Pilihan Kuliner Nasi Khas Bali yang Murah Meriah

Nasi Khas Bali

via Kooliner

Bali menjadi tempat liburan yang menarik untuk semua kalangan wisatawan. Di pulau ini, Anda tidak akan kesulitan menjumpai hotel dengan tarif yang murah ataupun mahal. Demikian pula untuk urusan perut. Ada deretan nasi khas Bali yang bisa diperoleh dengan harga murah meriah. Dengan kondisi seperti itu, tak heran kalau Bali menjadi tempat liburan favorit wisatawan backpacker.

Kuliner nasi khas Bali yang bisa Anda peroleh memiliki banyak rupa. Jenis lauk yang bisa disantap juga sangat beragam. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kuliner khas Bali murah meriah yang bisa Anda cicipi:

1. Nasi tepeng
Nasi tepeng merupakan kuliner nasi khas Bali yang berasal dari Kabupaten Gianyar. Ketika menjumpai keberadaan nasi ini, Anda akan melihat tekstur nasinya yang beda dengan nasi lain. Nasi tepeng disajikan dengan nasi dengan tekstur yang begitu lembek, dan bahkan mirip bubur.

Nasi Khas Bali 2 » Pilihan Kuliner Nasi Khas Bali yang Murah Meriah

via Bali Kami

Nasi ini biasa menjadi pilihan makanan ketika pagi hari. Nasi tepeng khas Gianyar ini memiliki rasa yang begitu gurih dan berpadu dengan rasa pedas. Rasanya begitu mirip dengan nasi uduk. Apalagi, proses pembuatannya juga disertai dengan santan. Harga seporsi nasi tepeng begitu murah. Anda bisa menjumpai kuliner nasi khas Bali ini dipatok dengan harga berkisar Rp7 ribu sampai Rp10 ribu.

baca juga: Warung Tekor Denpasar, Sajikan Kuliner Legendaris Khas Bali Nasi Tekor

2. Nasi jinggo
Kuliner nasi khas Bali yang murah meriah selanjutnya adalah nasi jinggo. Nasi ini bisa didapatkan dengan cara yang begitu mudah. Bahkan, jauh lebih mudah kalau dibandingkan dengan nasi tepeng. Anda dapat menemukannya di pinggir-pinggir jalan dengan harga antara Rp4 ribu sampai Rp6 ribu. Harga yang begitu murah, membuat nasi ini begitu disukai oleh para sopir truk dan backpacker.

baca juga: Nasi Jinggo Bali, Kuliner Murah Meriah ala Nasi Kucing dari Pulau Dewata

Harga murah yang ada pada nasi jinggo tidak membuatnya menawarkan rasa yang tidak enak. Sebaliknya, nasi jinggo menjadi salah satu kuliner murah meriah yang begitu disukai tidak hanya karena harganya, tetapi juga karena rasanya. Hanya saja, Anda bakal tidak cukup menyantap satu bungkus nasi jinggo. Alasannya, nasi ini kerap dijual dengan porsi yang begitu kecil, tak ubahnya seperti nasi kucing.

3. Nasi sela
Pilihan kuliner nasi khas Bali yang selanjutnya adalah nasi sela. Berbeda dengan nasi tepeng dan nasi jinggo, nasi ini memiliki lauk yang begitu fleksibel. Apalagi, ciri khas dari nasi sela terletak pada nasinya. Pada nasi sela, Anda tidak hanya menjumpai nasi, tetapi juga nasi yang bercampur dengan ubi.

Nasi Khas Bali 1 » Pilihan Kuliner Nasi Khas Bali yang Murah Meriah

via Kooliner

Nasi sela merupakan salah satu bukti ketahanan serta kreativitas masyarakat Bali di zaman dulu. Penciptaan nasi sela, yang bisa dibuat menggunakan ubi ataupun ketela, berlandaskan pada kondisi pada zaman dulu ketika beras menjadi komoditas langka. Nasi ini juga memiliki rasa yang khas, dengan penambahan rasa manis dari ubi.

baca juga: Nasi Bali Men Weti, Kuliner Murah Meriah Tepi Pantai Sanur yang Legendaris di Bali

Hanya saja, harga dari nasi sela khas Buleleng ini lebih mahal dibandingkan dengan nasi tepeng dan nasi jinggo. Untuk menikmati seporsi nasi sela, Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp15 ribuan.

Itulah 3 pilihan kuliner nasi khas Bali murah meriah yang bisa menjadi pertimbangan makanan saat berlibur ke Bali. Selamat menikmati dan semoga perjalanan liburannya menyenangkan, ya!