Lawar Kuwir Pan Sinar, Pilihan Lawar Khas Bali Halal yang Legendaris

Lawar Kuwir Pan Sinar

Mencari kuliner lawar khas Bali tidak begitu sulit. Anda bisa menjumpai warung yang menyediakan kuliner ini di berbagai tempat. Hanya saja, kebanyakan lawar yang disediakan menggunakan bahan baku daging babi yang tak cocok dengan lidah wisatawan muslim. Meski begitu, bukan berarti Anda tak bisa menjumpai lawar halal di pulau ini. Salah satu pertimbangannya adalah dengan berkunjung ke Warung Lawar Kuwir Pan Sinar.

Sesuai dengan namanya, lawar yang disajikan di Lawar Kuwir Pan Sinar merupakan lawar dengan daging kuwir atau bebek. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan kehalalannya. Menariknya lagi, kuliner lawar kuwir di sini juga terjamin kelezatannya. Apalagi, warung lawar kuwir ini telah berdiri sejak tahun 1996.

Karena usianya yang begitu lama, tak heran kalau lawar kuwir di warung ini begitu terkenal. Bahkan, Lawar Kuwir Pan Sinar kerap disebut sebagai pioneer lawar dengan bahan daging kuwir.

lawar kuwir pan sinar 2 » Lawar Kuwir Pan Sinar, Pilihan Lawar Khas Bali Halal yang Legendaris

Lawar Kuwir Pan Sinar Menggunakan Daging Bebek Pilihan

Lawar Kuwir Pan Sinar yang dimiliki oleh pria bernama I Ketut Gina menyediakan lawar kuwir pilihan. Bebek yang digunakan untuk bahan pembuatan lawar kuwir di sini, bukanlah bebek biasa. Apalagi, I Ketut Gina berasal dari kawasan Klungkung yang terkenal sebagai wilayah sentra peternakan bebek di Bali.

baca juga: Lawar Putih Khas Bali, Kuliner Tradisional Halal untuk Traveler Muslim

I Ketut Gina menyediakan lawar kuwir dengan bahan utama bebek yang berusia delapan bulan. Dengan keahliannya dalam mengolah daging bebek, Ketut Gina berhasil meramu lawar kuwir yang terkenal enak. Dalam pengolahannya, Ketut Gina menggunakan bumbu genep atau bumbu lengkap khas Bali.

Cara Penyajian Lawar Kuwir Pan Sinar yang Menggugah Selera

Di Warung Lawar Kuwir Pan Sinar, Anda tidak akan menemukan menu selain lawar kuwir. Saat menyantap menu di sini, Anda tidak perlu khawatir rasanya. Apalagi, cara penyajian lawar kuwir di sini sengaja disajikan untuk meminimalkan efek negatif kolesterol yang ada dalam daging bebek.

baca juga: Lawar Merah Khas Bali, Kuliner Ekstrem dengan Campuran Darah

Caranya adalah dengan menggunakan daun belimbing. Lawar dengan campuran daun belimbing terbilang sebagai jenis lawar yang begitu jarang dijumpai. Keberadaan bahan ini, memiliki kegunaan dalam menetralkan efek kolesterol dalam daging bebek.

lawar kuwir pan sinar 1 » Lawar Kuwir Pan Sinar, Pilihan Lawar Khas Bali Halal yang Legendaris

Selain itu, Anda juga bisa memilih opsi komoh dalam sajian lawar kuwir di Warung Lawar Kuwir Pan Sinar. Ketika memesan menu ini, Anda bakal memperoleh semangkuk kaldu yang di dalamnya terdapat cincangan jeroan kuwir. Semua hidangan tersebut tersaji begitu enak dengan rasa pedas yang cukup sedang.

Harga Lawar Kuwir Pan Sinar

Satu paket lawar kuwir di warung Pan Sinar, bisa Anda peroleh dengan harga yang begitu murah. Seporsi nasi lawar kuwir bisa Anda peroleh dengan harga Rp30 ribu. Pada paket tersebut, Anda akan mendapatkan nasi putih sepiring, lauk lawar, sate lilit, betutu, lawar daun belimbing, suwir goreng, komoh, jukutares atau sayur batang pisang, serta segelas teh.

baca juga: Anjing Ras Kintamani, Anjing Asli Bali yang Lucu dengan Penampilan Mirip Siberian Husky

Untuk menikmati kuliner halal ini, Anda dapat berkunjung secara langsung ke lokasi warungnya yang ada di Denpasar. Untuk mencicipi kuliner ini, Anda dapat menuju ke Jalan Kembang yang bisa diakses dengan melewati Jl. Hayam Wuruk di Denpasar. Keberadaan warung ini, bisa Anda temukan di sekitar jembatan kecil yang ada di pertigaan.

Foto via Phinemo