Sate Plecing Khas Bali, Kuliner Sate yang Enak untuk Pencinta Makanan Pedas

sate plecing khas Bali

via Sharon Travelogue

Mencicipi sate lilit di Bali menjadi aktivitas wisata kuliner yang begitu banyak dilakukan wisatawan. Namun, sate lilit bukanlah satu-satunya jenis sate enak di Bali. Ada pula sate lain yang wajib Anda coba selama liburan ke Pulau Dewata, namanya adalah sate plecing khas Bali.

baca juga: Sate Languan Bali, Kuliner Tradisional Khas Pulau Dewata yang Enak dan Halal

Makanan khas Bali yang satu ini merupakan jenis sate dengan cita rasa yang pedas. Oleh karena itu, kalau Anda bukan tipe orang yang tahan dengan makanan pedas, sebaiknya memilih menu lain. Apalagi, sate plecing khas Bali merupakan jenis sate yang dibuat dengan bumbu alias sambal plecing. Jadi, tak heran kalau sate ini memiliki rasa pedas.

Sate Plecing Khas Bali 2 » Sate Plecing Khas Bali, Kuliner Sate yang Enak untuk Pencinta Makanan Pedas

via Sharon Travelogue

Beragam Jenis Sate Plecing Khas Bali

Cara pembuatan sate plecing jauh berbeda dibandingkan dengan sate lilit. Anda tidak akan menjumpai daging yang dililitkan pada tusuk sate. Sebaliknya, sate ini memiliki bentuk tak ubahnya seperti sate pada umumnya. Potongan daging ditusukkan pada tusuk sate yang telah disiapkan.

Pembuatan sate plecing khas Bali juga bisa dilakukan dengan beragam jenis daging. Anda dapat menemukan sate plecing yang dibuat dengan bahan utama daging babi. Selain itu, ada pula kuliner sate plecing yang dibuat dengan menggunakan daging ayam, daging sapi, serta daging kambing.

Hal utama yang membedakan sate plecing dengan jenis sate yang lainnya adalah bumbu plecing yang digunakan. Bumbu atau sambal plecing yang dipakai pada kuliner khas Bali ini bukanlah bumbu atau sambal kacang. Oleh karena itu, Anda akan mendapati rasa sate plecing yang jauh beda dengan sate di Pulau Jawa.

Sate Plecing Khas Bali 1 1024x768 » Sate Plecing Khas Bali, Kuliner Sate yang Enak untuk Pencinta Makanan Pedas

via Twin Rabbits Blog

Bumbu plecing yang ada pada sate plecing dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan, seperti kemiri, terasi, tomat, serta bawang putih. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut dihaluskan dengan cara diulek. Rasa dari sambal ini tidak hanya pedas, tetapi juga disertai dengan wangi yang begitu sedap di hidung.

Rekomendasi Warung Sate Plecing Khas Bali yang Enak

Menjumpai warung yang menyediakan sate plecing khas Bali memang begitu mudah. Hanya saja, tidak semua tempat makan tersebut mampu menyediakan kuliner tradisional Pulau Dewata ini dengan rasa yang begitu menggugah selera. Setidaknya, ada 2 tempat yang begitu terkenal sebagai lokasi menikmati kuliner sate plecing yang lezat. Dua tempat tersebut adalah Sate Plecing Arjuna dan Sate Plecing Mak Luk Luk.

baca juga: Gourmet Sate House Kuta, Pilihan Tempat Makan untuk Pencinta Kuliner Sate Nusantara

Sate Plecing Khas Bali 3 » Sate Plecing Khas Bali, Kuliner Sate yang Enak untuk Pencinta Makanan Pedas

via Sharon Travelogue

Sate Plecing Arjuna menyediakan sajian sate plecing dalam beragam jenis, baik sate babi ataupun sate sapi. Mereka juga menawarkan menu lainnya, seperti bakso babi. Harga sate plecing di sini tidak terlalu mahal, sekitar Rp24 ribu per 10 tusuk. Lokasi kedai Sate Plecing Arjuna bisa Anda temukan di Jl. Arjuna Nomor 47, Denpasar Utara. Anda bisa menemukan kedai ini buka mulai dari pukul 9 pagi sampai setengah 5 sore.

Sementara itu, Sate Plecing Mak Luk Luk menawarkan menu sate plecing dengan harga yang leb ih murah. Anda dapat menikmati 10 tusuk sate plecing cukup dengan harga Rp13 ribu. Jam buka Warung Sate Plecing Mak Luk Luk juga panjang, mulai dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, beralamat di Jl. Raya Puputan Nomor 210.

Anda bebas memilih satu dari 2 warung sate plecing khas Bali tersebut. Selamat menikmati, ya!