Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

Sambal Khas Bali

via resepkoki.co

Sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, tidak heran kalau Indonesia memiliki beragam jenis kuliner enak. Di samping itu, masyarakat Indonesia juga terkenal sebagai pencinta sambal pedas. Ada begitu banyak sambal enak yang segar bisa dijumpai yang menjadi ciri khas beragam jenis daerah, termasuk di antaranya adalah sambal khas Bali.

Provinsi yang terletak bersebelahan dengan Jawa Timur ini juga punya deretan sambal khas Bali yang enak dan bakal membuat pencinta pedas ketagihan. Dari sekian banyak pilihan, berikut ini adalah 5 pilihan sambal yang bisa Anda cicipi selama berkunjung ke Pulau Bali:

1. Sambal matah

Sambal Khas Bali 4 » Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

via resepkoki.co

Jenis sambal khas Bali yang pertama adalah sambal matah. Sambal yang satu ini sudah begitu familier di telinga serta lidah para wisatawan. Proses pembuatannya begitu sederhana, dengan memadukan bahan-bahan seperti daun jeruk, daun sereh, bawang merah, serta cabai. Cara paling enak menikmati sambal matah adalah bersama dengan nasi putih hangat.

Cara penyajian sambal matah khas Bali juga sudah begitu beragam. Bahkan, Anda bisa menjumpai sambal matah yang diolah sebagai topping untuk pizza. Dengan begitu, cita rasa yang muncul begitu unik, memadukan antara cita rasa tradisional khas Bali dengan kuliner modern.

baca juga: Pizza Sambal Matah, Kombinasi Kuliner Tradisional dan Modern ala Sea Vu Play

2. Sambal rajang

Sambal Khas Bali 3 » Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

via stalktr.com/sambal_makkot

Nama sambal rajang sebagai sambal khas Bali memang tidak terlalu populer. Namun, sambal yang satu ini cukup menarik untuk dicicipi bagi para pencinta kuliner pedas yang tengah berkunjung ke Pulau Bali. Ciri khas dari sambal ini bisa diketahui dari tampilannya.

Sesuai dengan namanya, sambal rajang bisa dijumpai dalam bentuk potongan. Anda akan menemukan bahan-bahan berupa bawang merah, cabai rawit, bawang putih, cabai merah, laos, jahe, serta kencur sebagai bahan dasar untuk membuat sambal rajang. Selanjutnya, bahan-bahan itu digoreng menggunakan minyak panas.

3. Sambal nyuh

Sambal Khas Bali 2 1024x703 » Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

Instagram.com/dewaputunova

Kalau berkunjung ke Bali Barat, ada sambal khas Bali yang wajib dicicipi. Nama sambal tersebut adalah sambal nyuh. Bahan baku untuk pembuatan sambal nyuh juga cukup unik, dari campuran antara kelapa yang telah dibakar dengan sereh.

Warga Bali Barat menjadi orang yang begitu menyukai kuliner sambal pedas yang satu ini. Biasanya, mereka menyantap sambal nyuh bersamaan dengan beragam jenis sayuran, termasuk di antaranya adalah, mentimun, semanggi, kangkung, ataupun labu siam.

4. Sambal embe

Sambal Khas Bali 5 » Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

via sajiansedap.id

Sambal Embe menjadi pilihan berikutnya yang wajib Anda cicipi selagi berada di Bali. Sambal yang satu ini proses pembuatannya melibatkan cabai yang dicampurkan dengan bawang merah dan bawang putih. Tak lupa, campuran tersebut kemudian digoreng dalam kondisi setengah matang. Cara terbaik menikmati sambal ini adalah dengan cah kangkung serta nasi hangat.

5. Sambal sere tabia

Sambal Khas Bali 1 819x1024 » Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

via Instagram.com/nanere_mrb

Terakhir, Anda bisa menyempatkan untuk mencicipi sambal sere tabia. Sambal yang satu ini cukup sederhana. Proses pembuatannya bisa dilakukan cukup dengan menggunakan 3 jenis bahan utama, yakni garam, terasi, serta cabai merah. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan campuran berupa bawang goreng.

baca juga: Nasi Goreng Suna Cekuh, Kuliner Nasi Goreng Sederhana Favorit Wisatawan

Nah, itulah 5 jenis sambal khas Bali yang bisa Anda cicipi saat tengah berlibur ke Bali. Selain sebagai pelengkap dalam menikmati sajian tradisional Bali, sambal-sambal tersebut juga cukup menarik kalau dijadikan sebagai bahan oleh-oleh.