Persiapan Menikah di Bali? Ini Daftar Pengeluaran yang Harus Anda Sediakan!

Persiapan Menikah di Bali

Menikah di Bali menjadi salah satu cara untuk melangsungkan pesta pernikahan secara mewah dan tak terlupakan. Biar lancar, persiapan menikah di Bali harus dilakukan secara matang, khususnya terkait biaya. Anda harus mengetahui jenis-jenis biaya yang siap dikeluarkan dalam menghadapi momen bersejarah tersebut.

Sejatinya, persiapan menikah di Bali bisa Anda ringkas secara sederhana ketika ingin menggunakan layanan wedding organizer. Hanya saja, tak semua orang memilih untuk memakai jasa mereka. Apalagi, ketika pesta pernikahan itu berupa private party, dengan mengundang orang-orang yang penting dalam kehidupan Anda dan pasangan.

Persiapan Menikah di Bali 2 » Persiapan Menikah di Bali? Ini Daftar Pengeluaran yang Harus Anda Sediakan!

via The Bride Dept

Persiapan Menikah di Bali: Daftar Pengeluaran yang Harus Disediakan

Deretan pengeluaran siap menyambuat Anda dalam persiapan menikah di Bali. Daftar pengeluaran-pengeluaran tersebut di antaranya adalah:

baca juga: Ingin Menikah di Bali? Pertimbangkan Tips Memilih Jasa Make Up Artist Ini Dulu, Ya!

1. Sewa venue
Pengeluaran yang pertama dan harus Anda pertimbangkan dalam persiapan menikah di Bali adalah biaya sewa venue. Di Bali, Anda bisa menjumpai banyak venue dengan desain yang menarik. Anda bisa mencoba melangsungkan upacara pernikahan di chapel, di tepi pantai, di atas tebing, ataupun kalau ingin yang ekstrem, di bawah laut.

Persiapan Menikah di Bali 3 » Persiapan Menikah di Bali? Ini Daftar Pengeluaran yang Harus Anda Sediakan!

via The Bride Dept

Ketika memilih menyewa venue tertentu, pastikan bahwa lokasi yang dipakai memiliki kapasitas sesuai dengan tamu undangan. Biasanya, Anda juga akan mendapati paket wedding untuk menyewa venue yang disertai dengan beberapa fasilitas pendukung. Pilih jenis paket yang menguntungkan untuk Anda.

2. Jasa make up artist
Make up artist menjadi jenis pengeluaran selanjutnya. Kalau ingin tampil secara glamor, Anda harus rela merogoh kocek sangat dalam untuk sektor pengeluaran ini. Usahakan untuk menggunakan jasa make up artist yang sesuai dengan kondisi keuangan. Jangan sampai biaya untuk sektor ini membengkak dan akhirnya malah berpengaruh pada sektor pengeluaran lain.

baca juga: Pasar Seni Kumbasari Denpasar, Pilihan Tempat Berburu Oleh-Oleh Kesenian Khas Bali

3. Legalitas
Persiapan menikah di Bali yang penting berikutnya adalah terkait legalitas. Untuk urusan yang satu ini, terkadang memang cukup pelik. Apalagi, ketika Anda menikah dengan warga negara lain. Perlu Anda ketahui, menikah di Bali tak hanya bisa dilakukan oleh Anda yang beragama Kristen, Hindu, ataupun Katolik. Penganut agama Budha, Islam, ataupun Konghucu juga bisa mendapatkan pengalaman sakral ini.

Kalau ingin mengurus legalitas pernikahan di Bali dengan lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga. Banyak layanan seperti ini yang bisa membantu Anda dalam mengurus segala perizinan agar bisa melangsungkan pernikahan di Bali.

4. Biaya dokumentasi
Anda juga harus mempertimbangkan biaya untuk penyewaan jasa fotografer dan videografer. Dengan kedua jasa tersebut, Anda akan memperoleh kenang-kenangan berharga berupa foto dan video yang begitu bersejarah.

5. Katering
Hal yang tak kalah penting, Anda harus menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk katering. Pastikan untuk menyediakan menu yang sesuai dengan bujet. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan besaran pajak untuk makanan yang akan disajikan. Sebagai informasi tambahan, pajak untuk minuman beralkohol di Bali cukup tinggi.

Demikianlah informasi terkait segala persiapan menikah di Bali yang harus Anda lakukan. Ingat, persiapan itu harus dilakukan dengan penuh perhitungan dan sangat matang. Dengan begitu, upacara pernikahan bisa berlangsung secara lancar dan jadi pengalaman tak terlupakan. Selamat menempuh hidup baru dan semoga informasi ini bermanfata, ya.