Desa Sobangan Mengwi, Wisata Desa yang Cantik dengan Kebun Bunga Warna-warni

Desa Sobangan Mengwi

via Kompasiana

Nama Desa Sobangan Mengwi sebagai destinasi wisata memang kurang begitu familier. Namanya masih kalah populer kalau dibandingkan dengan Desa Penglipuran, Desa Taro, ataupun Desa Tenganan. Meski begitu, desa yang satu ini menawarkan pengalaman liburan yang tidak kalah menyenangkan. Apalagi, Desa Sobangan terkenal dengan hamparan kebun bunga warna-warninya.

Desa Sobangan Mengwi 1 1024x1024 » Desa Sobangan Mengwi, Wisata Desa yang Cantik dengan Kebun Bunga Warna-warni

via Indonesia Itu Indah

Di waktu yang sama, Desa Sobangan merupakan desa wisata yang menjaga tradisi leluhur secara turun-temurun. Keindahan alam yang ada di desa ini juga mereka manfaatkan untuk menjadikan Desa Sobangan sebagai tempat wisata populer. Di waktu yang sama, keindahan alam tersebut juga membuat masyarakat Desa Sobangan punya pemasukan tambahan.

baca juga: Desa Wisata Kapal Mengwi, Desa dengan Tradisi Unik dan Menarik di Bali

Kebun Bunga Gumitir dan Pacar Air di Desa Sobangan Mengwi

Komoditas perkebunan utama yang bisa Anda temukan di Desa Sobangan adalah bunga gumitir dan bunga pacar air. Kebutuhan kedua jenis bunga ini memang begitu tinggi. Apalagi, bunga gumitir dan bunga pacar air merupakan jenis bunga yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Bali untuk kebutuhan persembahyangan.

Desa Sobangan Mengwi 3 1024x682 » Desa Sobangan Mengwi, Wisata Desa yang Cantik dengan Kebun Bunga Warna-warni

via Desa Sobangan

Keberadaan kebun bunga gumitir serta kebun bunga pacar air membuat desa ini jadi destinasi wisata instagramable. Bunga gumitir dengan warna jingga, menawarkan pemandangan yang cantik. Sementara itu, hamparan kebun dengan bunga pacar air berwarna merah juga menawarkan keindahan yang tidak kalah cantik.

baca juga: Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud, Tawarkan Suasana yang Lebih Dekat dengan Budaya Tradisional Bali

Para wisatawan dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung dan berburu foto instagramable di kebun bunga gumitir ataupun kebun bunga pacar air di Desa Sobangan. Hanya saja, kebun-kebun yang ada di Desa Sobangan bukan merupakan kebun wisata. Oleh karena itu, ketika Anda berkunjung ke sana, pastikan untuk meminta izin kepada pemilik kebun terlebih dahulu.

Desa Sobangan Mengwi 2 1024x652 » Desa Sobangan Mengwi, Wisata Desa yang Cantik dengan Kebun Bunga Warna-warni

via Kompasiana

Selain Anda punya kesempatan berkunjung ke sawah milik warga Desa Sobangan. Apalagi, cukup banyak warga desa yang memiliki sawah dengan tanaman padi di dalamnya. Jumlah sawah yang bisa Anda temukan di Desa Sobangan juga cukup luas. Mengingat, padi juga merupakan salah satu komoditas utama di desa ini.

Kebun serta sawah yang ada di Desa Sobangan memang bisa berkembang dengan baik. Tanah di desa ini, terkenal sebagai tanah yang begitu subur. Selama di sini, Anda pun akan merasakan suasana yang sangat sejuk dan indah.

baca juga: Desa Wisata Blimbingsari, Wisata Budaya Sekaligus Bukti Toleransi Beragama di Bali

Bahkan, di kejauhan Anda bisa secara langsung menyaksikan pemandangan gunung yang cantik. Berpadu dengan kebun bunga warna-warni, pemandangan seperti ini seolah-olah seperti tengah berada di surga tersembunyi.

Lokasi Desa Sobangan Mengwi

Desa Sobangan sendiri merupakan salah satu desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Mengwi di Kabupaten Badung. Di desa ini, Anda akan menjumpai 4 banjar, yakni Banjar Dukuh Moncos, Banjar Tegalnarungan, Banjar Selat, serta Banjar Tengah.

Untuk menuju ke Desa Sobangan, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 40 menit berkendara dari Kota Denpasar. Desa Sobangan juga bisa Anda temukan berada tak jauh dari beberapa tempat wisata terkenal di Bali, termasuk di antaranya adalah Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Kanto Lampo, ataupun Goa Gajah.

Itulah informasi wisata mengenai keberadaan Desa Sobangan yang bisa Anda masukkan sebagai salah satu tempat wisata ketika berlibur ke Bali. Semoga membantu, ya!