Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud, Pura Suci Tua Bersejarah di Tengah Rimbunnya Monkey Forest

Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud

via popularresort

Mayoritas penduduk di Pulau Bali merupakan pemeluk agama Hindu. Jadi, tidak aneh lagi jika banyak bangunan pura yang beridiri kokoh di setiap kawasan yang ada di Bali. Bahkan pura-pura ini juga dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang bukan pemeluk agama Hindu untuk sekedar ingin tahu saja. Salah satu pura yang biasa dikunjungi oleh wisatawan adalah Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud.

Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud terletak di kawasan Mandala Wisata Wenara Wana atau para wisatawan biasanya lebih mengenal dengan nama Monkey Forest Ubud. Jadi, di Mandala Wisata Wenara Wana ini terdapat tiga pura, dan salah satunya adalah Pura Dalem Agung ini. Jika anda berwisata di Monkey Forest Ubud dan anda mencoba untuk terus ke bagian tengah, anda akan melihat keagungan dari Pura Dalem Agung ini.

Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud 1 1024x683 » Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud, Pura Suci Tua Bersejarah di Tengah Rimbunnya Monkey Forest

via Rowan Castle

Asal Mula Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud

Pada mulanya pura ini hanya bernama Pura Dalem Agung saja, namun karena banyak pura yang memiliki nama Dalem Agung juga, maka untuk memudahkan mengingat lokasinya masyarakat lokal menambah kata Padangtegal. Dengan ini berarti wilayah pura berada di desa Padangtegal Ubud.

baca juga: Monkey Forest Ubud, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Bali

Pura Dalem Agung Padangtegal ini berada di bagian barat daya dari kawasan Monkey Forest Ubud. Pura Dalem Agung Padangtegal sendiri merupakan tempat untuk menyembah Sang Dewa Hyang Widhi sebagai perwujudan dari Dewa Siwa. Pura Dalem Agung disebut juga sebagi pura utama yang paling penting dari pura lainnya yang ada di dalam kawasan ini.

Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud 2 1024x648 » Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud, Pura Suci Tua Bersejarah di Tengah Rimbunnya Monkey Forest

via popularresort

Sejarah Singkat Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud

Pura Dalem Agung Padangtegal diperkirakan dibangun sekitar abda ke-14 pertegahan, dimana saat itu wilayah Ubud dikuasai oleh Dinasti Pejeng. Ini berdasarkan dari sejarah yang dianalisa melalui buku suci bersejarah, Pura Parana.

baca juga: Objek Wisata Alas Kedaton, Wisata Pura Suci ala Monkey Forest di Tabanan

Pada bangunan Pura Dalem Agung memiliki arsitektur ornamen kuno dan khas. Bangunan pura ini terlihat kokoh dan suci. Karena berada di kawasan hutan, membuat pemandangan di sekeliling pura terasa asri. Terdapat salah satu patung dari banyaknya patung yang ada di pura ini, yang dijuluki dengan Anak Vampir. Disana juga ada sebuah bale tempat untuk upacara kremasi dasar.

Pastinya dengan kehadiran pura-pura yang ada di Monkey Forest Ubud, membuat tempat ini menjadi tempat yang sakral pula. Terlebih lagi terdapat Pura Dalem Agung Padangtegal yang merupakan tempat suci untuk menyembah Dewa Siwa.

Lokasi Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud

Bagi anda yang tertarik juga melihat kemegahan dari Pura Dalem Agung Padangtegal ini, anda dapat langsung saja menuju lokasinya di Jalan Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Karena berada di kawasan Monkey Forest Ubud, jam bukanya dan harga tiket masuk pun mungkin mengikuti Monkey Forest Ubud. Buka pada sekitar pukul 08.30-17.30.

Jika anda sedang berkunjung di sebuah tempat ibadah yang sakral maka perlu untuk anda menjaga sikap dan sopan santun juga. Jangan merusak sesuatu yang ada disana dan berusaha untuk tetap menjaga kebersihan agar keadaan disekitar tetap terasa bersih dan asri.

Mengunjungi Pura Dalem Agung Padangtegal ini juga pas jika anda mengajak serta anggota keluarga anda. Anda dapat berfoto-foto mengabadikan setiap momen dan keindahan dari bangunan Pura Dalem Agung Padangtegal