Laklak Pisang Khas Tabanan, Jajanan Tradisional Mirip Crepes yang Enak

Laklak Pisang Khas Tabanan

via Kompas

Kelezatan makanan tradisional Bali tidak kalah jika dibandingkan dengan kuliner modern. Anda berkesempatan untuk menjumpai deretan jajanan tradisional unik yang enak saat berkunjung ke pulau ini. Salah satunya adalah laklak pisang khas Tabanan.

Laklak Pisang Khas Tabanan 3 » Laklak Pisang Khas Tabanan, Jajanan Tradisional Mirip Crepes yang Enak

via Okezone

Laklak pisang, sesuai dengan namanya, merupakan kuliner yang bisa ditemukan di Kabupaten Tabanan. Kuliner ini, secara khusus, berasal dari Kecamatan Penebel. Cita rasa jajanan tradisional ini unik. Hanya saja, Anda akan cukup kesulitan menemukannya. Apalagi, makanan ini memang sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat Tabanan.

baca juga: Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

Laklak Pisang Khas Tabanan, Crepes ala Bali

Kelezatan jajanan tradisional laklak pisang khas Tabanan sebenarnya tak kalah dibandingkan dengan makanan lain. Bahkan, kuliner yang satu ini bisa pula disebut sebagai jajanan crepes yang berasal dari Bali. Hanya saja, terdapat satu opsi topping pada laklak, yakni topping dengan potongan buah pisang.

Cara pembuatannya juga tidak jauh berbeda dibandingkan dengan proses pembuatan crepes. Namun, akan lebih tepat kalau menyebut laklak pisang khas Tabanan sebagai perpaduan antara serabi dengan crepes. Apalagi, bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan jajanan tradisional ini, ternyata begitu mirip dengan serabi yang banyak dijumpai di tanah Jawa.

Laklak Pisang Khas Tabanan 1 » Laklak Pisang Khas Tabanan, Jajanan Tradisional Mirip Crepes yang Enak

via Kompas

Berbeda dengan serabi, biasanya adonan laklak pisang sengaja ditempatkan di tungku dengan ukuran yang tipis. Dengan begitu, tidak heran kalau jajanan ini akan terasa begitu crispy saat dimakan. Ukuran cetakan untuk adonan ini juga lebih besar dibandingkan serabi, tetapi masih lebih kecil kalau dibandingkan dengan crepes.

baca juga: Warung Nasi Men Lotri Denpasar, Kuliner Malam Hari yang Selalu Ramai di Bali

Cara Pembuatan Laklak Pisang Khas Tabanan

Bahan utama yang diperlukan untuk pembuatan laklak pisang dari Tabanan ini tepung beras. Anda bisa mencampurkan tepung beras dengan tepung terigu serta tepung kanji. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan air dan lakukan pengadukan sampai adonan terlihat begitu merata.

Laklak Pisang Khas Tabanan 2 » Laklak Pisang Khas Tabanan, Jajanan Tradisional Mirip Crepes yang Enak

via Punapi Bali

Setelah adonan sudah siap, maka tahap berikutnya adalah memulai proses pembuatan. Cara membuat kue tradisional ini sepenuhnya masih memakai metode yang sederhana. Biasanya, Anda bakal berhadapan dengan perlengkapan masak tradisional yang terbuat dari bahan keramik.

Cara pemrosesan adonan laklak pisang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan cara pembuatan serabi. Anda perlu menggunakan tungku keramik sebagai tempat untuk menempatkan adonan. Tidak lupa, Anda harus menutupinya, juga dengan tutupan yang berasal dari tanah liat atau keramik.

Anda harus menunggu sekitar 1 menit sebelum menambahkan topping berupa potongan pisang dan parutan kelapa. Selanjutnya, hidangan ini bisa disantap dalam kondisi hangat. Biar cita rasanya semakin khas, jenis pisang yang digunakan bukan pisang sembarangan, melainkan pisang yang berasal dari Tabanan.

Ketika menyantap jajanan tradisional ini, Anda akan menemukan rasa yang gurih serta renyah pada permukaan luarnya. Sementara itu, bagian dalam yang berupa topping potongan pisang, menjadikan makanan ini terasa nikmat. Anda dapat menggunakan makanan ini sebagai santapan saat pagi hari ataupun sebagai menu penutup.

baca juga: Kuliner Halal Soto Bakso Khas Bali Murah Meriah yang Enak

Namun, kalau Anda berhasil menemukannya, jajanan ini bisa didapatkan dengan harga yang murah. Satu potong laklak pisang khas Tabanan, biasanya dipatok dengan harga Rp5 ribu. Untuk kesempatan terbaik dalam menjumpai penjualnya, Anda bisa datang secara langsung ke Kabupaten Tabanan, terutama di wilayah Kecamatan Penebel.