Pura Luhur Besi Kalung, Pura Suci dengan Pemandangan Mengagumkan di Gunung Batukaru

Pura Luhur Besi Kalung

via ngadem

Pura Luhur Besi Kalung menjadi satu dari sekian banyak pura yang ada di Pulau Dewata Bali. Pura ini pun memiliki keunikan tersendiri di bandingkan pura lain di Bali. Terutama, karena tidak hanya memiliki desain arsitektur unik, tapi juga menyuguhkan pemandangan alam yang memukau. Alasannnya, karena pura ini terletak di daerah pegunungan di lereng gunung bagian selatan Gunung Batukaru yaitu Pura Besikalung.

Ketika Anda mengunjungi Pura Luhur Besi Kalung, Anda wajib mematuhi peraturan yang ada. Sebagaimana ketika berkunjung ke tempat ibadah Anda diajibkan berpakaian sopan, tidak boleh berkata kasar dan wajib menjaga kebersihan tempat ibadah. Dan lokasinya yang berada di pegunngan membuat Anda wajib menaiki ratusan anak tangga, sehingga sebelum berkunjung siapkan tenaga ekstra Anda.

ura Luhur Besi Kalung 2 » Pura Luhur Besi Kalung, Pura Suci dengan Pemandangan Mengagumkan di Gunung Batukaru

via balidestination.asia

baca juga: Pura Luhur Uluwatu, Pura Cantik dengan Pemandangan Laut yang Indah

Lokasi Pura Luhur Besi Kalung

Pura Luhur Besi Kalung ini secara geografis letaknya berada di kawasan Jatiluwuh, namun pengempon pura ini berada di wilayah Desa Adat Ulu, Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Apabila dari Denpasar maka anda perlu menempuh jarak sekitar 50 km ke sisi selatan Gunung Batukaru.

Sejarah Pura Luhur Besi Kalung

Terdapat beberapa sumber sejarah mengenai asal-usul dari Pura Besikalung, yang pertama adalah Prasasti Babahan I. Prasasti yang bertahun caka 893 (917 M) ini tersimpan di Pura Puseh Jembelangu Desa Adat Belongan. Dalam prasasti Babahan I tercantum kalimat yang berbunyi “… Cala Silunglung Kaklungan Pangulumbigyan …”.

baca juga: Pura Ulun Danu Bratan, Perpaduan Wisata Religi dengan Pemandangan Indah Mengagumkan

Kata-kata ini memiliki arti sebagai berikut, Bale Suci (Cala Silunglung), kaklungan dan upacara adata (Pangulumbigyan). Dari kalimat tersebut kemungkinan nama Besikalung berasal dari kata Cala Silunglung yang penyebutannya berubah menjadi Sikalung, dan kemudian mengalami perubahan lagi menjadi Besikalung.

ura Luhur Besi Kalung 1 » Pura Luhur Besi Kalung, Pura Suci dengan Pemandangan Mengagumkan di Gunung Batukaru

via ngadem

Masih ada sumber sejarah lainnya mengenai tempat wisata populer di Tabanan ini, yaitu berasal dari adanya peninggalan Lingga yang terdapat pada palinggih pokok (agung). Apabila lingga tersebut dipukul maka akan mengeluarkan bunyi nyaring seperti besi.

Lingga ini juga memiliki bentuk bulat panjang, dibagian atasnya juga dihiasi dengan lingkaran mirip kalung yang melingkarinya. Dari lingga yang menyerupai kalung tersebut pura ini diesbut Pura Luhur Besikalung. Terdapat kata luhur juga pada pura ini, karena letaknya yang berada di atas perbukitan.

baca juga: Pura Goa Gajah Ubud, Pura Tertua dengan Desain Arsitektur yang Mengagumkan

Keindahan Pura Luhur Besi Kalung

Di sekeliling Pura Luhur Besi Kalung ini terdapat hamparan sawah yang hijau. Terdapat juga beberapa hutan yang lebat dengan bebrapa pohon yang tumbuh, seperti pohon cempaka, pohon kayu kresek, pohon kayu rasa mala, pohon cemara, pohon nangka,dan pohon-pohon lainnya. Karena letaknya yang berada di atas bukit dan dikelilingi oleh area yang hijau, membuat suasana yang ada di Pura Luhur Besikalung ini menjadi sejuk dan segar.

Maka dari itu, selain menjadi tujuan untuk persembahyangan pura ini juga dijadikan tempat wisata. Bagi anda atau siapapun wisatawan yang datang dapat menikmati keindahan bangunan pura dan juga menikmati pemandangan dari alam sekitar, menenangkan pikiran dengan menghirup udara segar. Jika Anda berkunjung di hari yang disakralkan Anda berkesempatan melihat upacara adat di Pura Besi Kalung. Tidak kalah asyiknya lho dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Bali.