Candi Tebing Jukut Paku Ubud, Pura Unik di Tepi Sungai Wos yang Jadi Lokasi Foto Prewedding Favorit

Candi Tebing Jukut Paku Ubud

Menjadikan candi atau pura bersejarah sebagai tempat untuk berfoto prewedding memang mampu menghadirkan kesan tersendiri. Candi Tebing Jukut Paku Ubud menjadi satu dari sekian banyak pura bersejarah yang kini dikenal sebagai lokasi foto prewedding favorit. Selain memiliki desain arsitektur unik, candi ini juga berada di lokasi yang indah, tepat di tepi Sungai Wos.

Kombinasi bangunan bersejarah yang unik, menempel pada sebuah tebing, membuat Candi Tebing Jukut Paku memang memberikan kesan yang begitu unik. Apalagi, nilai sejarah dari pura ini juga begitu mendalam. Konon, Candi Tebing ini merupakan tempat yang dipakai oleh Maharesi Markandhya sebagai tempat untuk bermeditasi. Selain itu, candi ini juga disebut sebagai stana Siwa Guru serta lokasi pemujaan Ista Dewata.

Candi Tebing Jukut Paku Ubud 1 1024x682 » Candi Tebing Jukut Paku Ubud, Pura Unik di Tepi Sungai Wos yang Jadi Lokasi Foto Prewedding Favorit

Candi Tebing Jukut Paku Ubud Telah Ada Sejak Abad ke-8 Masehi

Eksistensi dari Candi Tebing Jukut Paku sudah ada sejak lama. Bahkan, keberadaan dari pura ini bisa diketahui sejak abad ke 8 Masehi. Sosok yang mendirikan bangunan candi bersejarah ini tak lain adalah Maharesi Markandhya. Beliau dikenal sebagai penganut ajaran Siwa yang tengah berkunjung ke Bali.

baca juga: Umadhatu Waterpark Tabanan, Pilihan Wisata Keluarga Murah Meriah di Bali

Candi Tebing Jukut Paku Ubud 3 » Candi Tebing Jukut Paku Ubud, Pura Unik di Tepi Sungai Wos yang Jadi Lokasi Foto Prewedding Favorit

Desain arsitektur dari Candi Tebing juga membuatnya mampu bertahan meski telah berusia sangat tua. Pura ini sengaja dibuat dengan cara dipahat pada permukaan tebing. Di dalamnya, Anda pun bisa menjumpai beberapa ruangan yang dimanfaatkan untuk aktivitas bermeditasi. Selain itu, ada pula area yang menjadi tempat untuk persembahyangan.

baca juga: Mengetahui Fungsi dan Makna Filosofi Sesajen Canang Sari di Bali

Melihat pada desain arsitekturnya, keberadaan Candi Tebing ini memiliki ikatan yang begitu erat dengan Pura Gunung Kawi. Kedua pura ini sama-sama dibangun dengan memanfaatkan tebing yang ada di lokasinya. Selain itu, pendirian kedua pura ini juga menariknya, sama-sama ditempatkan tak jauh dari aliran sungai.

Candi Tebing Jukut Paku Ubud Sebagai Lokasi Foto Prewedding Favorit

Kesan sejarah yang begitu kuat pada tempat ini, membuat Candi Tebing menawarkan venue yang menarik untuk sesi foto prewedding. Di tempat ini, pasangan dapat memanfaatkan bangunan candi sebagai latar belakang foto. Apalagi, permukaan dinding candi yang tertutupi oleh lumut hijau, semakin membuatnya terlihat eksotis.

Pemandangan yang ada di sekitarnya juga membuat Anda bisa memperoleh hasil foto yang cantik. Pemandangan Sungai Wos yang cantik, bisa Anda pilih sebagai latar belakang foto. Hanya saja, untuk memilih tempat ini sebagai lokasi foto prewedding, Anda terlebih dulu harus mengajukan izin. Apalagi, Candi Tebing kini berstatus sebagai cagar budaya yang harus dilestarikan.

Lokasi Candi Tebing Jukut Paku Ubud

Lokasi dari Candi Tebing bisa Anda temukan di Desa Singakerta yang terletak di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Anda dapat menjumpai tempat wisata ini berada tak jauh dari beberapa destinasi wisata bersejarah yang populer. Tak jauh dari lokasi Candi Tebing, Anda dapat menemukan keberadaan Pura Gunung Kawi, Goa Gajah, serta Arjuna Metapa.

baca juga: Desa Bongkasa Pertiwi Abiansemal, Desa Wisata yang Tawarkan Beragam Aktivitas Seru di Bali

Selama berkunjung ke tempat ini, Anda perlu menjaga sikap dan tidak melakukan tindakan yang merugikan. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan selama di sini. Jangan sampai, generasi mendatang tidak bisa turut menikmati keindahan alam yang ada di destinasi wisata bersejarah ini.