Info Lengkap Jadwal dan Tarif Kapal Ferry Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

kapal penyeberangan ke Bali

via Wikipedia

Liburan ke Bali bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai jalur transportasi. Jalur transportasi darat yang berasal dari Pulau Jawa, menjadi pilihan akses transportasi yang sangat populer. Ketika menggunakan jalur ini, Anda perlu melintasi Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi untuk bisa sampai ke Pelabuhan Gilimanuk.

kapal penyeberangan ke Bali 2 » Info Lengkap Jadwal dan Tarif Kapal Ferry Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

via Jatimnow

Terdapat kapal ferry yang secara rutin menyedikan layanan penyeberangan antara kedua pelabuhan tersebut. Kapal ferry yang disediakan untuk pemberian layanan ini adalah Kapal Roro. Kapal ini memiliki kapasitas sangat besar. Tidak hanya bisa menampung penumpang biasa, tetapi juga berbagai jenis kendaraan.

baca juga: 5 Rekomendasi Hotel Murah Dekat Kampus Udayana Jimbaran

Jadwal Keberangkatan Kapal Roro Penyeberangan Banyuwangi Menuju Bali

kapal penyeberangan ke Bali 1 1024x853 » Info Lengkap Jadwal dan Tarif Kapal Ferry Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

via Wikipedia

Jarak yang ditempuh antara Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk sekitar 50 km. Biasanya, perjalanan naik kapal ferry ini memakan waktu sekitar 45 menit. Selama di perjalanan, Anda bisa menikmati angin laut yang menyejukkan. Menyaksikan pemandangan laut kerap dipilih oleh para penumpang untuk mengurangi efek mabuk.

baca juga: Hotel Segara Beach Sanur, Hotel Pertama yang Menjadi Cikal Bakal Industri Pariwisata di Bali

Kapal Ferry Roro menjadi salah satu kapal penyeberangan yang paling sibuk di tanah air. Oleh karena itu, jadwal keberangkatan kapal penyeberangan ini memiliki intensitas tinggi. Dengan begitu, Anda tidak akan perlu menunggu waktu terlalu lama untuk bisa sampai di Gilimanuk.

Jadwal Kapal Ferry Roro dari Banyuwangi tersedia selama 24 jam setiap hari dalam satu minggu. Bahkan, kapal ini juga tetap beroperasi ketika hari libur. Bahkan, jumlah penumpang ketika memasuki momen liburan, bisa melonjak berkali-kali lipat. Untungnya, kapal ini menyediakan layanan penyeberangan dengan waktu keberangkatan setiap 30 menit.

baca juga: Mengenal Lebih Dekat Aksara Bali yang Memiliki Kerabat Dekat dengan Aksara Jawa

Harga Tiket Kapal Roro Penyeberangan Jawa Menuju Bali

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menyeberang dari Jawa menuju ke Bali sangat murah. Berikut ini daftar lengkap harga tiket yang perlu Anda bayarkan:

1. Penumpang tanpa kendaraan:
– Penumpang dewasa: Rp6.500
– Penumpang anak-anak: Rp4.500

2. Penumpang dengan kendaraan:
– Sepeda : Rp7.500
– Sepeda motor dengan kapasitas mesin di bawah 500 cc: Rp24.000
– Sepeda motor dengan mesin berkapasitas >=500 cc: Rp37.000
– Mobil penumpang dengan panjang <= 5 meter: Rp159 ribu
– Mobil barang <= 5 meter: Rp141 ribu
– Bus ukuran sedang <=7 meter : Rp302 ribu
– Truk berukuran sedang <=7 meter : Rp242 ribu
– Bus ukuran besar <=10 meter : Rp495 ribu
– Truk ukuran besar <= 10 meter: Rp395 ribu
– Truk trailer <= 12 meter: Rp505 ribu
– Truk trailer <=16 meter : Rp732 ribu
– Truk trailer > 16 meter Rp1,045 ribu

Tips Penting yang Perlu Diperhatikan saat Naik Kapal Ferry Penyeberangan ke Bali

Ketika menyeberang ke Bali dengan kapal ferry, Anda perlu memperhatikan kenyamanan diri sendiri. Jangan sampai perjalanan menjadi tidak nyaman karena persiapan yang kurang. Ada 3 tips penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Jaga keamanan barang. Jangan terlalu percaya dengan orang yang baru dikenal.
2. Persiapkan bekal makanan. Saat berada di atas kapal, Anda akan dihadapkan pada situasi yang terbatas. Kalaupun ada penjual, menu yang mereka tawarkan hanya berupa mi instan.
3. Info harga serta jadwal keberangkatan kapal penyeberangan ke Bali dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu.

Nah, itulah informasi lengkap terkait jadwal keberangkatan serta tarif kapal penyeberangan dari Pulau Jawa menuju ke Bali. Semoga informasi ini bisa membantu kelancaran Anda selama liburan ke Bali, ya!