Bubur Mengguh Khas Buleleng, Kuliner Tradisional Mirip Bubur Ayam dari Bali

Bubur Mengguh Khas Buleleng

Bubur ayam kerap menjadi pilihan saat sarapan di pagi hari. Kalau di Bali, Anda berkesempatan untuk menikmati kuliner bubur tradisional mirip bubur ayam tetapi dengan rasa lebih lezat. Namanya adalah bubur mengguh khas Buleleng. Bubur yang satu ini merupakan cita rasa kuliner tradisional yang banyak dijumpai di kawasan Bali Utara.

Penampilan dari bubur mengguh khas Buleleng memang hampir begitu mirip dengan bubur ayam. Anda akan mendapati bubur yang dibuat dari bahan beras dan santan dengan bubuhan ayam suwir di bagian atasnya. Sebagai pelengkap, Anda juga akan menjumpai potongan telur ayam yang biasa ditambahkan.

Bubur Mengguh Khas Buleleng 2 » Bubur Mengguh Khas Buleleng, Kuliner Tradisional Mirip Bubur Ayam dari Bali

Namun, ada beberapa hal berbeda yang bisa ditemukan antara bubur mengguh dengan bubur ayam. Bubur mengguh tidak disertai dengan daun seledri. Anda juga tidak akan menjumpai keberadaan kerupuk ataupun opsi sate usus ayam dan dan sate ampela. Sebagai gantinya, penyajian bubur mengguh khas Buleleng biasa disertai dengan kuah ayam yang begitu kental dan urap sayur.

baca juga: Mengenal Suku Bali Aga, Masyarakat Asli Penduduk Pulau Bali

Bubur Mengguh Khas Buleleng Jadi Sajian saat Upacara Adat

Masyarakat Bali begitu menganggap penting keberadaan bubur mengguh. Sebagai buktinya, bubur tradisional yang satu ini menjadi sajian ketika pelaksanaan upacara adat. Meski, saat ini juga Anda bisa menjumpai cukup banyak tempat makan serta restoran yang menyediakan menu bubur mengguh khas Buleleng untuk para pengunjungnya.

baca juga: Patih Kebo Iwa, Sosok Pahlawan Pelindung Kerajaan Bali di Masa Lalu

Bubur ini memiliki cita rasa yang unik, memadukan antara rasa pedas dan gurih. Rasa tersebut terasa semakin mantap ketika berpadu dengan siraman kuah ayam kental serta urap sayur. Seperti halnya bubur ayam, bubur mengguh juga menjadi pilihan menarik ketika sarapan. Selain itu, Anda juga bisa menyantap makanan ini dengan nyaman dan enak ketika cuaca tengah dalam situasi yang begitu dingin.

Cara Membuat Bubur Mengguh Khas BUleleng

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur mengguh tidak terlalu sulit dan bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah beras, santan kental, daun salam, kacang panjang, kacang tanah goreng, dada ayam, serta bawang goreng sebagai sarana untuk menyedapkan rasa bubur.

baca juga: Laklak Pisang Khas Tabanan, Jajanan Tradisional Mirip Crepes yang Enak

Tidak ketinggalan, Anda juga harus menyiapkan beragam bahan untuk pembuatan bumbu. Bahan untuk bumbu di antaranya adalah garam, merica, ketumbar, kemiri, kunyit bakar, bawang merah, bawang putih, serta cabe merah. Bumbu-bumbu tersebut kemudian bisa Anda haluskan.

Tumis bumbuu tersebut hingga harum dan masukkan bahan ayam, kaldu bubuk, lengkuas, serta daun salam, tunggu hingga matang. Selanjutnya, masak beras sampai lunak, lalu tambahkan daun salam, santan, serta garam. Aduk hingga menjadi bubur. Selanjutnya, masukkan kacang panjang dan masak hingga matang.

Anda juga harus membuat urap yang menjadi menu pelengkap bubur mengguh khas Buleleng. Urap dibuat dengan mencampurkan sayuran mentah dengan parutan kelapa. Selain itu, ada pula bahan berupa gula merah, kencur, daun jeruk, bawang putih, cabe merah, serta terasi. Haluskan bumbu urap dan campur dengan bahan lain.

Setelah itu, Anda pun sudah siap menyantap bubur mengguh khas Buleleng. Cara paling enak menikmati kuliner ini adalah pada kondisi hangat dengan taburan suwiran ayam dan bawang goreng.

Foto via Bali Kami