Liburan Antimainstream Berkunjung ke Kebun Anggur Hatten Wines di Bali

Kebun Anggur Hatten Wines

Wine yang merupakan minuman beralkohol hasil fermentasi dari buah anggur. Minuman yang satu ini biasanya diproduksi oleh negara-negara yang memiliki 4 musim setiap tahunnya. Amerika Serikat, Perancis, Italia, Australia, serta Spanyol dikenal sebagai negara penghasil wine terbesar dunia.

Kebun Anggur Hatten Wines 4 » Liburan Antimainstream Berkunjung ke Kebun Anggur Hatten Wines di Bali

Namun, ketika berlibur ke Bali, Anda juga bisa berkunjung ke pabrik produsen wine asli Indonesia. Lokasi pabrik tersebut bisa Anda temukan dengan datang ke kebun anggur Hatten Wines. Berdiri pada tahun 1994, Hatten Wines pun mengklaim sebagai produsen pertama dan satu-satunya wine asli dari Bali.

baca juga: Basanta Agro Organic Ubud, Wisata Asyik Melihat Proses Pembuatan Kopi Luwak

Sejarah Kebun Anggur Hatten Wines Bali

Inisiator dari usaha Kebun Anggur Hatten Wines adalah pria asli Bali bernama Ida Bagus Rai Bidarsa. Dia melihat potensi yang begitu besar dari adanya produksi wine asli Bali. Apalagi, kunjungan turis mancanegara yang doyan mengonsumsi wine ke Bali begitu tinggi.

Kebun Anggur Hatten Wines 3 » Liburan Antimainstream Berkunjung ke Kebun Anggur Hatten Wines di Bali

Pada tahun 1994, Rai Bidarsa pun mewujudkan keinginannya tersebut. Dia pun bekerja sama dengan pria asal Australia bernama James Kalleske dalam proses pembuatan wine asli Bali. Dengan pengalaman sebagai seorang winemaker, proses pendirian kebun anggur Hatten Wines pun tidak mengalami banyak permasalahan.

baca juga: Plataran L’ Harmonie Menjangan Bali, Tawarkan Destinasi Wisata Alam yang Edukatif di Bali Barat

Minuman Produksi Kebun Anggur Hatten Wines Diakui Dunia Internasional

Meski bercitarasa lokal, bukan berarti kualitas rasa dari wine buatan kebun anggur Hatten Wines memiliki kualitas yang rendah. Sebaliknya, Hatten Wines memperoleh penghargaan sebagai salah satu Top-10 Fastest Improving Producers in Asia. Mereka pun terus mengembangkan beragam jenis produk wine yang dihasilkan.

Kebun Anggur Hatten Wines 2 » Liburan Antimainstream Berkunjung ke Kebun Anggur Hatten Wines di Bali

Pada tahun 1994, mereka memproduksi wine Rose. Selanjutnya, pada tahun 2000, muncullah produk yang bernama Jepun Sparkling Wine. Deretan wine berikutnya pun terus bermunculan, termasuk di antaranya adalah Aga Red, Aga White, Pino de Bali, Chardonnay & Shiraz, dan pada tahun 2009 ada Riesling & Cabernet Merlot.

baca juga: Alam Pracetha Bali Guesthouse, Penginapan Murah di Ubud Cuma Rp200 Ribuan Semalam

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Kebun Anggur Hatten Wines

Selagi berkunjung ke tempat ini, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas. Mencicipi wine secara gratis menjadi salah satu kegiatan yang disediakan oleh Hatten Wines. Wisatawan pun dapat mencoba untuk berkunjung secara langsung ke kebun anggur yang dikelola oleh Hatten Wines.

Ketika Anda datang ke sini bersama dengan pasangan, dapat menyempatkan waktu untuk mencoba pengalaman makan malam secara private. Pihak Hatten Wines pun menyediakan tenaga chef yang berpengalaman untuk penyajian menu yang menggugah selera. Ditambah lagi, desain interior ruangan yang cantik dan nyaman bakal membuat para wisatawan betah.

Lokasi Kebun Anggur Hatten Wines

Kantor pusat Hatten Wines bisa ditemukan di alamat Jl. By Pass Ngurah Rai Nomor 393, Sanur, Denpasar. Mengenai lokasi kebun anggur Hatten Wines sendiri, bisa dijumpai di sepanjang pantai utara Pulau Bali, tepatnya di Seririt dan Pemuteran.

Hatten Wines pun melakukan kerjasama dengan para pemilik tanah lokal untuk pengelolaan kebun tersebut. Secara khusus, area lahan seluas 45 hektare yang dipakai untuk kebun anggur, sangat terbuka untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan tur berkunjung ke kebun anggur Hatten Wines, Anda bisa menghubungi pihak perusahaan secara langsung. Caranya, dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi mereka. Selamat bersenang-senang, ya.

Foto via Hatten Wines