Wisata Gratis Menyaksikan Proses Pembuatan Cokelat di Sorga Chocolate Karangasem

Sorga Chocolate Karangasem

Siapa sih yang tidak tertarik dengan aktivitas wisata gratis? Apalagi kalau kegiatan tersebut tidak hanya menawarkan kesenangan, tetapi juga pengetahuan baru. Di Bali, Anda bisa memperoleh pengalaman ini dan bahkan mendapatkannya dengan mengajak si kecil ketika berkunjung ke agrowisata Sorga Chocolate Karangasem.

Sorga Chocolate Karangasem 3 » Wisata Gratis Menyaksikan Proses Pembuatan Cokelat di Sorga Chocolate Karangasem

Sorga Chocolate Karangasem dikenal sebagai salah satu produsen cokelat lokal berkualitas yang ada di Bali. Di tempat ini, para pengunjung dapat memperoleh pengetahuan menarik mengenai proses pengolahan biji kakao sehingga bertransformasi menjadi cokelat yang enak dan menggugah selera.

Proses Pembuatan Cokelat yang Rumit dan Menarik di Sorga Chocolate Karangasem

Ketika mendengar kata cokelat, Anda mungkin menganggapnya sebagai jajanan enak yang bisa diperoleh kapan saja. Namun, siapa yang menyangka kalau proses pembuatan cokelat enak tersebut membutuhkan waktu yang begitu kompleks. Paling tidak, hal itulah yang akan bisa Anda saksikan ketika datang ke Sorga Chocolate Karangasem.

baca juga: Nasi Pecel Bu Tinuk Kuta, Pilihan Kuliner Pecel yang Paling Terkenal di Seantero Bali

Sorga Chocolate Karangasem 1 » Wisata Gratis Menyaksikan Proses Pembuatan Cokelat di Sorga Chocolate Karangasem

Cokelat yang diolah di pabrik produksi cokelat ini didatangkan dari wilayah Tabanan. Dalam setahun, Anda bisa menjumpai 2 kali waktu panen. Pada momen panen itulah para wisatawan punya kesempatan untuk berkunjung dan menyaksikan pengolahan biji kakao dengan gratis di Sorga Chocolate Karangasem.

Pada kesempatan ini, Anda bisa mengetahui bahwa biji kakao yang berkualitas bisa dilihat dari tampilan luarnya. Biji kakao tersebut akan memiliki lapisan berwarna putih yang dapat ditarik dengan mudah dari buah kakao. Setelah pengumpulan biji kakao, maka proses selanjutnya adalah fermentasi.

Sorga Chocolate Karangasem 2 » Wisata Gratis Menyaksikan Proses Pembuatan Cokelat di Sorga Chocolate Karangasem

Fermentasi biji kakao punya waktu yang cukup lama, mencapai 6 bulan. Proses fermentasi menentukan jenis rasa dari cokelat yang dihasilkan. Di Sorga Chocolate Karangasem, Anda dapat menjumpai belasan rasa yang dapat dipilih. Setelah fermentasi selesai, maka tahap berikutnya adalah pengeringan, sangrai, pembersihan, lalu proses pemasakan.

baca juga: Waterboom Bukit Jati Ubud, Sarana Rekreasi Keluarga Murah Meriah di Bali

Berburu Oleh-Oleh Cokelat Lokal Bali di Sorga Chocolate Karangasem

Pengalaman menyaksikan proses pengolahan biji kakao menjadi cokelat di Sorga Chocolate Karangasem memang bisa Anda lakukan dengan gratis. Hanya saja, Anda akan dikenai biaya kalau ingin mencicipi cokelat yang dihasilkan oleh pabrik ini. Tidak hanya mencicipi, Anda juga tentu saja dapat membelinya sebagai bahan untuk oleh-oleh khas Bali.

Sorga Chocolate Karangasem 4 » Wisata Gratis Menyaksikan Proses Pembuatan Cokelat di Sorga Chocolate Karangasem

Cokelat yang bisa Anda peroleh dari Sorga Chocolate di Karangasem merupakan olahan cokelat asli. Anda tidak akan menjumpai campuran berupa susu ataupun gula pada produk cokelat di sini. Mengenai varian rasanya, Anda bisa menemukan cokelat dengan rasa kopi bali, mangga, nanas, rambutan, dan bahkan cabai.

Kalau ingin mencicipi cokelat, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp25 ribu. Sementara itu, kalau ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh, tersedia cokelat ukuran 50 gram yang bisa Anda beli dengan harga berkisar antara Rp40 ribu sampai Rp70 ribu.

baca juga: World of Magic Denpasar, Wisata Asyik Berburu Foto Instagramable Unik di Bali

Lokasi Sorga Chocolate Karangasem

Untuk mencoba pengalaman menarik berkunjung ke pabrik cokelat ini, Anda dapat mendatanginya secara langsung di Jl. Pura Mastima, Jasri Kelod, Karangasem. Tempat ini bisa Anda datangi pada rentang waktu antara pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Untuk waktu terbaik, Anda dapat memilih datang pada momen panen yang berlangsung pada bulan Juni sampai Agustus dan Oktober hingga November.

Foto via Sorga Chocolate Karangasem