Sambal Bongkot Bali, Sambal Nikmat dengan Aroma Khas Bunga Kecombrang

Sambal Bongkot Bali

via G-Excess

Bunga kecombrang sudah lama dikenal sebagai jenis tumbuhan rempah. Tanaman yang satu ini dimanfaatkan untuk sayur ataupun bumbu penyedap. Kalau berkunjung ke Bali, Anda juga bisa menemukan jenis olahan bunga kecombrang, namanya adalah sambal bongkot Bali.

Nama sambal bongkot diambil dari penyebutan bunga kecombrang sebagai bunga bongkot oleh masyarakat Bali. Dalam pembuatannya, sambal bongkot Bali memanfaatkan batang muda dari tanaman bunga bongkot. Sambal ini pun menjadi salah satu jenis sambal yang populer, dan bahkan tidak kalah dibandingkan dengan popularitas sambal matah.

Sambal Bongkot Bali 1 1024x576 » Sambal Bongkot Bali, Sambal Nikmat dengan Aroma Khas Bunga Kecombrang

via YouTube

baca juga: Pizza Sambal Matah, Kombinasi Kuliner Tradisional dan Modern ala Sea Vu Play

Aroma Khas Sambal Bongkot Bali

Penampilan sambal bongkot terlihat begitu mencolok. Anda biasa menjumpai sambal bongkot sebagai pelengkap sajian sayuran dan lauk khas Bali lain. Sambal ini memiliki penampilan menarik dengan warnanya yang merah muda. Tampilan tersebut membuat sambal ini terasa begitu menggoda.

Sambal bongkot juga memiliki rasa yang begitu unik. Anda akan sulit menjumpai rasa sambal lain yang mirip dengan sambal bongkot. Ketika menyantap sambal khas Bali ini, Anda tidak hanya akan menemukan rasa pedas. Ada pula perpaduan rasa lain yang bisa dirasakan ketika memasukkan sambal bongkot Bali ke mulut. Perpaduan rasa lain itu adalah rasa manis dan asam.

baca juga: Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

Sambal Bongkot Bali 2 » Sambal Bongkot Bali, Sambal Nikmat dengan Aroma Khas Bunga Kecombrang

via G-Excess

Tidak hanya itu, aroma harum khas bunga kecombrang juga akan begitu terasa ketika memasukkan sambal ini ke mulut. Menariknya lagi, rasa pedas yang dihasilkan dari sambal batang bunga kecombrang ini tidak akan dominan, sehingga mengalahkan rasa asli dari lauk. Dengan begitu, Anda tetap bisa mencicipi rasa asli dari lauk dengan sensasi tersendiri. Apalagi, Anda akan menemukan rasa crunchy dari sambal ini.

baca juga: Sate Lilit Be Pasih, Cita Rasa Kuliner Khas yang Ngangenin di Bali

Cara Membuat Sambal Bongkot Bali

Bahan utama yang perlu disiapkan untuk membuat sambal bongkot khas Bali adalah batang bunga kecombrang. Anda tidak bisa memilih sembarang batang, melainkan harus menetapkan batang yang masih berusia muda. Anda bisa mengenali batang kecombrang muda dengan melihat warna batang yang hijau dengan disertai semburat warna putih.

Selanjutnya, Anda dapat memotong batang bunga kecombrang dalam ukuran kecil. Selain itu, Anda bisa mempersiapkan bahan lain yang dibutuhkan, di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, cabai, minyak kelapa, tomat merah, cabai rawit, terasi, garam, jeruk limau, serta gula pasir.

Cara pembuatan sambal bongkot tidak perlu digoreng. Anda hanya perlu mencampur semua bahan secara perlahan. Pertama, Anda dapat mencampur potongan batang bunga kecombrang dengan garam lalu meremas-remasnya sampai layu. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan bahan lain, seperti bawang merah, cabai, terasi bakar, gula, dan garam, aduk sampai rata.

Tahapan selanjutnya, Anda bisa memanaskan minyak kelapa yang kemudian disiramkan ke campuran sambal bongkot. Tak lupa, tambahkan perasan jeruk limau dan aduk rata. Setelah itu, sambal bongkot Bali sudah siap untuk Anda nikmati. Dijamin, rasa dari sambal ini tidak kalah dibandingkan dengan sambal mentah lainnya.

Sambal bongkot bisa Anda nikmati dalam berbagai cara. Di Bali, Anda tidak jarang menjumpai keberadaan sambal bongkot digunakan untuk menemani beragam jenis lauk, termasuk di antaranya adalah, olahan daging bebek, sate lilit, ataupun kuliner tradisional lain.