Tips Transportasi dan Liburan ke Nusa Lembongan Bali

nusa lembongan bali

Nusa Lembongan Bali kini menjadi pilihan tempat wisata yang menarik. Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau yang masuk dalam Kecamatan Nusa Penida. Daya tarik utama yang dimiliki pulau ini adalah keindahan alam serta pantainya.

Suasana alam di sini juga memberi ketenangan bagi para wisatawan. Kondisi tersebut tentu sangat jauh berbeda dibandingkan dengan tempat wisata pantai serta alam yang ada di Pulau Bali. Tak heran kalau popularitas Nusa Lembongan Bali terus mengalami peningkatan.

Transportasi Menuju Nusa Lembongan Bali

Lalu, bagaimana cara untuk bisa sampai ke pulau ini? Sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu terlebih dulu mengetahui informasi geografis mengenai Nusa Lembongan Bali.

nusa lembongan bali 1 1024x512 » Tips Transportasi dan Liburan ke Nusa Lembongan Bali

via Bali Bounty

Nusa Lembongan ini merupakan satu dari 3 gugusan pulau kecil yang terletak di Selat Badung, berada di sebelah tenggara Pulau Bali. Pulau ini berdekatan dengan dua pulau kecil lainnya, yakni Nusa Ceningan dan Nusa Penida.

baca juga: Jembatan Kuning Nusa Ceningan, Ikon Wisata Sekaligus Transportasi Utama Nusa Lembongan-Ceningan

Nusa Lembongan Bali merupakan sebuah pulau yang relatif berukuran kecil. Panjang pulau ini hanya sekitar 4,6 km dengan lebar sekitar 1-1,5 km. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.

Karena memiliki ukuran yang kecil tersebut, Nusa Lembongan Bali hanya punya 2 desa, yakni Desa Lembongan dan Desa Jungut Batu. Desa Lembongan terdiri dari 6 dusun dengan 12 banjar adat. Sementara itu, Desa Jungut Batu merupakan lokasi Pantai Jungut Batu yang merupakan pintu masuk utama ke Nusa Lembongan.

Untuk pilihan transportasi menuju ke Nusa Lembongan, wisatawan dapat menggunakan transportasi laut. Ada beberapa pilihan kapal serta lokasi pemberangkatan yang bisa Anda pilih.

Menuju Nusa Lembongan Bali dari Pantai Sanur

Pilihan pertama adalah menggunakan layanan penyeberangan ke Nusa Lembongan dari Pantai Sanur. Ada beberapa layanan penyeberangan yang bisa Anda temukan di sini, di antaranya adalah:

baca juga: Pantai Blue Lagoon Nusa Ceningan, Liburan Penuh Tantangan Loncat dari Atas Tebing

– Mushroom Lembongan Paradise. Layanan penyeberangan ini dipatok dengan harga sebesar Rp250 ribu per orang dengan tujuan Mushroom Bay. Tarif tersebut sudah termasuk layanan penjemputan. Untuk pemesanan layanan penyeberangan ini, bisa menghubungi nomor telepon + 62 361 – 281974, 62 87 76046049 atau email sales@lembongancruise.com

– Bali Fast Boat dengan tujuan Pantai Jungut Batu. Layanan penyeberangan ke Nusa Lembongan Bali ini dipatok dengan tarif Rp300 ribu per orang untuk sekali jalan. Kalau pulang pergi, dipatok dengan harga Rp500 ribu. Tiket anak-anak dikenakan sebesar Rp190 ribu. Kontak telepon: 0819 1653 3222 | 0821 4704 2222 dan nomor WA: 0821 4704 2222.

– Public Boat dengan tujuan Pantai Jungut Batu. Perjalanan menggunakankapal ini relatif lambat, tapi lebih murah. Tarifnya hanya Rp100 ribu per orang dan berangkat setiap pukul 10.30. Pembelian tiket bisa dilakukan di ujung Jalan Hang Tuah.

– Public Speed Boat dengan tujuan Jungut Batu. Harga tiket Rp175 ribu dan pemberangkatan dilakukan empat kali setiap hari, yakni pukul 8, 9, setengah 12, serta pukul 4 sore.

Public Speed Boat tujuan Pantai Mushcroom dipatok dengan harga Rp175 ribu per orang. Pemberangkatan dilakukan pukul 8.30.

Menuju Nusa Lembongan Bali dari Pelabuhan Benoa

Selain dari Pantai Sanur, Anda juga dapat menuju ke Nusa Lembongan Bali dari Pelabuhan Benoa. Opsi penyeberangannya antara lain:

– Bali Hai Cruises dengan layanan keberangkatan yang fleksibel dan eksklusif. Tarif dipatok dengan harga 60 USD hingga 100 USD. Info kontak bisa menghubungi nomor telepon +62 361720331 atau email sales@balihaicruises.com.

– Bounty Cruises dengan layanan penyeberangan sekaligus fasilitas pendukung seperti banana boat, water slide, kayak, dan lain-lain. Tarif dipatok di angka 70 USD hingga 95 USD. Kontak bisa menghubungi nomor telepon +62 361 443765.

Itulah opsi layanan transportasi yang dapat Anda temukan di Pulau Bali kalau ingin menuju ke Nusa Lembongan. Selamat berlibur, ya!