Menilik Keunikan Desain Arsitektur Bale Kulkul di Bali

Bale Kulkul di Bali

via Wikipedia

Setiap wilayah di Indonesia memiliki desain bangunan uniknya masing-masing. Di Bali, Anda dapat menjumpai begitu banyak bangunan unik yang punya fungsinya tersendiri. Salah satunya adalah ketika Anda mendapati keberadaan bangunan bernama bale kulkul di Bali.

Bale Kulkul di Bali 1 768x1024 » Menilik Keunikan Desain Arsitektur Bale Kulkul di Bali

via Wikipedia

Melihat dari namanya, bale kulkul di Bali terdiri dari dua kata, yakni bale dan kulkul. Bale dalam bahasa Bali, merupakan kata yang ditujukan untuk menyebut bangunan. Sementara itu, kulkul adalah penyebutan untuk sebuah benda yang dipakai sebagai alat komunikasi di zaman dulu.

baca juga: Monumen Tri Yudha Sakti Singaraja, Monumen Bersejarah Simbol Perjuangan Pahlawan Buleleng

Kulkul yang ada di Bali tak ubahnya seperti kentongan di Pulau Jawa. Masyarakat Bali di masa lalu, biasanya memiliki kesepakatan mengenai jenis irama yang mereka pakai untuk komunikasi menggunakan kulkul. Setiap irama, bakal memiliki makna tersendiri. Sebagai contoh, irama ketika melakukan kerja bakti, ada rumah kemalingan, dan sebagainya.

Cara pembuatan bale kulkul di Bali juga tak boleh sembarangan. Anda bisa menjumpai beberapa pola yang biasa diikuti oleh masyarakat Bali, yaitu:

Bale Kulkul di Bali 2 1024x683 » Menilik Keunikan Desain Arsitektur Bale Kulkul di Bali

via Masbroo

1. Pertama, Anda bisa menjumpai bale kulkul yang dibuat dengan keberadaan kulkul di lantai kedua. Sementara itu, lantai pertama disertai dengan tempat duduk.

2. Kedua, ada pula bale kulkul yang didesain berbentuk menara dengan empat tiang.

baca juga: Tradisi Tumpek Kandang di Bali, Bentuk Rasa Kasih Sayang Pada Hewan Peliharaan

3. Ketiga, bale kulkul dengan bentuk yang lebih kompleks. Desain bale kulkul ini memiliki delapan tiang, masing-masing berada di bagian dalam 4 tiang dan di luar 4 tiang.

Fungsi Bale Kulkul di Bali

Bale kulkul di Bali memiliki fungsi yang lebih kompleks dibandingkan dengan kentongan. Penggunaannya sebagai sarana komunikasi hanya sebagian fungsi bale kulkul dalam bidang kemasyarakatan. Namun, bale kulkul juga menjadi jenis bangunan yang tidak terlepaskan dari sebuah kompleks pura.

Penempatan bale kulkul di Bali biasanya diposisikan pada area yang mudah dijangkau. Bangunan ini juga biasanya dibangun dengan berukuran tinggi seperti layaknya sebuah menara. Anda dapat menjumpainya berada di depan pekarangan atau sengaja ditempatkan di sudut pekarangan sebuah pura.

baca juga: Taman Kumbasari Denpasar, Destinasi Kekinian yang Instagramable Layaknya di Korea

Selain sebagai sarana komunikasi, bale kulkul juga memiliki peranan lain, yakni:

1. Identitas banjar
Seperti yang telah disebutkan, pemukulan kulkul oleh setiap banjar memiliki perbedaan. Irama kulkul tersebut pun menjadi salah satu identitas dari sebuah banjar yang membedakannya dengan banjar lain.

2. Alat pemersatu
Bale kulkul di Bali juga memiliki peran sebagai sarana pemersatu masyarakat. Ketika ada pemukulan kulkul, maka warga banjar akan melakukan aktivitas sesuai dengan irama kulkul yang telah disepakati sebelumnya.

3. Hiasan
Bale kulkul juga memiliki fungsi tambahan sebagai hiasan. Desain dari bangunan yang satu ini memang begitu unik. Oleh karena itu, Anda akan menemukan bale kulkul di Bali yang sengaja ditempatkan untuk mempercantik lingkungan.

Jenis Bale Kulkul di Bali

Di Bali, Anda akan menemukan begitu banyak jenis kulkul yang dibangun sesuai dengan kegunaannya. Jenis-jenis kulkul tersebut di antaranya adalah, Kulkul Dewa, Kulkul Manusia, Kulkul Buta, serta Kulkul hiasan.

Kulkul dewa dan kulkul buta difungsikan masing-masing untuk pelaksanaan upacara dewa yadnya dan butha yadnya. Sementara itu, kulkul manusia dipakai untuk mengumpulkan manusia. Kulkul hiasan, fungsinya hanya sebagai sarana hiasan tanpa makna apapun.