Bendungan Benel Jembrana, Pilihan Tempat Wisata Alternatif Murah Meriah di Bali

Bendungan Benel Jembrana

Menemukan tempat wisata menarik di Bali begitu mudah. Kalau Anda bosan dengan destinasi wisata populer, dapat mencoba berkunjung ke wisata alternatif. Salah satunya adalah sebuah bendungan cantik yang ada di Jembrana, namanya Bendungan Benel Jembrana.

Bendungan Benel sendiri merupakan sebuah bendungan yang terbilang baru. Pembangunannya dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dimulai pada tahun 2006 dan diresmikan pada tahun 2010. Fungsi utama dari keberadaan bendungan ini adalah sebagai sumber air untuk warga sekitar.

Bendungan Benel Jembrana 3 » Bendungan Benel Jembrana, Pilihan Tempat Wisata Alternatif Murah Meriah di Bali

Berkat keberadaan Bendungan Benel Jembrana, warga sekitar dapat memperoleh pasokan sumber air bersih dengan lancar. Apalagi, ketika memasuki musim kemarau, warga sering mengalami kesulitan untuk mencari air bersih. Di waktu yang sama, kehadiran bendungan ini juga membuat suasana pemandangan di sekitarnya jadi lebih cantik.

Suasana Alami di Bendungan Benel Jembrana

Pembangunan bendungan ini memang secara khusus ditempatkan di area sekitar hutan lindung. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke tempat wisata alternatif ini, Anda akan menemukan area yang hijau dan asri. Sebagai pelengkap, Anda juga akan menemukan pemandangan berupa terasering sawah yang terlihat begitu cantik di bagian bawah bendungan.

Bendungan Benel Jembrana 2 » Bendungan Benel Jembrana, Pilihan Tempat Wisata Alternatif Murah Meriah di Bali

Bendungan Benel Jembrana memiliki ukuran yang begitu besar. Air yang ditampung di bendungan ini, digunakan untuk mengairi setidaknya lebih dari seribu hektare sawah milik warga sekitar. Oleh karena itu, tak heran kalau dalam proses pembangunannya, pemerintah menggelontorkan dana mencapai lebih dari 107 miliar.

baca juga: Asyiknya Liburan di Hamparan Pasir Hitam Pantai Delod Berawah Jembrana

Suasana alami yang bisa dijumpai di area sekitar bendungan, menjadikan tempat ini begitu menarik untuk dijadikan sebagai lokasi wisata alternatif. Apalagi, Anda juga tak perlu membayar biaya tiket masuk sepeserpun untuk menikmati keindahan alam di sekitar bendungan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar bendungan juga cukup beragam. Anda dapat mengadakan semacam aktivitas piknik kecil-kecilan di area tepi bendungan. Selain itu, bisa pula menjadikan bendungan ini sebagai area untuk berburu foto. Apalagi, suasana sore hari di bendungan terasa begitu menakjubkan.

Bendungan Benel Jembrana 1 » Bendungan Benel Jembrana, Pilihan Tempat Wisata Alternatif Murah Meriah di Bali

Kalau belum cukup, Anda juga bisa mencoba untuk memancing ikan selama berada di area bendungan. Sebagai sarana bersantai, terdapat bale begong yang berada tak jauh dari bendungan. Karena bale begong yang berada di atas bendungan, Anda akan memperoleh pemandangan bendungan secara menyeluruh dari sini.

baca juga: Pantai Perancak Jembrana, Pantai Indah di Bali Barat

Lokasi Bendungan Benel Jembrana

Untuk menuju ke tempat wisata alternatif ini, Anda bisa datang secara langsung ke lokasinya yang berada di Dusun Mekar Sari, Desa Manistutu yang masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Untuk menjangkau tempat wisata ini dari Kota Denpasar, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, mencapai 100 km.

Akses menuju ke tempat ini dapat Anda lakukan dengan menyewa kendaraan, baik roda empat ataupun roda dua. Di sini, Anda memang tak perlu membayar tiket masuk. Namun, bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan, perlu membayar tiket untuk parkir. Parkir untuk kendaraan roda empat, dikenakan Rp5 ribu. Sementara itu, untuk sepeda motor, tarifnya hanya Rp2 ribu.

Dengan tarif murah meriah tersebut, Anda bisa berkunjung ke tempat ini tanpa perlu biaya yang besar. Apalagi, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk mendatangi wisata menarik lainnya di Jembrana, termasuk di antaranya adalah melihat tradisi Makepung.

Foto via Wisata Bali Barat