Jaja Kaliadrem Bali, Jajanan Tradisional Sepanjang Masa Pelengkap Sesaji Galungan

Jaja Kaliadrem Bali

via Bali Kami

Selama liburan ke Bali, wisatawan bisa menjumpai begitu banyak kuliner tradisional khas Bali. Anda dapat memilih kuliner dengan harga mahal ataupun jajanan yang murah meriah. Jaja kaliadrem Bali menjadi satu jenis jajanan pinggir jalan dengan harga murah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di Bali.

Jaja Kaliadrem Bali 3 1024x1024 » Jaja Kaliadrem Bali, Jajanan Tradisional Sepanjang Masa   Pelengkap Sesaji Galungan

via Courtyard Nusa Dua

Jajanan tradisional murah meriah ini bisa jadi sajian enak untuk sore hari sembari ditemani dengan teh hangat. Jajanan ini bisa Anda temukan dalam bentuk segitiga ataupun bulat dengan lubang pada bagian tengah. Ketika menikmati sajian tradisional ini, Anda akan menemukan tekstur yang agak liat dan terasa gurih manis.

Jaja Kaliadrem Bali Jajanan Tradisional Sepanjang Masa

Jajanan tradisional ini memiliki bentuk yang begitu unik. Anda akan menemukan tampilan jaja kaliadrem begitu mirip dengan donat, apalagi ketika menemukannya dalam bentuk lingkaran. Hanya saja, di permukaannya terdapat taburan wijen yang memunculkan rasa gurih.

Jaja Kaliadrem Bali 1 » Jaja Kaliadrem Bali, Jajanan Tradisional Sepanjang Masa   Pelengkap Sesaji Galungan

via Antara

Jaja kaliadrem sendiri merupakan jenis makanan ringan yang bisa didapatkan dengan mudah di Bali. Anda dapat memilih untuk berkunjung ke pasar tradisional untuk mencicipi jaja kaliadrem Bali secara langsung. Selain itu, jaja kaliadrem juga menjadi jenis jajanan yang kerap digunakan untuk melengkapi sesaji saat Hari Raya Galungan.

Cara Pembuatan Jaja Kaliadrem Bali yang Begitu Kompleks

Ketika melihat tampilan jajanan tradisional ini, jaja kaliadrem merupakan makanan kecil sederhana yang bisa dibeli dengan harga murah. Namun, siapa sangka kalau proses pembuatannya ternyata tidak sesederhana penampilannya. Kalau ingin membuatnya sendiri, Anda bakal melalui proses pembuatan yang cukup kompleks.

baca juga: Laklak Men Gabrug Denpasar, Sajikan Jajanan Tradisional Khas Bali Fresh From The Oven

Jaja Kaliadrem Bali 2 » Jaja Kaliadrem Bali, Jajanan Tradisional Sepanjang Masa   Pelengkap Sesaji Galungan

via Bali Kami

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jaja kaliadrem khas Bali tidak terlalu banyak. Bahan utama yang Anda butuhkan adalah, tepung beras, gula pasir, gula merah, kelapa parut, serta garam untuk menambahkan rasa gurih. Setelah semua adonan tersebut dicampur, Anda bisa membentuknya sesuai keinginan, menaburinya dengan wijen, lalu digoreng.

baca juga: Jaja Cerorot Khas Bali, Kuliner Tradisional yang Wajib Hadir saat Perayaan Nyepi

Tahapan pembuatannya memang terlihat begitu sederhana. Namun, ada tahapan yang harus membuat Anda bersabar sebelum memutuskan untuk membuatnya. Ketika Anda ingin membentuk adonan jaja kaliadrem Bali dalam bentuk segitiga atau bulat, Anda harus mendiamkannya terlebih dahulu. Tak tanggung-tanggung, adonan harus didiamkan dalam waktu antara 5 sampai 8 jam.

Durasi pendiaman adonan yang sangat lama itu bertujuan untuk membuat adonan kue menjadi lebih mengembang. Ketika sudah mengembang, kue tradisional ini bisa terasa empuk saat digigit. Tak hanya itu, Anda juga harus mencetak adonan menggunakan cetakan yang disebut dengan nama kojong. Cetakan ini terbuat dari daun pisang.

Setelah melalui tahapan yang begitu lama dan kompleks tersebut, Anda bisa menggorengnya. Ketika digoreng, adonan akan mengalami proses karamelisasi yang berasal dari campuran antara gula pasir dengan gula merah. Karamelisasi pada adonan pun membuat kue tradisional Bali ini punya rasa yang unik.

baca juga: Laklak Pisang Khas Tabanan, Jajanan Tradisional Mirip Crepes yang Enak

Ukurannya yang tak terlalu besar, membuat jajanan tradisional ini bisa habis cukup dengan sekali gigit. Anda dapat memilih untuk menikmatinya bersama dengan segelas teh hangat ataupun kopi. Selain itu, menjadikan jajanan ini sebagai makanan di tengah perjalanan juga bisa menjadi pilihan menarik.