengan nama serupa.

baca juga: Puri Anyar Kerambitan, Sajikan Pertunjukan Beragam Kesenian Tradisional Bali

Dengan kondisi tersebut, tidak heran kalau para wisatawan kerap bertanya-tanya, mana warung yang asli? Perlu diketahui, semuanya memang menyajikan menu ayam betutu. Namun, hanya satu yang asli, yakni warung yang terletak di lokasi paling atas. Sementara itu, warung lainnya merupakan tempat makan yang didirikan oleh mantan karyawan serta saudara Men Tempeh.

Sejarah Ayam Betutu Men Tempeh

Dengan fenomena kemunculan warung abal-abal tersebut, tentu membuat Anda bertanya-tanya, siapakah sosok Men Tempeh atau Ibu Tempeh? Beliau tidak lain adalah pendiri warung ini yang memiliki nama lengkap Ni Wayan Tempeh. Bersama dengan suaminya yang bernama I Nyoman Suratna, Men Tempeh mendirikan warung ayam betutu.

Awalnya, ayam betutu buatan Men Tempeh tidak terlalu terkenal. Namun, dengan kelezatan yang dimilikinya, nama Men Tempeh mulai dikenal luas. Ciri khas yang membuat cita rasa ayam betutu di sini berbeda dengan di tempat lain adalah sambal super pedasnya.

baca juga: Warung Dandelion Canggu, Rumah Makan Tradisional dengan Nuansa yang Nyaman dan Menenangkan

Selain memiliki cita rasa pedas yang khas, Anda juga bisa membedakan warung yang asli dengan palsu cukup mudah. Caranya, tinggal melihat ada tidaknya foto Men Tempeh yang dipajang di dalam ruangan. Warung Men Tempeh yang asli memajang foto beliau yang memperlihatkan penampilan Men Tempeh dengan foto hitam putih.

Ayam Betutu Men Tempeh 2 » Ayam Betutu Men Tempeh, Sajian Kuliner Tradisional Legendaris Sejak Tahun 1978 yang Menggugah Selera

via Punapi Bali

Ayam betutu di warung ini menjalani proses yang cukup panjang sebelum akhirnya disajikan ke meja pengunjung. Ayam sebelumnya telah dikukus bersama dengan berbagai jenis bumbu. Agar lebih merasuk, bumbu itu dimasukkan ke dalam rongga perut ayam. Selain itu, ayam yang digunakan merupakan jenis ayam kampung.

Harga dan Pilihan Menu di Ayam Betutu Men Tempeh

Disebut sebagai warung ayam betutu, menu utama yang dimiliki oleh tempat makan ini tentu saja adalah ayam betutu. Anda bisa memilih sajian ayam betutu yang dalam kondisi digoreng.

Anda bisa memilih menyantap menu khas Bali ini secara langsung atau dibawa pulang untuk oleh-oleh. Harga seporsi ayam betutu di sini bisa diperoleh dengan banderol sekitar Rp90 ribu sampai Rp100 ribu. Oh iya, menu ayam di sini aman dibawa pulang dan bisa tahan seharian.

Lokasi Ayam Betutu Men Tempeh

Untuk mencicipi ayam betutu Men Tempeh yang asli, Anda bisa secara langsung berkunjung ke warungnya di area terminal lama Gilimanuk. Jaraknya sekitar 500 meter dari terminal penyeberangan Pelabuhan Gilimanuk.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ayam tradisional Bali buatan Men Tempeh ini di lantai 2 Krisna Gallery and Resto yang beralamat di Jalan Diponegoro No.146, Denpasar. Restoran ini dapat dikunjungi dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.