Melihat Kemegahan Jembatan Belanda di Singaraja yang Instagramable

Jembatan Belanda di Singaraja

via Sport Tourism

Bangunan peninggalan Belanda banyak menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik. Apalagi, bangunan Belanda memiliki tingkat ketahanan tinggi dan terlihat begitu megah. Anda pun bisa menengok secara langsung bangunan peninggalan Belanda di Bali. Salah satunya adalah Jembatan Belanda di Singaraja yang berlokasi di eks Pelabuhan Singaraja.

Jembatan ini memiliki nama asli Jembatan Kampung Tinggi. Keberadaannya menjadi sarana untuk penyeberangan warga. Hanya saja, jembatan ini menjalankan fungsinya sebagai tempat penyeberangan orang, bukan kendaraan bermotor. Apalagi, di tengah-tengah jalan masuk menuju jembatan, tertambat tiang lampu yang menjadi penghalang kendaraan bermotor.

Jembatan Belanda di Singaraja 1 » Melihat Kemegahan Jembatan Belanda di Singaraja yang Instagramable

via Afthonul Fikri

Jembatan Belanda di Singaraja Berdiri Kokoh Meski Telah Berusia Tua

Tidak ada catatan sejarah mengenai asal-usul dari jembatan tua ini. Apalagi, tidak ada prasasti yang biasa menjadi sumber informasi pendirian bangunan di jembatan ini. Masyarakat serta para tetua dari Kota Singaraja, hanya mengetahui bahwa Jembatan Belanda di Singaraja ini sudah ada sejak mereka masih kecil. Jembatan ini dibangun oleh Belanda di atas Sungai atau Tukad Buleleng.

baca juga: Pura Dalem Jagaraga Singaraja, Pura Unik dengan Relief Kehidupan Rakyat Bali di Zaman Kolonial

Jembatan Belanda di Singaraja 2 » Melihat Kemegahan Jembatan Belanda di Singaraja yang Instagramable

via Sport Tourism

Desain dari jembatan ini juga terlihat begitu megah. Tiang penyangga dari jembatan ini terlihat begitu kokoh dan berukuran besar, mengindikasikan unsur Eropa yang begitu kental. Pembangunan Jembatan Belanda di Singaraja ini juga terlihat begitu sungguh-sungguh. Sebagai buktinya, jembatan ini masih tetap bisa disaksikan berdiri dengan megah, meskipun kondisinya sudah agak usang.

Keusangan jembatan ini terlihat karena pemeliharaannya yang memang begitu kurang. Cat yang ada pada dinding jembatan sudah banyak yang mengelupas dan menghitam. Meski begitu, keusangan jembatan tidak membuatnya terlihat jelek. Suasana vintage masih tetap terasa di jembatan ini. Dengan suasana vintage yang ada, tidak heran kalau tempat ini menjadi destinasi wisata instagramable yang asyik di Singaraja.

baca juga: Eks Pelabuhan Buleleng Singaraja, Pelabuhan Terbesar Bali di Zaman Dulu

Berburu Foto Instagramable di Jembatan Belanda di Singaraja

Jembatan Belanda di Singaraja sebenarnya punya potensi wisata yang sangat besar. Apalagi, bangunan tua ini berada di tepi laut dan berdekatan dengan kompleks eks Pelabuhan Singaraja. Banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai pilihan wisata instagramable. Latar belakang berupa jembatan membuat hasil jepretan kamera terlihat lebih eksotis.

Pemerintah Kabupaten Buleleng sempat mengutarakan inisiatif untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata sejarah. Apalagi, bangunan tua peninggalan Belanda tidak hanya berupa Jembatan Kampung Tinggi. Ada pula deretan bangunan tua lain yang merupakan peninggalan Belanda. Apalagi, saat ini eks Pelabuhan Singaraja juga jadi destinasi yang mulai ramai pengunjung.

baca juga: Siobak Babi Khe Lok, Kuliner Khas Singaraja Perpaduan Unsur Bali dan Tiongkok

Lokasi Jembatan Belanda di Singaraja

Jembatan tua peninggalan Belanda ini merupakan sebuah tempat umum. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin berkunjung dan berburu foto instagramable di sini bisa berkunjung dan melakukan beragam aktivitas secara gratis. Selanjutnya, Anda dapat puas berburu foto instagramable di sini.

Mengenai lokasinya, Anda dapat secara langsung menuju ke eks Pelabuhan Singaraja yang ada di alamat Jl. Pelabuhan Buleleng. Anda bisa memilih untuk datang ke jembatan tua ini kapan saja. Untuk pilihan waktu terbaik, tidak ada salahnya kalau Anda datang pada sore hari, dengan berhiaskan langit jingga serta matahari terbenam.