Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan, Warung Kopi Legendaris Sejak Tahun 1940

Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan

via Causa Karana (@causaimank)

Budaya minum kopi telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Budaya tersebut kini berkembang pesat seiring dengan munculnya kafe kekinian dengan beragam menu yang ditawarkan. Namun, Anda juga tetap bisa menjumpai warung kopi tradisional yang menawarkan kesan sederhana. Di Bali, kedai kopi semacam ini bisa dijumpai di Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan.

Warung Kopi M Aboe Talib bukanlah warung kopi biasa. Kedai kopi yang satu ini merupakan salah satu kedai legendaris yang ada di Kabupaten Tabanan. Keberadaan kedai kopi yang satu ini memang begitu spesial dan memiliki sejarah panjang. Sejarah keberadaan kedai kopi ini bisa ditelusuri bermula dari tahun 1940-an. Oleh karena itu, tak heran kalau menyebut kedai ini sebagai saksi sejarah perubahan zaman di Indonesia.

Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan 1 1024x1024 » Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan, Warung Kopi Legendaris Sejak   Tahun 1940

via @ronykabilly17

Suasana Cengapit di Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan

Ketika berkunjung ke Kedai M Aboe Talib, Anda tidak akan menjumpai suasana wah ataupun mencolok. Konsep yang diusung oleh pemilik kedai kopi ini memang sangat kontras dibandingkan dengan kafe kekinian yang kini begitu bertebaran di berbagai pelosok. Sebaliknya, Anda akan menjumpai suasana menikmati sajian kopi ala cengapit selama di sini.

Kedai kopi cengapit merupakan konsep warung kopi tradisional yang dulu banyak digunakan oleh warung kopi di Bali. Konsep cengapit merupakan konsep yang mendorong para pengunjungnya untuk bisa saling berinteraksi tanpa ada sekat apapun. Lewat konsep cengapit ini, para pengunjung akan merasakan suasana yang merdeka dan bisa bercerita apa saja dan kepada siapa saja.

Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan 2 1024x1024 » Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan, Warung Kopi Legendaris Sejak   Tahun 1940

via Causa Karana (@causaimank)

Untuk menciptakan suasana cengapit tersebut, Kedai M Aboe Talib disertai dengan dipan yang terbuat dari kayu. Dipan ini menjadi lokasi bersantai para pengunjung. Sembari mengobrol panjang, para pengunjung bisa menyantap berbagai menu. Menu yang paling sering dipesan tentunya adalah kopi. Apalagi, kopi yang ada di kedai ini proses penyajiannya dilakukan dengan tradisional.

Cara penyajian kopi di Kedai M Aboe Talib ini memang sangat sesuai dengan konsep cengapit yang mereka gunakan. Anda tidak akan menjumpai keberadaan alat-alat modern yang digunakan untuk menyajikan kopi. Sebaliknya, tersedia peralatan tradisional yang membuat para pengunjung bisa merasakan sensasi kopi dengan rasa berbeda.

baca juga: Warung Nasi Bebek Bu Rima Kuta Pilihan Kuliner Halal Enak di Bali

Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan 3 819x1024 » Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan, Warung Kopi Legendaris Sejak   Tahun 1940

via @jajansuka2

Sebagai contoh, jenis saringan yang digunakan di kedai ini bukanlah saringan yang biasa digunakan untuk brewing kopi di kafe kekinian. Sebaliknya, saringan yang digunakan berupa kain saring biasa. Penggunaan metode penyajian modern ini sengaja dilakukan oleh pemilik Kedai M Aboe Talib untuk mempertahankan kualitas rasa serta unsur legendaris yang digunakan sejak awal berdirinya kedai.

Lokasi Kedai Kopi M Aboe Talib Tabanan

Untuk bisa merasakan pengalaman menyeruput kopi legendaris di Kedai M Aboe Talib, Anda bisa datang ke lokasinya di alamat Jl. Gajah Mada Tabanan. Selain itu, Kedai Kopi M Aboe Talib kini juga telah membuka cabang yang berada di Kota Denpasar. Cabang di Denpasar tersebut dapat Anda temukan berada di Jl. Marlboro, Denpasar.

baca juga: Laklak Biu Men Bayu, Kuliner Tradisional Khas Penebel yang Selalu Diburu Wisatawan

Menariknya, cabang yang ada di Denpasar tetap berupaya untuk menghadirkan suasana serupa seperti di kedai utama Tabanan. Apalagi, kedai cabang Denpasar tersebut juga dijalankan oleh cucu dari M Aboe Talib yang merupakan pendiri kedai kopi. Hanya saja, ada sentuhan unsur modern dengan penggunaan konsep kafe kontainer.