Jukut Undis Buleleng, Kuliner Khas Bali yang Unik dengan Bahan Utama Kacang Hitam

Jukut Undis Buleleng

via Saschly Little Kitchen

Berburu kuliner khas Bali memang tak ada habisnya. Jukut undis Buleleng menjadi satu dari sekian banyak makanan khas Bali yang bisa Anda cicipi selagi di Pulau Dewata. Makanan yang satu ini berupa sup yang menggunakan bahan utama berupa kacang hitam. Karena menggunakan bahan utama berupa kacang hitam, sup ini pun terlihat begitu mencolok dengan kuah berwarna hitam.

Jukut Undis Buleleng 2 » Jukut Undis Buleleng, Kuliner Khas Bali yang Unik dengan Bahan Utama Kacang Hitam

via Piada Coz

Sup jukut undis Buleleng ini pun memiliki cita rasa yang enak dan berbeda dibandingkan dengan sup lain. Apalagi, kacang hitam yang disajikan dalam sup ini juga terkenal sebagai bahan yang kaya akan protein nabati. Oleh karena itu, jukut undis jadi pilihan makanan yang enak sekaligus menyehatkan.

Kacang hitam yang dibuat sebagai bahan utama kuliner ini biasa disebut dengan kacang gude atau juga kacang bali. Kacang jenis ini biasa digunakan sebagai bahan lalapan atau sayur ketika dalam kondisi masih muda. Kacang ini juga dipercaya bisa mengobati beragam jenis penyakit, termasuk di antaranya aadlah cacingan, batuk berdahak, demam, serta herpes.

baca juga: Standing Stones Restaurant Gianyar, Hadirkan Suasana Romantis ala Stonehenge Tepi Pantai

Bahan-Bahan untuk Membuat Jukut Undis Buleleng

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kuliner khas Bali ini cukup banyak. Kehadiran kacang hitam menjadi hal yang wajib. Selain itu, dalam pembuatannya, jukut undis juga disertai dengan beragam bahan lainnya, seperti kaldu sapi, bawang merah dan bawang putih, serai, daun salam, lengkuas, serta beragam jenis rempah.

Jukut Undis Buleleng 1 » Jukut Undis Buleleng, Kuliner Khas Bali yang Unik dengan Bahan Utama Kacang Hitam

via Saschly Little Kitchen

Proses pembuatan jukut undis Buleleng cukup lama. Apalagi, kacang yang dipakai dalam sup ini, terlebih dulu harus direndam selama 2 jam sebelum proses pemasakan. Selanjutnya, Anda bisa mencampurkannya dengan kaldu serta beragam jenis bumbu lain. Hal yang perlu diperhatikan, tidak ada proses pengulekan bumbu dalam pembuatan sup ini. Rempah yang dipakai hanya diiris kemudian digeprek sebelum dicampurkan ke kaldu.

baca juga: Serombotan Khas Klungkung, Kuliner Sehat, Murah, dan Halal dari Bali

Dalam penyajiannya, jukut undis khas Buleleng kerap disajikan sebagai menu pendamping. Sup jukut undis biasa dijadikan sebagai pelengkap ketika menyantap nasi campur khas Bali. Selain itu, bisa pula menjadikan jukut undis sebagai pelengkap ketika menikmati sudang lepet, kuliner khas lainnya yang bisa dijumpai di Buleleng.

Rekomendasi Warung yang Menyediakan Jukut Undis Buleleng yang Enak

Menemukan kuliner jukut undis khas Buleleng bisa jadi hal yang cukup menyulitkan selama di Bali. Kuliner yang satu ini memang sangat jarang disajikan oleh warung-warung tradisional di sana. Meski, kemungkinan untuk mendapatkan kuliner ini bakal cukup tinggi kalau Anda datang ke Buleleng secara langsung.

baca juga: Nasi Lawar Kuwir, Kuliner Halal Khas Bali dengan Tanpa Campuran Babi

Kalau enggan datang ke Buleleng, Anda juga bisa menjumpai kuliner khas Buleleng ini ketika berkunjung ke Sanur. Ada satu warung yang sudah terkenal dengan sajian jukut undis khas Buleleng, namanya Warung Jukut Undis. Warung ini dapat dijumpai di alamat Jl. Danau Buyan Nomor 42A, Sanur dengan nomor telepon 08123940229.

Warung ini biasa buka pada rentang antara pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore. Anda bisa mencicipi seporsi jukut undis dengan disertai nasi campur dengan harga yang cukup murah. Cukup dengan mengeluarkan uang sekitar Rp20 ribuan. Harga yang murah untuk kuliner yang sulit untuk ditemukan, bukan?

Selamat mencicipi, ya.