Grand Inna Bali Beach, Hotel Bintang 5 Pertama dan Tertua di Pulau Dewata

Grand Inna Bali Beach

Hotel mewah di Bali saat ini bisa dijumpai di berbagai wilayah. Anda dapat menemukan penginapan mewah di tepi pantai atau tengah kota. Namun, situasi yang jauh berbeda pada masa lalu. Pada zaman dulu, keberadaan hotel masih sangat langka. Grand Inna Bali Beach memiliki reputasi sebagai hotel bintang pertama dan tertua di Bali.

Grand Inna Bali Beach 2 1024x683 » Grand Inna Bali Beach, Hotel Bintang 5 Pertama dan Tertua di Pulau Dewata

Hotel Grand Inna merupakan bangunan penginapan bersejarah yang proses pendiriannya dilakukan dengan inisiatif dari Presiden Ir. Soekarno. Pendirian bangunan hotel mewah ini berlangsung pada akhir-akhir masa kepemimpinan Soekarno, yaitu pada tahun 1963. Saat itu, Grand Inna Bali dikenal sebagai hotel mewah bintang 5 pertama di Bali.

baca juga: Sabung Ayam Tajen Bali, Tradisi Kuno Sebagai Bentuk Persembahan Kepada Dewa

Sejarah Berdirinya Hotel Bintang 5 Pertama di Bali

Saat awal pendiriannya, Grand Inna dikenal dengan nama Bali Beach Hotel. Saat itu, bangunan mewah dari hotel ini terletak di antara bangunan rumah Le Mayeur serta Segara Beach yang dikenal sebagai hotel pertama dan tertua di Bali. Bangunan ini menyediakan akses penginapan mewah nyaman yang hanya berjarak beberapa langkah dari Pantai Sanur.

Grand Inna Bali Beach 1 » Grand Inna Bali Beach, Hotel Bintang 5 Pertama dan Tertua di Pulau Dewata

Inisiatif pembangunan hotel mewah ini berasal dari Pemerintah. Dana yang dipakai untuk pembangunannya, berasal dari dana rampasan perang. Selanjutnya, pendirian bangunan hotel eksklusif ini juga mengambil lahan yang sebelumnya ditempati oleh Segara Beach Hotel. Pembangunannya pun dilakukan dengan bentuk yang mewah, dengan bangunan setinggi 10 lantai.

Bangunan hotel ini memiliki desain arsitektur yang mewah. Karena kemewahannya itu, Grand Inna Beach juga memiliki status sebagai bangunan pencakar langit pertama di Bali. Saat itu, regulasi terkait pendirian bangunan megah dan tinggi memang belum diberlakukan oleh pemerintah. Oleh karena itu, tidak ada permasalahan dalam pendiriannya.

Desain Interior Mewah Hotel Grand Inna Beach Bali

Sebagai hotel bintang 5, Grand Inna Beach memiliki desain interior mewah. Saat ini, Grand Inna berada di bawah manajemen PT Hotel Indonesia Natour (Persero) dan dikenal sebagai hotel paling luas di Bali. Kompleks bangunan hotel ini memiliki ukuran mencapai 42 hektare. Total kamar yang ada di hotel ini juga sangat banyak, mencapai 523 ruangan.

baca juga: Liburan ke Bali saat Perayaan Nyepi, Ini 5 Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan

Grand Inna Bali Beach 3 1024x682 » Grand Inna Bali Beach, Hotel Bintang 5 Pertama dan Tertua di Pulau Dewata

Saat menginjakkan kaki ke dalam area hotel, Anda akan menjumpai patung perunggu raksasa yang terlihat mencolok. Patung ini terbuat dari bahan perunggu dengan ketinggian mencapai 2 meter dan merupakan karya dari seniman Nyoman Nuarta. Sebagai informasi, beliau juga dikenal sebagai pemahat Patung GWK Bali serta Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya.

baca juga: Info Lengkap Jadwal dan Tarif Kapal Ferry Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Keberadaan hotel ini pun menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan kawasan Sanur sebagai destinasi wisata. Dulu, pantai ini hanya pantai biasa yang digunakan sebagai lokasi melarung. Keberadaan hotel ini kemudian mengikuti perkembangan Pantai Sanur sehingga saat ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Pulau Dewata.

Meski sudah berusia tua, lebih dari 50 tahun, Grand Inna Beach tetap menjadi salah satu rekomendasi hotel mewah terbaik di Bali. Apalagi, pengelola hotel telah melakukan renovasi gedung sehingga bangunan masih terjaga dengan baik. Keberadaan gedung ini juga menjadi pilihen tempat menginap para diplomat serta pejabat dari berbagai negara yang tengah datang ke Bali.

Itulah informasi terkait sejarah keberadaan hotel mewah tertua yang ada di Pulau Bali. Semoga bermanfaat.