Gili Tepekong Padang Bai, Pengalaman Menikmati Alam Bawah Laut Tercantik di Bali

Gili Tepekong Padang Bai

Menemukan spot diving yang indah di Bali begitu banyak. Pantai Amed terkenal sebagai salah satu wilayah yang disukai oleh para wisatawan yang hobi diving dan snorkeling. Selain itu, kawasan Padang Bai juga tak kalah terkenalnya, utamanya di spot Gili Tepekong Padang Bai.

Keindahan alam bawah laut di Gili Tepekong pun mampu menarik minat para diver dari berbagai negara. Hanya saja, pengalaman menyelam di perairan ini tidak ditujukan untuk para penyelam pemula. Hanya mereka yang telah berpengalaman bisa menikmati pemandangan alam bawah laut secara menyeluruh di Gili Tepekong Padang Bai.

Keindahan Alam Bawah Laut Gili Tepekong Padang Bai

Perairan di Gili Tepekong Padang Bai merupakan area laut lepas dengan arus yang kuat. Dengan arus yang bisa cukup mengganggu tersebut, tidak heran kalau perairan di wilayah ini hanya diperuntukkan bagi para penyelam yang telah melakukan setidaknya 50 kali penyelaman.

Gili Tepekong Padang Bai 1 1024x683 » Gili Tepekong Padang Bai, Pengalaman Menikmati Alam Bawah Laut Tercantik di Bali

baca juga: Pantai Gili Putih Sumberkima, Pantai Pasir Cantik yang Unik dan Selalu Berubah Bentuk

Keberadaan arus laut yang begitu kuat di perairan Gili Tepekong Padang Bai juga memberikan berkah tersendiri. Hal tersebut membuat perairan ini begitu kaya akan beragam jenis ikan. Alhasil, keberadaan beragam jenis ikan di sini juga membuat perairan ini dipenuhi oleh ikan predator seperti ikan pari, barakuda, ataupun hiu.

Terumbu karang yang ada di sini memang tidak begitu luas. Keberadaannya hanya bisa dijumpai dalam ukuran yang kecil. Alasannya, lagi-lagi karena keberadaan arus laut yang begitu kuat. Meski begitu, perairan di sekitar Gili Tepekong Padang Bai memiliki ciri khas pada keberadaan formasi batu berwarna hitam yang merupakan batu vulkanik.

Selain itu, ada pula gua yang menarik untuk ditelusuri selama menyelam di Gili Tepekong. Hanya saja, Anda harus berhati-hati, karena gua yang ada di sini terkadang merupakan gua tempat tinggal para hiu. Oleh karena itu, para diver disarankan untuk menggunakan jasa operator diving yang tepercaya untuk bisa mendapatkan pengalaman menyelam terbaik.

Spot Menyelam Terbaik di Gili Tepekong Padang Bai

Selama berkunjung ke Gili Tepekong di Bali, Anda akan menjumpai deretan spot diving yang menarik untuk ditelusuri. Spot The Canyon, yang juga disebut dengan nama Toilet Bow serta Pulau Kambing, bisa jadi persinggahan pertama. Spot diving yang satu ini bisa dijumpai di bagian barat dari pulau.

baca juga: Warung Padang Kecag Candidasa, Restoran Padang yang Tak Menyajikan Makanan Padang

Arus yang menantang bakal jadi hal yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke sini. Oleh karena itu, operator diving biasanya memberi keputusan penyelaman pada detik-detik akhir keberangkatan. Namun, ketika sampai di spot diving ini, Anda akan benar-benar terpesona, seperti memasuki area amphitheater dengan suguhan pemandangan natural.

Lokasi Gili Tepekong Padang Bai

Untuk menuju ke spot diving Gili Tepekong, Anda bisa berangkat menuju ke Padang Bai. Di sini, terdapat kapal yang melayani keberangkatan menuju ke sana. Selain itu, ada pula keberangkatan yang berasal dari Candidasa. Durasi perjalanan tidak terlalu lama, sekitar 15 sampai 20 menit.

Lokasi Gili Ketapang berada tidak jauh dari 2 pulau kecil lainnya, yakni Gili Mimpang dan Gili Biaha. Ketiganya, sudah lama disebut sebagai area diving terbaik dunia yang dimiliki oleh Pulau Bali. Nah, kalau banyak wisatawan asing yang menikmati keindahan alam di sana, kenapa kita enggak?

Foto via Geko Dive Bali