Tugu Bhuwana Kerta Buleleng, Monumen Bersejarah Bukti Perjuangan Rakyat Bali Melawan Penjajah

Tugu Bhuwana Kerta Buleleng

via Obyek Wisata Terlengkap

Kalau pergi ke Buleleng, Anda perlu menyempatkan waktu singgah ke Tugu Bhuwana Kerta Buleleng. Tugu yang satu ini dikenal memiliki peran penting dalam perjuangan rakyat Bali melawan para penjajah. Apalagi, tugu ini bisa dibilang, juga merupakan bukti janji setia rakyat Bali kepada Negara Indonesia.

Awal mula dari keberadaan Tugu Bhuwana Kerta Buleleng bisa ditilikpada kejadian yang berlangsung pada tanggal 17 Januari 1948. Pada waktu itu, rakyat Bali utara, mengikrarkan janji bahwa lokasi tempat mereka mengucapkan janji bakal dibangun Pura Republik. Janji itu bakal mereka wujudkan ketika Republik Indonesia berhasil menang melawan penjajah.

baca juga: Pura Blanjong Sanur, Wisata Sejarah di Sela Keindahan Pantai Pulau Dewata Bali

Hanya saja, kata Pura Republik yang dilontarkan dalam janji rakyat Bali Utara itu masih belum memiliki wujud fisik yang jelas. Bahkan, belum ada rancangan bagaimana bentuk pura itu. Hingga akhirnya, masyarakat Bali sepakat untuk membangun sebuah monumen atau tugu di lokasi yang telah ditunjuk pada tanggal 31 Maret 1966.

Simbol Penting yang Ada di Tugu Bhuwana Kerta Buleleng

Pembangunan tugu yang kemudian disebut Tugu Bhuwana Kerta Buleleng itu membutuhkan area seluas 1.350 hektare. Monumen berbentuk tugu, dianggap sebagai representasi yang tepat untuk menggambarkan perjuangan yang telah dilakukan oleh rakyat Bali Utara. Ketinggian tugu yang sengaja dibentuk 17 meter pun dianggap sebagai visualisasi dari angka keramat hari kemerdekaan Indonesia.

Meski memilih desain tugu yang dianggap begitu tepat dalam mewakili perjuangan masyarakat Indonesia, namun dalam pembangunannya, tugu ini tetap merepresentasikan budaya Bali. Desain tersebut bisa dilihat dengan adanya beberapa simbol khas Bali yang bisa ditemukan pada tugu bersejarah ini.

Tugu Bhuwana Kerta Buleleng 1 » Tugu Bhuwana Kerta Buleleng, Monumen Bersejarah Bukti Perjuangan Rakyat Bali Melawan Penjajah

via Obyek Wisata Terlengkap

Di bagian puncak tugu, Anda akan mendapati keberadaan padmasana serta api. Keduanya disimbolkan sebagai anugerah Sang Pencipta yang telah memberikan kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia. Jumlah helai dari padmasana serta api yang ada di puncak pun sengaja dibuat ada 8 helai, merepresentasikan bulan kemerdekaan Indonesia.

baca juga: Monumen Bom Bali (Monumen Ground Zero), Wisata Bersejarah Mengingat Peristiwa Bom Bali

Tak cukup sampai di situ saja. Anda juga bisa mendapat dulang dengan celah yang jumlahnya sebanyak 45 buah berada di bagian bawah tugu. Jumlah 45 celah itu dianggap sebagai perwakilan dari tahun kemerdekaan Bangsa Indonesia. Dengan representasi simbol tersebut, Tugu Bhuwana Kerta Buleleng memiliki makna yang sangat penting bagi masyarakat Bali.

Lokasi Tugu Bhuwana Kerta Buleleng

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi wisata bersejarah ini, bisa datang secara langsung ke lokasinya yang beralamat di Jl. Ki Barak Panji Sakti, Desa Panji yang ada di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Lokasi ini berada di tempat yang cukup strategis, apalagi keberadaannya tak jauh dari Pantai Lovina yang dikenal sebagai pantai cantik dan indah dengan daya tarik keberadaan lumba-lumba liar di perairannya.

baca juga: Kertha Gosa Klungkung, Peninggalan Bersejarah Kerajaan Klungkung di Bali

Untuk masuk ke Tugu Bhuwana Kerta Buleleng, Anda pun tak perlu khawatir dengan adanya tiket masuk. Tugu ini merupakan area publik yang bisa dikunjungi kapan saja dan tanpa ada biaya masuk yang dikenakan kepada para pengunjung. Anda pun bisa mengajak anggota keluarga untuk datang ke sini, khususnya anak-anak. Dengan begitu, mereka bisa menghargai hasil jerih payah perjuangan para pejuang terdahulu yang dengan gigih mempertahankan kemerdekaan.