Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud, Upaya Menjaga Kelestarian Bebek Betutu Otentik

Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud

via Bukalapak

Banyak tempat makan enak yang menawarkan kuliner tradisional berupa bebek betutu khas Bali. Namun, hanya sedikit kedai yang benar-benar memasak bebek betutu dengan cara otentik. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi kalau ingin mencicipi bebek betutu orisinal adalah Kedai Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud.

Bebek Betutu Ketut Rimpin menjadi deretan kuliner betutu enak yang bisa Anda jumpai di Bali. Menariknya, tak jauh dari lokasi Kedai Ketut Rimpin, Anda bisa pula mencicipi kuliner betutu terkenal lainnya. Kedai yang dimaksud adalah Kedai Ayam Betutu Pak Sanur, yang jaraknya hanya selempar batu dari Kedai Ketut Rimpin.

Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud 1 » Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud, Upaya Menjaga Kelestarian Bebek Betutu Otentik

via Kompas

Hanya saja, perbedaannya Kedai Pak Sanur menggunakan bahan utama daging ayam. Sementara itu, Ketut Rimpin secara khusus menawarkan kuliner betutu dengan bahan utama daging bebek. Dengan pilihan seperti ini, Anda dapat memilih kuliner betutu enak sesuai dengan selera masing-masing.

Butuh Waktu Memasak 12 Jam di Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud

Keotentikan resep bebek betutu yang ada di Kedai Ketut Rimpin Ubud didapatkan karena pola memasak yang masih tradisional. Di sini, Ketut Rimpin berupaya untuk memasak menggunakan daun pohon pinang yang kemudian berpadu dengan jerami kering dan kulit ari beras di atasnya. Proses pemasakan dengan cara ini membutuhkan waktu sangat lama, kurang lebih 12 jam.

Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud 3 » Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud, Upaya Menjaga Kelestarian Bebek Betutu Otentik

via Bukalapak

Cara memasak bebek betutu dengan metode tradisional ini memang tidak terlalu ribet. Hanya saja, dalam proses pembuatannya, Ketut Rimpin tidak memiliki takaran yang jelas mengenai baluran bumbu yang digunakan pada daging bebek. Setiap proses yang dilakukan oleh Ketut Rimpin berasal dari pengalamannya yang telah terbiasa memasak bebek betutu sejak tahun 1975.

baca juga: Ayam Betutu Pak Sanur Ubud, Kuliner Tradisional yang Masih Otentik Sejak 1987

Dalam sehari, jumlah bebek betutu yang dimasak oleh Ketut Rimpin tidak banyak. Biasanya, dia hanya menyediakan 5 ekor bebek betutu yang siap disajikan. Minimnya persediaan bebek betutu di Ketut Rimpin karena harga yang terlalu mahal. Masyarakat serta para wisatawan pun lebih sering memilih untuk memesan ayam betutu dibandingkan bebek betutu karena harganya yang lebih murah.

Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud 2 » Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud, Upaya Menjaga Kelestarian Bebek Betutu Otentik

via Kompas

Satu ekor bebek betutu di Kedai Ketut Rimpin, bisa didapatkan dengan mengeluarkan uang Rp130 ribu. Selain mahal, proses pemasakan yang lama juga membuat Anda tidak bisa secara langsung mendapatkan kuliner khas Bali ini. Anda perlu memesan setidaknya sehari sebelumnya untuk bisa membawa pulang satu ekor bebek betutu otentik khas Ubud ini.

Momen paling ramai yang bisa Anda temukan di Kedai Bebek Betutu Ketut Rimpin adalah ketika pelaksanaan ritual keagamaan. Bebek betutu memang kerap menjadi bahan yang wajib hadir dalam setiap upacara keagamaan. Pada momen ini, Ketut Rimpin bisa mendapatkan pesanan dalam jumlah sangat banyak. Bahkan, dalam satu hari dia pernah harus membuat sebanyak 30 ekor bebek betutu.

baca juga: Mengenal Konsep Dewata Nawa Sanga dalam Kepercayaan Masyarakat Hindu Bali

Lokasi Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud

Meski disebut dengan kedai, Ketut Rimpin sejatinya tidak membuka kedai tempat makan. Berbeda dengan Ayam Betutu Pak Sanur, para pengunjung yang berniat untuk menikmati bebek betutu otentik di Ketut Rimpin hanya bisa membawanya pulang. Jadi, pastikan untuk memesan terlebih dahulu kalau ingin menikmati bebek betutu nikmat di sini, ya! Lokasinya sangat mudah ditemukan dan strategis, di Jl. Arjuna Nomor 10, Ubud.