Bebek Betutu Khas Gianyar, Kuliner Bali Istimewa yang Butuh Waktu Masak 12 Jam

Bebek Betutu Khas Gianyar

via Resep dan Masakan

Bebek betutu menjadi kuliner khas Bali yang begitu populer. Kuliner ini menghasilkan masakan dengan daging bebek empuk dan aroma wangi. Tak lupa, makanan ini juga memiliki cita rasa yang pedas yang umumnya berasal dari Gilimanuk. Nah, lain halnya dengan bebek betutu khas Gianyar, yang waktu pembuatannya bisa membutuhkan waktu selama 12 jam.

bebek betutu khas Gianyar 1 » Bebek Betutu Khas Gianyar, Kuliner Bali Istimewa yang Butuh Waktu Masak 12 Jam

via Masakan Indonesia Raya

Kuliner bebek betutu khas Gianyar memiliki rasa tidak sepedas seperti bebek betutu yang berasal dari Gilimanuk. Selain itu, bebek betutu di sini juga memiliki rasa yang lebih gurih. Rasa yang lebih gurih tersebut dihasilkan karena proses pembuatan kompleks. Apalagi, dalam pembuatannya, kuliner bebek betutu dari Gianyar menggunakan pelepah pinang.

baca juga: Ayam Betutu Men Tempeh, Sajian Kuliner Tradisional Legendaris Sejak Tahun 1978 yang Menggugah Selera

Butuh Waktu 12 Jam Memasak Bebek Betutu Khas Gianyar

Seperti halnya sajian ayam betutu dari Gilimanuk, bebek betutu khas Gianyar juga merupakan makanan yang kerap hadir dalam upacara keagamaan. Oleh karena itu, tidak heran kalau cara pembuatannya juga begitu spesial. Cara pembuatan dari makanan khas Gianyar ini biasanya dilakukan dengan pembakaran menggunakan bara sekam padi selama kurang lebih 12 jam.

Cara pemasakan yang spesial tersebut membuat daging bebek betutu khas Gianyar memiliki tekstur daging yang begitu empuk. Dagingnya juga memiliki warna kecokelatan dengan bumbu yang sudah sangat meresap. Saat menyantap makanan ini, Anda pun bisa melepas daging tulangnya dengan begitu mudah. Selain itu, bebek betutu dari Gianyar ini juga akan memunculkan aroma asap yang begitu khas.

baca juga: Ayam Betutu Pak Man, Pilihan Kuliner Khas Bali yang Dijamin Kehalalannya

bebek betutu khas Gianyar 2 1024x576 » Bebek Betutu Khas Gianyar, Kuliner Bali Istimewa yang Butuh Waktu Masak 12 Jam

via Resep dan Masakan

Saat ini, Anda bisa menjumpai ayam betutu dari Gianyar yang proses pemasakannya tak lagi menggunakan bara sekam. Sebagai gantinya, banyak masyarakat Bali yang mencoba memasak ayam betutu Gianyar dengan cara menggunakan oven dan disertai alumunium foil. Cara ini lebih praktis. Hanya saja, Anda tidak akan menemukan aroma asap khas dari metode masak ayam betutu Gianyar yang satu ini.

Bahan-Bahan Pembuatan Ayam dan Bebek Betutu Khas Gianyar

Untuk pembuatan kuliner istimewa dari Gianyar ini, Anda bisa menyediakan bebek atau ayam utuh. Sebagai tahap persiapan, pastikan untuk melapisi daging ayam atau bebek dengan campuran minyak kelapa, terasi, dan kecap asin. Jangan lupa pula untuk melakukan pijatan dengan tekanan yang cukup keras. Hal ini bertujuan untuk membuat daging lebih empuk dan mematahkan tulang.

baca juga: 7 Pilihan Kuliner Halal di Bali, Penting untuk Para Traveler Muslim

Tahapan selanjutnya, Anda perlu mengisi bagian rongga dari ayam atau bebek. Bumbu yang digunakan untuk pengisian rongga perut tersebut adalah bumbu base genep dan base wangen. Secara total, Anda akan menjumpai jumlah bumbu yang digunakan pada kuliner ini mencapai 15 jenis bumbu. Oleh karena itu, tidak heran kalau makanan ini memiliki rasa lebih gurih. Pastikan pula untuk melumurkan bumbu ke bagian luar tubuh bebek atau ayam.

Setelah itu, Anda perlu membungkus daging bebek atau ayam dengan upih atau pelepah pinang. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memakai daun pisang sebagai penggantinya. Selanjutnya, masukkan air yang berguna untuk melarutkan bumbu serta membuat daging bebek menjadi lebih lunak. Setelah itu, ikat sampai rapat. Tahapan berikutnya adalah membakarnya (timbung) dalam bara sekam padi selama 12 jam.