Pilihan Rute Trekking di Ubud yang Bisa Jadi Petualangan Seru di Bali

Trekking di Ubud

via Fabio Achilli / Flickr

Kawasan Ubud di Gianyar sudah lama terkenal sebagai destinasi wisata khas pedesaan. Tempat ini kerap menjadi persinggahan bagi para wisatawan yang ingin memperoleh tempat bersantai yang tenang dan alami. Anda dapat pula menghabiskan waktu dengan beragam aktivitas, termasuk di antaranya adalah trekking di Ubud.

Aktivitas trekking di Ubud menjadi pilihan aktivitas yang tak kalah mengasyikkannya. Lewat aktivitas trekking, Anda dapat menikmati keindahan alam Ubud secara maksimal. Di waktu yang sama, aktivitas trekking ini juga bisa menjadi sarana petualangan tersendiri menjelajahi tempat-tempat indah di Ubud.

Trekking di Ubud 2 1024x679 » Pilihan Rute Trekking di Ubud yang Bisa Jadi Petualangan Seru di Bali

via Alex Hanoko / Flickr

Rute Trekking di Ubud yang Paling Populer

Kalau Anda memilih aktivitas treking selama berlibur di Ubud, ada beragam rute yang bisa dimanfaatkan. Dari sekian banyak rute, berikut ini 5 rute terpopuler yang dapat Anda telusuri:

1. Bukit Campuhan
Tjampuhan yang memiliki arti sebagai tempat bertemunya 2 sungai, menjadi opsi rute trekking di Ubud pertama yang bisa Anda kunjungi. Tempat ini memang sudah terkenal sebagai wisata dengan pemandangan indah. Di sini, Anda juga bisa menjumpai keberadaan jalur pejalan kaki yang membuat aktivitas trekking dapat dilakukan dengan sangat nyaman.

Trekking di Ubud 1 1024x768 » Pilihan Rute Trekking di Ubud yang Bisa Jadi Petualangan Seru di Bali

via Fabio Achilli / Flickr

Untuk menuju ke Bukit Campuhan, Anda tinggal menuju ke bagian ujung Jl. Raya Ubud di arah barat laut. Selanjutnya, Anda dapat menuju ke Warwick Ibah Hotel. Kalau Anda membawa kendaraan pribadi, bisa memilih untuk memarkirkannya di area hotel. Di sini, Anda akan menemukan jalur kecil yang diikuti dengan tangga menuju ke Bukit Campuhan.

baca juga: Wisata Gratis Menyaksikan Proses Pembuatan Cokelat di Sorga Chocolate Karangasem

2. Jalan Subak Sok Wayah
Pertimbangan selanjutnya adalah menyusuri area sawah yang ada di Jl. Subak Sok Wayah. Jalur trekking di Ubud yang satu ini dikenal sebagai area yang harus Anda lewati kalau menuju salah satu restoran vegetarian terbaik di Ubud, yakni Sari Organik. Pemandangan berupa hamparan sawah hijau yang asri dan alami, bakal menjadi hiburan tersendiri selama berjalan-jalan di sini.

3. Jalan Kajeng
Tak jauh dari sekitar Restoran Sari Organik, Anda juga dapat menemukan rute trekking di Ubud yang begitu memesona lainnya, yakni Jalan Kajeng. Untuk menemukan rute ini, Anda memang perlu sedikit perjuangan. Pastikan Anda belok ke arah kanan sebelum mencapai Starbucks. Dari situ, Anda akan menjumpai sebuah jembatan dengan jalur berukuran kecil dan menanjak. Jalur ini terlihat sebagai jalan buntu. Namun, pemandangan di baliknya bakal membuat Anda terpesona.

baca juga: Wisata Paragliding Bukit Riug, Aktivitas Menantang Menikmati Keindahan Pantai Pandawa dari Ketinggian

4. Ubud rice terrace walk
Anda dapat pula memilih untuk menikmati aktivitas trekking di Ubud dengan menjelajahi terasering sawah yang cantik. Untuk mengikuti aktivitas ini, caranya jauh lebih mudah. Apalagi, banyak penyedia layanan yang menawarkan tur trekking menjelajahi terasering sawah di Ubud. Biayanya juga murah meriah, hanya Rp10 ribu. Namun, Anda dapat pula memilih untuk menjangkau rute ini sendiri, cukup dengan menuju ke Jl. Andong. Dari sini, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah utara.

5. Desa Penglipuran

Trekking di Ubud 3 1024x768 » Pilihan Rute Trekking di Ubud yang Bisa Jadi Petualangan Seru di Bali

via Tom Fellmann / Flickr

Terakhir, Anda dapat menghabiskan waktu dengan trekking di Desa Penglipuran ubud. Desa yang satu ini kerap disebut sebagai salah satu desa terbersih yang ada di dunia. Desa ini juga terkenal sebagai salah satu desa wisata yang masih mempertahankan budaya warisan para leluhur. Oleh karena itu, Desa Penglipuran secara khusus begitu ramai ketika perayaan hari raya keagamaan seperti Kuningan ataupun Galungan.