Nasi Tepeng Khas Gianyar, Kuliner Pagi Hari yang Murah Meriah di Bali

Nasi Tepeng Khas Gianyar

via Mas Bro

Ingin sarapan yang khas Bali? Coba saja mencicipi nasi tepeng khas Gianyar. Kuliner yang satu ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat Bali yang tinggal di Kabupaten Gianyar. Untuk mendapatkan kuliner tradisional Bali yang satu ini pun tidak cukup sulit. Hingga saat ini, Anda masih bisa menjumpai penjanja nasi tepeng banyak bertebaran, khususnya di Gianyar.

Secara khusus, nasi tepeng khas Gianyar ini menjadi pilihan masyarakat Gianyar ketika pagi hari. Apalagi, nasi ini memiliki tekstur seperti bubur. Nasi khas Gianyar ini punya tekstur yang cukup lembek. Namun, hal yang cukup unik dijumpai dari kuliner tradisional ini adalah, rasanya yang terbilang cukup pedas. Tidak hanya itu, nasi ini juga di dalamnya terdapat berbagai bumbu rempah-rempah khas Bali yang membuatnya punya cita rasa berbeda.

Nasi Tepeng Khas Gianyar 1 » Nasi Tepeng Khas Gianyar, Kuliner Pagi Hari yang Murah Meriah di Bali

via Bali Kami

Rasa Gurih Nasi Tepeng Khas Gianyar

Dalam proses pembuatannya, nasi tepeng khas Gianyar ini menggunakan beragam jenis bahan. Anda bisa mendapati bahan berupa nangka muda, ayam goreng, kacang panjang, kacang merah, terong, kelor, ataupun telur pada menu yang satu ini. Biasanya, makanan ini pun disajikan dengan daun pisang yang membuatnya terlihat begitu sederhana.

Nasi Tepeng Khas Gianyar 2 » Nasi Tepeng Khas Gianyar, Kuliner Pagi Hari yang Murah Meriah di Bali

via Mas Bro

Nasi ini memiliki kemiripan dengan nasi uduk yang sudah bisa dijumpai dengan mudah dan juga sama-sama menu sarapan. Kesamaan itu, karena keduanya memiliki cita rasa yang gurih. Rasa gurih ini didapatkan karena nasi tepeng juga menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Beras direbus bersama santan yang kemudian dicampur dengan bumbu seperti kunyit, daun salam, serta garam.

baca juga: RM Ayam Taliwang Bersaudara, Kesempatan Mencicipi Kuliner Khas Lombok yang Halal di Bali

Nasi yang punya tekstur lembek kemudian ditaburi dengan beragam jenis sayuran yang telah disebutkan. Selanjutnya, pada bagian atas akan disiram dengan racikan bumbu khas Bali. Tak lupa, ada pula parutan kelapa yang selalu menyertai cara penyajian nasi tepeng khas Gianyar. Untuk lauk, biasanya daging ayam disajikan dalam bentuk suwiran. Selain itu, ada pula opsi potongan telur.

Nasi Tepeng Khas Gianyar 3 » Nasi Tepeng Khas Gianyar, Kuliner Pagi Hari yang Murah Meriah di Bali

via Just Gola

Selain bisa dimakan secara langsung di tempat, menu tradisional ini juga dapat dibawa pulang. Caranya pengemasannya tak jauh berbeda ketika dimakan di tempat. Bungkus yang digunakan tetap merupakan bungkus dari daun pisang.

baca juga: Ayam Betutu Pak Man, Pilihan Kuliner Khas Bali yang Dijamin Kehalalannya

Harga Nasi Tepeng Khas Gianyar

Menu tradisional ini bisa didapatkan dengan cukup mudah. Anda bisa memilih berkunjung ke Pasar Senggol Gianyar pada pagi hari. Harganya tidak terlalu mahal. Cukup dengan uang sebesar Rp10 ribu, Anda sudah memperoleh menu nasi tepeng khas Gianyar dengan porsi yang cukup mengenyangkan. Selain itu, bisa pula mendapatkan nasi ini di beberapa pasar tradisional lainnya yang ada di Gianyar.

Anda juga tidak hanya bisa mendapatkan menu tradisional ini pada pagi hari. Meski dikenal sebagai makanan untuk sarapan, tak jarang pula masyarakat Bali memilih nasi tepeng untuk santap siang ataupun malam. Oleh karena itu, tidak heran kalau ada pula pedagang nasi tepeng khas Gianyar yang masih menjanjakan menu khas ini hingga malam hari, sekitar pukul 10.

Hanya saja, perlu memperhatikan masalah kehalalan ketika seorang traveler muslim yang ingin mencicipi makanan ini. Apalagi, biasanya penjual nasi tepeng juga menyediakan menu yang berbahan daging babi. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengharapkan para pedagang di pasar tradisional itu melengkapi produk dagangannya dengan sertifikat halal dari MUI.