Berburu Foto Instagramable di Pohon Raksasa Desa Tua Berusia 500 Tahun Lebih

pohon raksasa desa tua

via Bali Express

Keindahan alam yang memukau membuat Bali begitu terkenal di kalangan wisatawan. Bahkan, liburan ke Bali juga bisa Anda lakukan dengan menyaksikan fenomena unik dengan berkunjung ke pohon raksasa di Desa Tua yang telah berusia lebih dari 500 tahun. Keberadaan pohon raksasa ini telah viral sejak tahun 2013, dan sampai sekarang kerap dikunjungi para wisatawan yang ingin berburu foto instagramable.

Pohon Raksasa Desa Tua 1 819x1024 » Berburu Foto Instagramable di Pohon Raksasa Desa Tua Berusia 500 Tahun Lebih

via Instagram

Fenomena pohon raksasa di Desa Tua ini memang cukup unik. Apalagi, pohon raksasa ini bukanlah satu-satunya pohon berusia ratusan tahun yang bisa dijumpai di Pulau Bali. Ada pula pohon serupa yang dikenal dengan nama Bunut Bolong di Kabupaten Jembrana. Pohon ini tidak hanya memiliki bentuk yang unik, tetapi juga dikenal sebagai pohon yang memiliki unsur religius dan mistis.

baca juga: Bebek Betutu Ketut Rimpin Ubud, Upaya Menjaga Kelestarian Bebek Betutu Otentik

Pohon Raksasa Desa Tua Terkenal Angker

Masyarakat Desa Tua kerap menyebut pohon raksasa yang diketahui berasal dari jenis Ficus benjamina sebagai pohon yang angker. Apalagi, pohon ini juga dikenal sebagai salah satu jenis pohon beringin dengan sulur yang panjang. Masyarakat sekitar kerap menghubungkan eksistensi pohon raksasa ini dengan zaman kerajaan.

Pohon Raksasa Desa Tua 2 » Berburu Foto Instagramable di Pohon Raksasa Desa Tua Berusia 500 Tahun Lebih

via Bali Express

Opini mengenai pohon yang memiliki keterkaitan dengan zaman kerajaan memang bukan tanpa sebab. Masyarakat setempat kerap mendengar adanya alunan musik gamelan yang bersumber dari pohon beringin raksasa setinggi 50 meter ini. Konon, masyarakat percaya bahwa gamelan tersebut berasal dari perangkat alat musik dan perang yang tertimbun di bawah pohon.

baca juga: Liburan Singkat saat Transit di Bandara Ngurah Rai Bali? Ini Pilihan Aktivitas Serunya!

Nuansa mistis yang melingkupi pohon raksasa ini juga kerap membuat wilayah di sekitarnya dipilih sebagai lokasi bermeditasi. Orang-orang yang melakukan meditasi di sekitar pohon, percaya kalau mereka bisa memperoleh sesuatu dari aktivitas yang dilakukannya. Menariknya lagi, mereka yang datang tidak hanya berasal dari Desa Tua, tetapi juga dari wilayah luar desa.

Masyarakat desa setempat juga menyediakan kenyamanan bagi para wisatawan serta pengunjung yang ingin melakukan meditasi di sekitar pohon. Hal itu dibuktikan dengan penyediaan upakara oleh masyarakat setempat. Dengan suasana alami yang ada di sekitar pohon raksasa di Desa Tua, aktivitas meditasi bisa dilakukan dengan nyaman dan khidmat.

Pohon Raksasa Desa Tua 3 » Berburu Foto Instagramable di Pohon Raksasa Desa Tua Berusia 500 Tahun Lebih

via Kabar Komik

Semedi bukanlah satu-satunya aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan selagi berkunjung ke pohon raksasa di Desa Tua. Anda dapat pula menghabiskan waktu dengan berburu foto instagramable yang cantik. Apalagi, pohon ini memiliki akar berukuran besar yang berbentuk unik. Batangnya juga berukuran sangat besar, dengan diameter mencapai 6 meter.

baca juga: Restoran Gokana Ramen and Teppan Denpasar, Solusi Mencari Tempat Makan Murah, Halal, dan Porsi Jumbo

Lokasi Pohon Raksasa Desa Tua Bali

Pohon tua yang berusia lebih dari 500 tahun ini dijaga dengan sangat hati-hati oleh warga Desa Tua. Bahkan, Anda bisa menjumpai keberadaan juru kunci yang secara khusus menjaga keberadaannya. Mengenai lokasinya, pohon raksasa ini dapat dijumpai di wilayah Banjar Bayan yang ada di Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan.

Lokasi dari pohon raksasa ini bisa Anda jumpai tepat di belakang Pura Babakan Banjar Bayan. Karena lokasinya yang berada di dekat pura, tak heran kalau masyarakat bisa memelihara keberadaan pohon ini dengan lebih mudah. Selain itu, posisi ini juga mengharuskan para wisatawan untuk bersikap santun selama berkunjung.