Nasi Goreng Suna Cekuh, Kuliner Nasi Goreng Sederhana Favorit Wisatawan

nasi goreng suna cekuh

via Instagram

Kuliner nasi goreng sudah begitu terkenal dan bisa dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran kalau Anda bakal menjumpai nasi goreng khas dari berbagai wilayah di Indonesia. Kalau dari Bali, Anda bisa menemukan nasi goreng suna cekuh yang menarik untuk dicicipi.

nasi goreng suna cekuh 1 » Nasi Goreng Suna Cekuh, Kuliner Nasi Goreng Sederhana Favorit Wisatawan

via Kumparan

Nasi goreng suna cekuh, sesuai dengan namanya, dibuat dengan bumbu utama berupa bumbu atau base suna cekuh. Bumbu ini dibuat dengan 2 bahan utama, yakni suna alias bawang putih dan cekuh yang merupakan penyebutan bahasa Bali untuk kencur. Sebagai pelengkap, digunakan pula tambahan bumbu lainnya, seperti garam, kunyit, serta bawang merah.

Nasi Goreng Suna Cekuh Pilihan Kuliner Halal di Bali

Base suna cekuh memang bisa digunakan untuk beragam jenis masakan. Masyarakat Bali biasanya membuat bumbu ini dalam jumlah banyak. Selanjutnya, base suna cekuh itu dapat disimpan selama berbulan-bulan. Dengan catatan, penyimpanannya dilakukan dengan tepat dan baik. Pengawetannya juga tidak perlu menggunakan bahan pengawet.

Dari sekian banyak penggunaan, base suna cekuh memang paling sering digunakan untuk membuat nasi goreng suna cekuh. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Apalagi, ketika Anda mendapati bahwa bumbu suna cekuh sudah tersedia secara komplet.

Pembuatan nasi goreng suna cekuh dapat dilakukan dengan menggunakan base suna cekuh yang disertai dengan daun salam. Semua bahan diulek sampai halus kemudian ditumis menggunakan minyak kelapa. Setelah muncul bau harum, Anda bisa menambahkan daun salam di atasnya.

baca juga: Bumbu Base Genep, Bumbu Khas yang Menjadi Rahasia Kelezatan Kuliner Bali

nasi goreng suna cekuh 2 » Nasi Goreng Suna Cekuh, Kuliner Nasi Goreng Sederhana Favorit Wisatawan

via Instagram

Setelah semua bumbu itu dimasukkan, maka tahapan berikutnya adalah dengan memasukkan nasi putih ke penggorengan. Tak butuh waktu lama untuk membuat nasi goreng ini. Nasi akan matang setelah permukaannya terlihat berwarna kuning. Sebagai pilihan lauk, Anda bisa menggunakan telur, kacang mentik, ataupun kerupuk bawang.

Dengan penggunaan bahan-bahan yang halal, tidak heran kalau nasi goreng suna cekuh bisa jadi pertimbangan makanan untuk wisatawan muslim. Nasi goreng ini tidak disertai dengan bahan haram seperti babi ataupun minyak babi. Meski, untuk pemilihan lauknya, Anda bisa pula menggunakan menu sesuai selera. Misalnya, dengan menambah sate lilit ataupun ayam betutu.

Nasi Goreng Suna Cekuh Dibuat dengan Bahan Alami

Nasi goreng suna cekuh juga terkenal sebagai nasi goreng yang begitu disukai oleh para wisatawan asing. Apalagi, proses pembuatan nasi goreng ini dilakukan tanpa menggunakan bahan-bahan berbahaya ataupun kimia. Anda tidak akan menjumpai nasi goreng ini memperoleh penambahan bahan seperti nasi goreng lainnya. Contohnya, saos tomat yang terkadang di dalamnya memakai pewarna tekstil ataupun kecap.

Karena tak menggunakan bahan saos tomat ataupun kecap, tidak heran kalau tampilan dari nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng lain. Nasi ini cenderung memiliki tampilan berwarna kuning. Dalam proses pembuatannya, nasi goreng suna cekuh biasa dibuat dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Meski dibuat dengan bumbu yang minimalis, Anda juga tidak perlu khawatir dengan cita rasanya. Dijamin, bakal membuat Anda ingin tambah.

Untuk mencicipi kuliner khas Bali yang sehat dan halal ini, caranya tidak terlalu sulit. Anda bisa menemukan menu nasi goreng suna cekuh di berbagai restoran yang ada di Bali. Bahkan, tak sedikit restoran besar yang menyediakan menu ini. Tertarik untuk menicicipi kuliner halal Bali yang satu ini?