Wisata Pura Instagenic di Bali yang Menawarkan Desain Arsitektur Cantik

Wisata pura instagenic di Bali

via Rental Mobil Bali

Pura yang ada di Bali memang memiliki fungsi utama sebagai tempat beribadah umat Hindu. Namun, keberadaannya juga menawarkan destinasi wisata yang unik bagi para wisatawan. Apalagi, pura-pura yang ada di Bali memiliki desain arsitektur unik dan punya nilai sejarah tinggi. Lewat desainnya yang unik tersebut, wisata pura instagenic di Bali menjadi pilihan begitu banyak wisatawan.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke wisata pura instagenic di Bali, ada 4 pura utama yang bisa dituju, yakni:

1. Pura Besakih
Status sebagai pura terbesar sekaligus paling penting di Bali menjadikan Pura Besakih sebagai destinasi wisata populer. Tak hanya itu, Pura Besakih juga merupakan salah satu wisata pura instagenic di Bali. Anda bisa mengambil foto yang cantik dengan berlatar belakang tangga pura dengan disertai pintu gerbang yang megah.

Wisata Pura Instagenic di Bali 1 1024x674 » Wisata Pura Instagenic di Bali yang Menawarkan Desain Arsitektur Cantik

via Bali Gateaway

Pura Besakih sendiri merupakan sebuah pura yang sudah berusia sangat tua. Keberadaannya telah ada sejak tahun 1284. Pura ini sebenarnya juga merupakan kompleks pura yang terbagi menjadi 3 bagian, yakni Pura Payungsungan Jagat, Pura Kawitan, serta Pura Dadya. Di ketiga bagian tersebut, masing-masing terdiri atas 20 pura, 17 pura, serta 9 pura.

2. Pura Ulun Danu
Pura Ulun Danu yang terletak di tepi Danau Beratan juga menjadi jenis wisata pura instagenic di Bali yang menawarkan foto memukau. Lewat kunjungan ke pura ini, Anda punya kesempatan untuk memperoleh foto seperti yang ada pada uang pecahan Rp50 ribu. Pura ini juga sudah berusia sangat tua, berdiri sejak tahun 1633.

baca juga: Pura Ulun Danu Bratan, Perpaduan Wisata Religi dengan Pemandangan Indah Mengagumkan

Wisata Pura Instagenic di Bali 2 » Wisata Pura Instagenic di Bali yang Menawarkan Desain Arsitektur Cantik

via Rental Mobil Bali

Pura Ulun Danu sendiri merupakan pura yang secara khusus ditujukan untuk Dewi Danu yang dikenal sebagai dewi air dan sungai. Keberadaannya juga tidak bisa lepas dari peran Danau Bratan yang memiliki fungsi sebagai sumber irigasi untuk sawah masyarakat di sekitar.

3. Pura Taman Ayun
Beralih ke Mengwi, Anda bisa menyaksikan keindahan Pura Taman Ayun. Pura ini merupakan Pura Paibon atau Ibu yang ditujukan untuk keluarga Kerajaan Mengwi. Anda bisa menuju ke Pura Taman Ayun dengan menempuh perjalanan sekitar 18 km dari Kuta.

baca juga: Pura Taman Ayun Bali, Pura Bersejarah dengan Pemandangan yang Memukau

Wisata Pura Instagenic di Bali 3 1024x683 » Wisata Pura Instagenic di Bali yang Menawarkan Desain Arsitektur Cantik

via Bali Gateaway

Pura ini memiliki keunikan berupa keberadaan 10 bangunan meru. Meru pada yang ada di pura ini memiliki ketinggian mencapai tumpang sebelas. Tak hanya itu, pura ini juga disertai dengan pahatan yang telah ada sejak zaman kerajaan.

baca juga: Pura Luhur Uluwatu, Pura Cantik dengan Pemandangan Laut yang Indah

4. Pura Gunung Kawi
Wisata pura instagenic di Bali selanjutnya adalah dengan berkunjung ke Pura Gunung Kawi. Pura ini merupakan bangunan yang penemuannya terjadi pada tahun 1920 oleh peneliti dari Belanda. Menurut hasil penelitian, bangunan Pura Gunung Kawi telah ada sejak abad ke 11 Masehi.

Wisata Pura Instagenic di Bali 4 1024x710 » Wisata Pura Instagenic di Bali yang Menawarkan Desain Arsitektur Cantik

via Bali Gateaway

Pura ini memiliki desain bangunan yang unik. Pemandangan utama yang begitu mendominasi suasana di Pura Gunung Kawi adalah dinding pahatan yang ada pada batu cadas berusia ratusan tahun. Ukiran tersebut terlihat begitu eksotis dengan hiasan tumbuhan lumut hijau di permukaannya.

Nah, itulah 4 destinasi wisata pura instagenic yang bisa Anda kunjungi selama di Bali. Saat berkunjung ke pura-pura tersebut, pastikan untuk menjaga kesopanan ya. Selain itu, setiap pengunjung juga diwajibkan untuk mengenakan sarung selama berada di dalam pura.